Manfaat Buah Pepaya untuk Diet

1 Jun 2015 13:00 3233 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Diet yang baik adalah diet yang tetap menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Untuk bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, maka pepaya bisa menjadi jawaban yang baik

Manfaat Buah Pepaya -Manis dan segarnya pepaya tidak hanya bisa memuaskan lidah di siang hari. Pepaya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan bisa menjadi teman yang baik untuk melakukan program diet. Bagi Anda yang sedang menjalani diet, salah satu jensi buah yang harus Anda konsumsi untuk membantu melancarkan diet Anda adalah pepaya. Salah satu kelebihan lainnya dari buah berbiji banyak ini adalah cara mendapatkannya yang mudah. Pepaya mudah dicari dan ditemukan di pasar-pasar tradisional dan swalayan, baik pepaya lokal maupun pepaya impor.

 

Kandungan Nutrisi Pepaya

Pepaya adalah jenis buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah kandungan berbagai macam vitamin, mineral, antioksidan. Kombinasi ketiga nutrisi tersebut bisa membantu tubuh untuk membuat benteng dari serangan radikal bebas dan berbagai penyakit. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan menunda rasa lapar. Secara jelas, berikut beberapa kandungan nutrisi yang dimiliki oleh pepaya.

  • Vitamin C sebanyak 56 mg.
  • Vitamin A sebanyak 1.750 IU
  • Vitamin B sebanyak 0,03 mg.
  • Kalori sebanyak 39.
  • Karbohidrat sebanyak 10 gr.
  • Kalium sebanyak 470 mg.
  • Lemak sebanyak 0,1 gr.
  • Kalsium sebanyak 20 mg.
  • Protein sebanyak 0,6 mg.
  • Zat besi sebanyak 0,3 mg.
  • Fosfor sebanyak16 mg.
  • Niacin sebanyak 0,3 mg.
  • Riboflavin sebanyak 0,04 mg.

 

Teman Baik untuk Diet

Masih mencari-cari teman yang baik untuk diet? Pepaya bisa menjadi jawabannya. Pepaya yang memiliki harga terjangkau dan mudah didapat bukan berarti tidak banya mengandung manfaat. Buah yang umum memiliki warna daging oranye dan merah ini bisa menjadi teman yang baik untuk diet karena akan memberikan banyak manfaat yang baik. Apa saja manfaat pepaya untuk teman diet ini? Berikut penjelasannya.

  • Rendah lemak.

Dalam pembahasan di atas sudah diuraikan berapa kandungan lemak yang dimiliki oleh pepaya. Makanan rendah lemak adalah makanan yang dibutuhkan oleh orang-orang yang sedang diet. Jadi, mereka yang sedang diet bisa tetap memenuhi kebutuhan lemak dalam tubuhnya tanpa harus mendapatkan lemak yang berlebih.

  • Tinggi kandungan air.

Sebagian besar berat pepaya adalah air yaitu sekitar 89%. Cukupnya asupan air ke dalam tubuh akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu pembersihan racun-racun di dalam tubuh. Lancarnya proses pembersihan racun dalam tubuh bisa membantu kelancaran dan kenormalan sistem metabolisme. Tidak normalnya sistem metabolisme bisa menyebabkan naiknya berat badan. Kandungan air dalam pepaya juga bisa membantu lancarnya konversi makanan menjadi energi di dalam tubuh. Lancarnya pembersihan racun dan normalnya metabolisme bisa membantu proses penurunan berat badan atau diet.

  • Mengandung banyak nutrisi.

Kandungan nutrisi yang tinggi se[erti berbagai jenis vitamin, mineral, dan serat bisa membantu mencegah tubuh terserang penyakit ringan dan bahkan yang berat seperti flu dan kanker pada usus besar. Pepaya bisa menjadi teman yang baik karena walaupun Anda mengurangi porsi makan karena program diet, tetapi asupan nutrisi tetap terjaga dan normal karena Anda mendapatkannya dari pepaya.

  • Pepaya kaya akan serat

Kebutuhan serat daam tubuh setiap harinya adalah sebanyak 25 gram. Pepaya dalam ukuran yang kecil bisa menyediakan 11 persen kebutuhan harian serat tubuh atau sekitar 2,7 gram. Program diet yang baik adalah diet yang tetap mengedepankan asupan serat yang cukup setiap harinya. Serat sendiri memiliki fungsi sebagai pembantu dalam penyerapan karbohidrat dan kelancaran proses pencernaan. Jika tubuh bisa menyerap karbohidrat dengan cepat maka gula darah dalam tubuh tidak akan mengalami kenaikan. Oleh karena itu, kandungan serat dalam pepaya bisa membantu Anda yang sedang diet terhindar dari naiknya gula darah yang bisa menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan.

  • Rendah kalori.

Program diet akan selalu berhubungan dengan makanan-makanan sehat yang rendah kalori. Salah satunya adalah pepaya. Asupan makanan rendah kalori selama diet berlangsung akan membantu keseimbangan berat badan untuk waktu yang panjang. Konsumsi pepaya yang rutin selama masa diet akan membantu menjaga tubuh agar tidak kelebihan kalori dan juga melancarkan program diet yang sedang dilaksanakan.

Bagaimana? Pepaya sudah masuk ke dalam daftar menu diet harian Anda? Selain banyak manfaat untuk membantu kelancaran program diet, pepaya juga baik untuk kesehatan tubuh dan kandungannya membantu tubuh untuk cepat mengeluarkan racun dan melancarkan proses pencernaan.

Demikianlah pembahasan tentang pepaya yang bisa menjadi teman baik selama masa diet. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.

 

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel