Begini Cara Menjalankan Aplikasi Android di Browser Chrome!

21 Jul 2015 14:00 7822 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara baru menjalankan aplikasi Android di browser Chrome PC Anda dengan menggunakan ekstensi ARC Welder

Cara Menjalankan Aplikasi Android di PC-Menjalankan aplikasi Android di PC menggunakan software tambahan seperti Bluestack atau emulator lainnya mungkin sudah biasa. Ada cara menjalankan aplikasi Android baru saat ini di komputer Anda, dengan hanya menggunakan browser Chrome. Anda tidak perlu menggunakan menginstal emulator atau software sejenisnya, cukup browser Chrome yang paling terbaru. Ini bukan mirroring, tetapi benar-benar menguji aplikasi Android di browser chrome. ARC Welder akan menjalankan APK atau file ZIP Android dengan format ZIP. Ekstensi ini masih baru dan mungkin masih terdapat bug dan dia juga lebih berjalan dengan baik di Chrome Beta.

 

Instal ARC Welder

Anda bisa menemukan ARC Welder di Chrome Web Store. Klik Add To Chrome untuk memulainya. Instalasi ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama karena file ARC Welder cukup besar. Memang di Web Store tertulis ARC Welder berukuran 11.83MB, tetapi karena Anda baru menggunakannya ada paket besar yang akan di instal ARC Welder. Setelah Anda selesai menginstal ARC Welder akan ada beberapa APK yang sudah berjalan. Buka ekstensi ARC Welder Anda. Anda akan diperintahkan untuk memilih directory tempat APK disimpan. Klik Choose dan pilih lokasi yang Anda inginkan.

Begini Cara Menjalankan Aplikasi Android di Browser Chrome!

Menambahkan APK

Berikutnya bila Anda ingin menambah file APK, klik Add your APK. Arahkan folder tempat Anda menyimpan file APK yang sudah Anda pilih tadi. Di sini Anda memiliki beberapa pilihan seperti bagaimana orientasi aplikasi yang Anda inginkan, metadata yang ingin Anda tambahkan dan lain sebagainya. Jangan khawatir bila Anda tidak ingin bermain dengan pengaturan-pengaturan ini, Anda bisa meninggalkannya dan cukup klik Launch App. Ini akan membuat aplikasi berjalan di Chrome secara default dan untuk aplikasi yang memang bisa dijalankan pada ARC Welder, Anda tidak akan menemukan masalah.

 

Sayangnya ada beberapa aplikasi terkenal yang belum bisa dijalankan pada ARC Welder seperti Facebook dan Google Play. Di tengah perjalanan, kedua aplikasi ini hang dan harus dipaksa berhenti. Game fenomenal, Flappy Birds juga crash saat dimainkan. Twitter bekerja dengan baik sama seperti Instagram dan beberapa lainnya. Jika Anda sukses memasukkan aplikasi Android di ARC Welder, aplikasi tersebut akan muncul di halaman ekstensi Chrome Anda. Ini perlu beberapa pengujian dan seperti yang kami katakan sebelumnya, Anda jangan terlalu kecewa bila aplikasi Anda tidak berjalan dengan baik di ARC Welder, kita perlu menunggu update berikutnya agar ARC Welder bisa berjalan dengan baik. Developer ekstensi ini juga rajin melakukan update. Update-n terakhir pada tanggal 21 Mei 2015.

 

Multi OS

Menjalankan aplikasi Android melalui ARC Welder tidak hanya bisa di OS Chrome saja, Anda bisa menjalakan ekstensi ini dengan baik di Windows, Mac OS X atau OS lain yang bisa menjalankan browser Chrome. Mac memang memiliki toko aplikasi yang cukup besar, tetapi belum cukup dan Windows Store kita belum bisa berharap terlalu banyak pada platform ini. Jadi, ini bisa berguna untuk memiliki lebih banyak aplikasi Android di komputer Anda yang berjalan pada Chrome. Saat ini memang belum banyak, jadi kita harus melihat pengembangan ekstensi ini. Untuk melihat instruksi instalasinya silahkan mengunjungi developer Chrome dan bila ingin mengirim laporan bug atau ingin bertanya silahkan mengunjungi situs stackoverflow. 

 

Kesimpulan

Bisa dikatakan ARC Welder merupakan ekstensi Chrome yang masih bayi, jadi kita perlu bersabar dalam perkembangannya. Diharapkan Anda ikut berkontribusi dalam perkembangan ekstensi ini agar ARC Welder bisa berkembang lebih baik. Aplikasi-aplikasi yang kebanyakan tidak berjalan dengan baik di ARC Welder adalah game untuk saat ini. Beberapa aplikasi jejaring sosial yang populer seperti Path juga belum bisa berjalan dengan baik. Satu yang mungkin kita perlukan adalah aplikasi chatting, sayangnya beberapa aplikasi chat masih mengalami crash pada ARC Welder. Ekstensi ini juga cukup berat dijalankan, browser Chrome Anda akan cukup banyak memakan RAM. Mudah-mudahan artikel Cara menjalankan aplikasi Android di PC ini berguna untuk Anda dan Anda ikut dalam perkembangan ekstensi ini. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel