Mengenal bulan Ramadhan

3 Jun 2015 10:33 3605 Hits 0 Comments
Bulan Ramadhan sudah tak asing lagi buat kita, pasti kita sudah tahu seputar bulan Ramadhan.
Alangkah lebih baiknya, kita mengenal kembali mengenai bulan Ramadhan itu.
Semoga bacaan ini, bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca yang budiman.

Bagi umat muslim, bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu. Bulan Ramadhan tidak lepas kaitannya dengan puasa. Karena pada bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Ini sebagai ajang perjuangan kita sebelum mendapati hari kemenangan umat muslim, yaitu Hari Raya Idul Fitri.

Berikut ini, beberapa pendapat mengenai pengertian bulan Ramadhan :

  1. Ramadhan adalah bulan penuh kemuliaan dan keutamaan. Sebab di dalamnya segenap amalan kita dilipatgandakan pahalanya disisi Allah. Sehingga menjadikan ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah, patut diupayakan oleh setiap muslim yang beriman. Sehingga kemuliaan bulan ramadhan bisa kita capai dengan sempurna.
  2. Ramadan adalah bulan  kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama islam). Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, shalat tarawih, peringatan turunnya Al-Qur'an, mencari malam Lailatul Qadr, memperbanyak membaca Alquran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan idul fitri.
  3. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT. Bulan dimana pintu surga dibuka lebar-lebar dan segala amal perbuatan kita akan dilipatgandakan pahalanya.
  4. Bulan Ramadhan adalah bulan puasa yang mewajibkan umat Islam berpuasa selama 30 hari sementara menanti Bulan Syawal. Orang-orang yang beriman dan bertaqwa sentiasa menanti kedatangan bulan tersebut. Ramadhan juga di sebut bulan Al-Mubarak iaitu bulan yang penuh berkat kerana dibulan ini Allah telah menjanjikan kebajikan, rahmat dan keampunan kepada hambanya yang beramal soleh.

 

Baca juga :

               Buat kamu Yang ingin Berhijab pada Ramadhan Kali Ini, Baca Nasehat Ini buat Mempersiapkan Hatimu

               Ini 5 Ciri Anda Terlalu Banyak Konsumsi Gula Saat Puasa

 

Berdasarkan beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa, bulan Ramadhan merupakan bulan ke Sembilan dalam penanggalan Hijriyah, yang mewajibkan umat Islam untuk berpuasa selama 30 hari (kecuali bagi yang mempunyai halangan tidak diwajibkan). Umat muslim diwajibkan berpuasa, karena bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, bulan kemuliaan, bulan keampunan, dan pahala ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan dilipatgandakan (itu janji Allah).

Sebagai ilustrasi, jika dalam sebuah kota, terdapat banyak wilayah, maka bulan Ramadhan merupakan wilayah pusat kota. Ketika orang-orang ingin memasuki pusat kota, maka semuanya akan merasa bahagia karena didalamnya terdapat banyak sesuatu yang dicari-cari. Walaupun dikota terasa sesak, itu tidak menjadi halangan buat seseorang untuk memasukinya, bahkan mereka akan berlomba-lomba untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Begitu pula dengan bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan, umat muslim akan berlomba-lomba melakukan kebaikan untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Walaupun pada bulan Ramadhan banyak rintangan seperti puasa dan harus menahan sabar, itu tidak menjadi halangan untuk tetap melakukan kebaikan dan mendapatkan pahala.

Itulah gambaran singkat mengenai bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan umat muslim jumpai. Marilah berlomba-lomba untuk mencari ridho Allah swt. dengan mendapatkan pahala yang berlipatganda yang telah dijanjikan oleh Allah swt.

Tags

About The Author

Arwin Darwis 30
Ordinary

Arwin Darwis

Setidaknya, ada keinginan untuk BERKARYA. .

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel