Biografi Isyana Sarasvati, Gadis yang Terlahir untuk Musik

4 Jul 2015 12:30 167850 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketahui Biografi Isyana Sarasvati, gadis Indonesia yang menjadi penyanyi sekaligus pencipta lagu dan juga berprestasi di bidang musik

Biografi Isyana Sarasvati-Pernah tahu tentang nama Dewi bernama Saraswati? Bagi yang belum tahu, Dewi Saraswati adalah Dewi Pengetahuan dan Kesenian. Dewi yang dikenal di agama Hindu ini juga dikenal sebagai Dewi Kebijaksanaan. Nah, nama Saraswati ini kemudian dipakai oleh seorang gadis muda bertalenta. Dia adalah Isyana Sarasvati. 


Siapa Isyana Sarasvati? 

Gadis cantik yang dilahirkan pada 2 Mei 1993 ini adalah seorang penyanyi yang juga penulis lagu. Dia merupakan seorang gadis yang hidupnya akan terus berkaitan dengan musik.

Betapa tidak, gadis ini sudah pernah jadi penyanyi opera di Singapura.

Kuliahnya juga berkaitan dengan seni. Isyana lulus dari Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura dan Royal College of Music, Britania Raya. Karir akademiknya di Inggris didapatkan karena beasiswa dan prestasi dia di bidang musik.

Gadis yang selalu mengungkapkan emosinya lewat melodi ini kemudian jadi terkenal setelah video musiknya yang berjudul Keep Being You menjadi populer.  Video   yang dirilis pada akhir tahun 2014 tersebut kini banyak dilihat orang dan banyak komentar positif terhadap Isyana. 

Anda bisa melihat video klip dan lantunan suaranya pada video klip berikut ini. 

 



Bagaiaman luar biasa bukan? 

Gadis yang bisa memainkan biola, piano, dan saksofon ini semakin terkenal setelah merilis video Tetap Dalam Jiwa. Suaranya yang merdu dan ekspresinya yang menyatu dengan lagunya membuat dia menjadi idola baru.

Isyana tidak hanya menyanyikan lagu. Gadis ini juga menciptakan lagu dan menyalurkan emosinya lewat lagu yang ia buat. Ia meracik musik pop dan musik opera sehingga membuat nuansa musik dan membuat Isyana memiliki ciri khas tersendiri. 

 

Baca Juga :  5 Aplikasi Piano di Android Terbaik

 


Karir Pendidikan dan Musik 

Hal yang membuat Isyana semakin istimewa adalah kerja kerasnya, karir pendidikan, serta karir musiknya bisa dijalani secara bersamaan.

Saat remaja, Isyana mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Singapura untuk pendidikan Music Performance di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), Singapura. Di kampus ini, nama dia semakin terkenal ketika video musiknya sering diputar di  televisi kampus NAFA. 

Sambil belajar di Singapura, ia juga mendapat beasiswa dari Inggris  seperti yang sudah disebutkan sebelumny). Ia kuliah di Bachelor of Music with Honours Funded Degree Programme in Collaboration with RCM di London, Inggris dengan beasiswa penuh. Karena hal inilah, Isyana harus bolak-balik Singapura dan Inggris.

Meski ia sering berada di luar negeri, Isyana tidak lupa dengan tanah kelahirannya, Ia sering ke Indonesia dan pulang ke rumahnya di ibukota Jawa Barat, Bandung. Ini berarti Isyana sering mengunjungi tiga negara berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan. (Sambil belajar, sambil traveling juga nih Isyana)



Baca Juga:  Mana yang Lebih Baik Antara Isyana dan Raisa? 

 

Selain belajar, Isyana juga menjadi guru privat untuk piano dan vokal.  Berbagai pertunjukan resital musik pun sering ia ikuti.. Karena karirnya yang terbilang cemerlang pada usianya yang muda ini, Isyana begitu banyak dipuji.

Pujian datang atas karir serta prestasi yang yang ia dapat. dari berbagai lomba. Berikut daftar juara yang pernah diraih Isyana, seperti yang dilansir Plimbi dari laman Hai Online (28/05/2015) 

 

  •  Juara  Pertama  Kategori Profesional, Kompetisi Vokal Nasional Tembang Puitik Ananda Sukarlan, Indonesia (2013)
  •    Gold Certificate, 5th Bangkok Opera Foundation Singing Competition Bangkok, Thailand (2013)
  •    Juara 1, 6th Tan Ngiang Kaw/Tan Ngiang Ann Memorial Vocal Competition, Singapore (2012)
  •    Pertukaran Pelajar ke Tainan National University of the Arts Tainan, Taiwan (2012)
  •    Tiga kali mendapatkan Juara Grand Prix Asia Pasific Electone Festival (2005, 2008, 2011)
  •    Terpilih menjadi salah satu dari 15 Composer Electone Dunia, yang tampil di Yamaha Electone Concours (YEC) 2012 di Tokyo, Jepang
  •    Lulus piano dengan distinction Grade VIII ABRSM (2007)
  •    2 kali menjadi Finalis Nasional Yamaha Piano Kompetisi
  •    4 kali menjadi Juara 1 Kompetisi Piano Jawa Barat

 

Prestasinya yang cukup banyak dan berkelas tentu membuat Isyana bukanlah musisi sembarangan. Bisa dibilang, Isyana adalah musisi yang berprestasi. Kalau boleh berlebihan, Isyana adalah jelmaan dari Dewi Saraswati itu sendiri. Ia adalah musisi yang layak diidolakan.

Perempuan yang lahir dari pasangan Sapta Dwikardana dan Luana Marpanda ini akan memiliki masa depan yang cerah pada bidang musik. Ia sendiri ingin menjadi seorang konduktor orkestra, sebuah cita-cita yang memang pas untuk gadis pencinta musik klasik ini.

Berniat mengidolakan gadis pelantun Tetap Dalam Jiwa ini?  Tampaknya, tidak perlu ada niatan karena memang Isyana layaknya dijadikan panutan, terutama bagi generasi muda saat ini. [HMN]


Baca Juga : Belajar Membaca Partitur via Aplikasi Android

 

Tags Biografi

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel