Fitur-Fitur Windows yang "Dirahasiakan" Berikut Ini Sangat Berguna

21 Jul 2015 12:00 8576 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Fitur-Fitur Sistem Operasi Windows yang tersembunyi namun sangat berguna untuk kesehatan komputer Anda

Fitur-fitur Windows-Bila Anda menggunakan Windows 7, Windows 8 atau versi yang lebih lama, sistem operasi ini memiliki berbagai utilitas yang tersembunyi yang sangat berguna. Beberapa tersimpan di menu Start, yang lainnya bisa di akses melalui command prompt. Sebagian tools hebat ini dapat diaktifkan dengan mudah bila Anda mengetahui nama-nama mereka. Buka Start menu atau Start Screen kemudian search nama program yang Anda inginkan dan tekan Enter. Di Windows 8, Anda mungkin harus memilih kategori Setting untuk pencarian. Berikut fitur-fitur sistem operasi Windows yang tersembunyi namun sangat berguna.

 

Windows Memory Diagnostic

Fitur Windows Memory Diagnostic bisa me-restart komputer Anda dan menguji catatan memori seperti aplikasi yang populer, MemTest86. Jika Anda ingin memeriksa memori error komputer Anda, sebenarnya kita tidak perlu software lainnya, cukup buka Windows Memory Diagnostic. Hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan software lain yang Anda download. Untuk menemukan fitur yang satu ini, Anda bisa mencarinya di Start Menu untuk Windows 7 atau Start Screen untuk Windows 8. Ada dua pilihan pada fitur ini, Restart sekarang  untuk melihat masalah atau restart nanti ketika Anda menyalakan komputer.

 

Resource Monitor

Fitur Resource Monitor menawarkan detail penggunaan komputer Anda. Anda dapat melihat penggunaan perangkat-perangkat keras seperti CPU, hard disk, network dan juga memory graphics atau juga melihat statistik apa-apa saja yang berjalan pada perangkat Anda. Ini berarti Anda dapat melihat proses penggunaan hard disk atau network yang berat, melihat proses interaksi dengan laman internet dan banyak lagi. Resource Monitor menyediakan lebih banyak detail statistik resource pada Task Manager Anda. Anda dapat membuka Resource Monitor dengan membuka Task Manager > Klik tab Performance > Resource Monitor. Bisa juga di akses melalui search di Start Menu atau Start Screen.

 

Performance Monitor

Performance Monitor memungkinkan Anda mengumpulkan laporan kinerja. Ini dapat digunakan untuk melihat log data performance dari waktu ke waktu termasuk melihat bagaimana perubahan sistem berpengaruh pada kinerja atau untuk memantau kinerja remote komputer secara real time. Untuk mengaksesnya, cukup ketikkan Performance Monitor di kolom search pada Start Menu atau Start Screen. Akan muncul jendela baru yang menunjukkan statistik performa komputer kita. Ada beberapa pilihan di jendela bagian kanan untuk melihat detail performa komputer Anda termasuk data system, User dan Start up.

 

Computer management dan Administrative Tools

Performance Monitor adalah salah satu dari banyak fitur Microsoft Management Console (MMC). Fitur ini banyak ditemukan pada folder Administrative Tools, mereka juga bisa dibuka pada satu jendela dengan membuka aplikasi Computer Management. Jendela ini berisi ala-alat seperti Task Scheduler (melihat dan mengatur task di komputer), Event Viewer (melihat sistem filter), Shared Folder (melihat folder yang di share dalam satu jaringan), Device Manager (melihat dan mengatur hardware dan drivernya), Manajemen Disk (alat partisi hard disk) dan Service (melihat Service yang berjalan di background). Selain itu, Administrative Tools juga memiliki utilitas yang berguna seperti untuk Windows Firewall dengan aplikasi Advanced Security yang memungkinkan Anda untuk menentukan tindakan firewall.

 

Advance User Accounts Tools

Windows juga memiliki fitur tersembunyi User Account yang menyediakan beberapa pilihan yang tidak ada di antarmuka standar. Untuk membukanya tekan tombol Windows + R untuk membuka kotak dialog Run, ketikkan netplwiz atau control userpasswords2 dan tekan Enter. Jendela ini juga berfungsi untuk meluncurkan Local User dan Groups tool yang akan menawarkan lebih banyak pengaturan untuk user. Sayangnya, fitur ini tidak ada pada Windows versi Home atau versi standar Windows. Anda bisa mengendalikan user di sini dengan lebih banyak pilihan seperti Secure logon (dengan menekan CTRL + ALT + Delete) untuk bisa masuk ke komputer Anda.

 

Disk Cleanup

Utilitas Disk Cleanup tidak terlalu tersembunyi seperti beberapa utilitas lainnya yang ada di artikel ini, tetapi sepertinya tidak banyak orang yang tahu. Ini akan memindai komputer Anda untuk mencari file yang bisa dihapus dan tidak akan mempengaruhi komputer Anda dari temporary files dan memory dumps hingga sistem restore point yang sudah lama. Dia melakukan hal yang sama dengan software-software pembersih komputer lainnya, tetapi tentunya ini gratis dan merupakan bawaan Windows Anda. Pengguna Windows lainnya mungkin memilih CCleaner, tetapi Disk Cleanup melakukan pekerjaan yang cukup layak. Untuk mengaksesnya cari Disk Cleanup di Start menu atau di Start Screen.[RIC]

Tags windows

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel