Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

25 May 2015 13:00 4998 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah tips untuk menghilangkan rasa kantuk sering datang menghampiri di saat jam kerja.

Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Kerja-Pernahkah Anda merasa mengantuk saat bekerja? Hal ini wajar dirasakan setiap orang terutama jika sudah memasuki tengah hari dan jumlah pekerjaan yang banyak. Rasa kantuk ini tentunya sangat mengganggu produktivitas dan kegesitan dalam bekerja. Setiap orang kemudian berusaha mencari cara untuk mengusir rasa kantuk yang tidak tertahankan lagi. Perlu Anda ketahui, sebenarnya mengantuk saat bekerja sendiri bisa diatas dengan beberapa cara alami yang tetap menyehatkan tubuh. Cara-cara tersebut terangkum dalam 6 tips untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja pada pembahasan di bawah ini.

 

Tips Mengusir Kantuk Saat Bekerja

Rasa kantuk saat bekerja bisa diatasi dengan beberapa tips yang alami dan mudah untuk dilakukan. Berikut 6 tips alami mengusir kantuk saat bekerja.

  • Berjalan-jalan sebentar di lingkungan kantor.

Bila rasa kantuk mulai menyerang, cobalah untuk beranjak sebentar dari kursi dan mulai berjalan-jalan. Tidak perlu berjalan terlalu lama, cukup sekitar 10 menit saja. Kegiatan berjalan-jalan sebentar ini akan membantu pemompaan oksigen dalam darah menuju ke bagian oto dan otak. Tubuh akan mulai kembali segar dan rasa kantuk bisa hilang perlahan-lahan.

  • Minum air putih/mineral.

Banyak minum air putih akan membantu menghindarkan Anda dari kelelahan akibat dehidrasi. Kelelahan akibat dehidrasi bisa menyebabkan rasa kantuk saat bekerja. Selain itu, ada baiknya juga mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air.

Camilan juga bisa membantu seseorang agar terhindar dari rasa kantuk saat bekerja. Camilan yang dimaksud tentunya adalah camilan sehat yang kaya nutrisi dan bisa meningkatkan energi. Contohnya seperti yogurt, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lain-lain.

  • Membuat ruangan kerja menjadi lebih terang.

Ruangan kerja merupakan tempat vital bagi seseorang untuk menyelesaikan semua pekerjaanya. Apabila ruangan kerja kurang cahaya, maka bisa menimbulkan rasa lelah yang lebih cepat. Sebaiknya cobalah untuk membuat ruangan kerja menjadi lebih terang misalnya dengan membuka lebar tirai jendela. Pencahayaan yang baik bisa membantu mengurangi perasaan mengantuk dan juga lebih meningkatkan kewaspadaaan diri.

  • Cobalah untuk mengistirahatkan mata sejenak.

Pekerjaan yang mengahruskan seseorang memandangi layar komputer atau laptop dalam waktu yang lama bisa membuat mata menjadi lelah yang salah satunya bisa menjadi penyebab mudahnya mengantuk saat bekerja. Tidak ada salahnya untuk mengistirahatkan mata sejenak. Cobalah untuk mengalihkan pandangan mata dari layar komputer ke area hijau di luar ruangan. Pemandangan hijau dari pepohonan bisa membuat mata menjadi lebih rileks. Selain itu, cobalah memejamkan mata sebentar kemudian baru mulai kembali bekerja.

  • Menarik napas dengan dalam.

Menarik napas yang dalam bisa membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Ada baiknya untuk menarik napas dalam ke perut dan bukan ke dada. Kadar oksigen yang tinggi dalam tubuh bisa membantu meningkatkan sirkulasi, menurunkan tekanan dalam darah, membantu kerja dari mental, dan memperlambat detak jantung.

 

Mencegah Rasa Kantuk Sejak Berangkat Kerja

Rasa kantuk saat bekerja bisa menjadi penghalang besar untuk bisa meraup sukses. Setelah 6 tips untuk mengusir rasa kantuk di atas, ada baiknya juga untuk muali mencegah rasa kantuk tersebut datang sejak pagi hari ketika berangkat kerja.

  • Bangun semangat pagi dan pikiran positif

Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk membangun semangat dan pikiran-pikiran yang positif. Usahakanlah untuk memulai hari sebelum berangkat kerja dengan perasaan semangat dan pikiran yang positif. Hal ini akan membantu Anda untuk setidaknya mencegah munculnya rasa kantuk pada siang harinya di kantor.

  • Sarapan sehat pencegah kantuk.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bisa mencegah rasa kantuk di pagi hari. Makanan yang bisa menyimpan energi lebih lama sehingga tubuh tidak mudah lelah dan bisa terus bersemangat sampai tiba waktunya makan siang.

  • Rutin berolahraga setiap pagi walau hanya 10-15 menit saja.

Kepadatan aktivitas bekerja mungkin saja membuat seseorang lupa untuk berolahraga. Padahal olahraga menjadi salah satu langkah yang bisa membuat tubuh tidak cepat lelah saat beraktivitas yang kemudian menyebabkan rasa kantuk. Apabila tidak memiliki waktu yang banyak, usahakanlah untuk tetap berolahraga ringan selama 10-15 menit setiap pagi sebelum berangkat kerja.

  • Konsumsi air putih yang cukup di pagi hari.

Konsumsi air putih yang cukup sebelum berangkat kerja akan membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Jika dari pagi tubuh sudah diisi dengan nutrisi yang tepat dan asupan air putih yang cukup, maka seseorang akan siap menghadapi pekerjaannya dengan semangat.

 

Demikianlah pembahasan tentang beberapa tips untuk menghindarkan diri dari rasa kantuk saat bekerja. Semoga isi artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sering mengalami rasa kantuk atau yang ingin mencegah rasa kantuk menyerang saat bekerja.

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel