Cara "Mengubah" Samsung Galaxy S5 Menjadi Galaxy S6

20 May 2015 13:00 14568 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cara mengubah Samsung Galaxy S5 menjadi Galaxy S6 secara tampilan dan fitur-fiturnya

Cara "Mengubah" Samsung Galaxy S5 Menjadi Galaxy S6-Galaxy S6 tentu memiliki daya tarik besar untuk pengguna gadget, apalagi bagi prang-orang yang menggunakan Samsung Galaxy S5. Ini karena Galaxy S6 memiliki fitur dan kemampuan lebih dari kakaknya, menyempurnakan produk yang sebelumnya. Tetapi, taukah Anda kita bisa mengubah Galaxy S5 Anda menjadi S6 secara tampilannya saja (Keseluruhan tampilan (UI)). Ya, memang hanya sebatas itu karena kita tidak mungkin mengubah hardware-nya atau secara keseluruhan. Karena secara kasat mata Galaxy S5 dan S6 tidak jauh beda di desainnya, orang-orang mungkin bisa pangling ketika pertama melihatnya. Syarat pertamanya, Galaxy S5 Anda harus sudah di root.

 

Bagaimana cara menerapkan tema Galaxy S6 ke S5?

1.  Download file ini yang dibuat forum XDA Developer Lollipop Themes Enabler, kemudian Download ES File Explorer dan aktifkan Root Explorer di Menu> Tools dan tap untuk mengaktifkannya. Pada ES File Explorer, cari zip Lollipop Themes Enabler (seharusnya ada di folder download) dan ekstrak folder tersebut. Setelah selesai mengekstrak, masuk ke folder Lollipop Themes Enabler dan Anda akan melihat dua folder (app dan csc), buka folder tersebut.  Pilih semua folder yang ada di dalam Lollipop Themes Enabler dengan menahan pada salah satu folder dan ceklist semuanya kemudian tap tombol copy.

 

Cara

 

2. Arahkan ES File Explorer ke device/system/app dan paste folder Lollipop Themes Enabler di sini. Kalau tidak bisa, berarti Anda belum mengaktifkan Root Explorer. Kalau memang belum, lihat cara di nomor satu untuk mengaktifkannya. Untuk setiap folder yang baru saja Anda paste-kan ke device/system/app, tap lama sehingga muncul kotak kecil do bagian bawah kanan folder untuk menyeleksi. Pilih menu More di bagian kanan bawah dan tap Properties. Ganti permission setiap folder yang baru Anda paste-kan tadi menjadi  RWX R-X-R-X (lihat screenshots) dan tap OK.

Cara

Cara

 

3. Setelah Anda mengganti permission untuk setiap folder yang baru Anda paste-kan, masuk ke folder dan tap APK yang ada di dalam folder tersebut kemudian pilih menu Properties dari menu More yang ada di bagian bawah kanan. Kembali, ubah permission setiap APK yang ada di dalam folder tersebut menjadi RW-R- -R- - dan tap OK. Buat persis seperti pada gambar di bawah. Bila sudah selesai, kembali ke folder Lollipop Themes Enabler dan buka folder csc. Copy file yang ada di dalam folder ini. Masuk ke device/system/csc dan paste file tersebut di sini. Tap lama file yang baru Anda paste-kan kemudian pilih Properties dari menu yang More yang ada di bagian bawah kanan ES File Explorer. Ubah permission file tersebut menjadi RW- R- - R- - kemudian tap OK.

Cara

Cara

 

Cara

 

4. Masuk ke device/system/etc dan buka floating_feature.xml dengan ES Note Editor. Cari kode di bawah ini:

Cara

Jika Anda tidak bisa meng-copy code ini, cukup tambahkan ‘themev2’ di antara kedua kode tersebut (tanpa tanda petik). Tap menu back dan konfirm perubahan yang Anda buat untuk menyimpannya. Reboot Galaxy S5 Anda. Seharusnya hasilnya menjadi seperti di bawah ini. Setelah reboot, ketika Anda menekan lama untuk mengakses home screen setting, Anda akan menemukan pengaturan Themes sudah aktif dan Anda bisa mengakses theme di dalam file zip yang Anda download di awal tadi. Selamat menikmati Theme Engine di Galaxy S5 Anda.

Note : untuk mengedit code tersebut, tap menu dengan ikon tiga titik di atas kanan ES File Explorer kemudian pilin Edit.

Cara

Cara

Melengkapinya

Untuk melengkapinya, Anda bisa menambah aplikasi-aplikasi di Galaxy S5 Anda seperti Finger Print, Wheater dan lain sebagainya. Ini tidak akan sulit karena sebagian besar ikon-ikon Galaxy S6 dan Galaxy S5 tidak jauh berbeda. Namun, tentu Anda tidak akan bisa mengubah nya secara fungsional seperti Finger Print yang semakin di tingkatkan kemampuannya pada Glaxy S6. Untuk Keyboard, karena Galaxy S6 menggunakan Fleksy + Gif Keyboard, Anda bisa mendownload-nya, tetapi aplikasi ini tidak gratis, harganya Rp25,349. Silahkan download di sini. Keunggulan Keyboard ini adalah bisa memasukkan gambar Gif sebagai attachment.

 

Troubleshooting

Jika TouchWiz Galaxy S6 Anda force close (menutup paksa) ketika Anda ingin meluncurkan Themes, kembali ke ES File Exploer dan pastikan permission yang ada di langkah-langkah di atas benar. Begitu juga dengan file APK yang ada di dalamnya (untuk folder RWX R-X R-X dan file APK RW R- - R- -. Atau jika Anda ingin mencoba, bisa menggunakan aplikasi exploer lainnya seperti Root Explorer, tetapi aplikasi ini tidak gratis (Rp50,622) di Google Play. Silahkan download di sini. Aplikasi ini lebih handal dalam menangani folder-folder yang hanya bisa di akses perangkat root. [RIC]

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel