Empat Komputer PC Mini Pilihan yang Diperkenalkan pada Mei 2015

19 May 2015 08:10 2921 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak produsen menghadirkan produk  komputer mini yang memang cukup menarik

Komputer PC Mini-Perkenalan produk PC Mini Stick dari Intel, membuat produsen lain juga menghadirkan produk serupa. Tidak tanggung-tanggung, pada Mei 2015 ini, sudah banyak produsen lain yang menghadirkan produk komputer berbentuk mini. Empat diantaranya akan Plimbi ulas. Berikut, empat PC Mini Desktop yang diperkenalkan pada Mei 2015.

 

1. MintBox Mini

MintBox Mini  merupakan komputer mini yang dihadirkan tanpa kipas. Produk ini  dikembangkan oleh  Linux Mint dan CompuLab. Pertamakali, komputer ini muncul pada blog distribusi Linux Mint. Bentuknya yang kotak terlihat seperti sebuah LAN hub. Meskipun mini, komputer ini ditengagai dengan prosesor yang tergolong bisa diandalkan. Didalamnya, tersemat AMD A4 Micro-6400T quad-core dengan kecepatan maksimal 1,6GHz. Prosesor ini didukung dengan dengan pengolah grafis terintegrasi, yakni Radeo R3. Sementara untuk RAM, komputer mini ini didukung dengan RAM 4GB. Sementara untuk penyimpanan data, komputer mini ini dibekali dengan penyimpanan data 64GB.  Komputer ini juga memiliki port  lengkap seperti Gigabit Ethernet, WiFi 802.11ac, Bluetooth 4.0, 2 port USB 3.0, 4 port USB 2.0, S / PDIF 7.1 channel audio, konektor RS232, UART, GPIO, dan SMBus. Produk ini baru diperkenalkan dan belum diketahui, harga dan ketersediannya.

 

Empat Komputer PC Mini Pilihan yang Diperkenalkan pada  Mei 2015

2. ASRock Beebox

Produsen motherboard, ASRock juga terjun ke ranah komputer kecil. Produsen ini tidak tanggung-tanggung. Mereka membuat sebuah komputer mini bernama ASRock Beebox yang didalamnya tersemat Intel Cherry Trail. Prosesor ini adalah prosesor Intel generasi Braswell dengan arsitektur Airmont. Didalamnya tersemat prosesor Celeron N3000 dua inti  dengan kecepatan 1,4GHz. Prosesor tersebut dikombinasikan dengan Intel HD Graphics yang didalamnya terdapat 12 execution unit. Komputer ini hadir dalam dua varian, yakni varian dengan RAM 2GB dan varian dengan RAM 4GB.  Pilihan juga tersedia untuk memori internal, ada varian yang menggunakan 32GB mSATA dan ada varian dengan SSD 128GB mSATA. Secara keseluruhan, komputer cukup menarik meskipun secara bentuk mirip Intel NUC.  Produknya sendiri akan meluncur di Amerika pada Juni 2015 dengan banderol harga yang masih belum diketahui.

 

Empat Komputer PC Mini Pilihan yang Diperkenalkan pada  Mei 2015
3. Mele PCG-01

Kalau yang satu ini bisa jadi pesaing untuk produk Intel Compute Stick. Pasalnya, komputer ukuran kecil ini mirip sekali bentuknya dengan flash drive, konsep yang sama dengan Intel Compute Stick. Perbedaan dengan Intel Computer Stick adalah tidak adanya kipas di produk ini. Tentu ini jadi kelebihan tersendiri. Produk ini sendiri merupakan produk besutan prodsen Tiongkok  yang menawarkan alternatif seperti Intel Compute Stick.. Hal ini terlihat dari spesifikasinya yang tidak jauh berbeda. Di dalamnya, terdapat prosesor Intel Atom Z3735F quad-core generasi Bay Trail. Prosesor ini memiliki kecepatan 1,83GHz yang didukung oleh RAM 2GB DDR3 dan GPU  Intel HD Graphics. Didalam produk ini pun, sudah tersemat memori intenral 32GB. Tersedia juga beberapa port pendukung seperti microSD, microUSB, WiFi, Bluetooth, dan dua port USB 2.0. Belum jelas, kapan produk dengan OS Windows 8.1 ini akan hadir dan berapa harga bandrolnya.

Empat Komputer PC Mini Pilihan yang Diperkenalkan pada  Mei 2015
4. Dell Inspiron Micro

Produsen komputer ternama, DELL juga tidak mau kalah bersaing masuk ranah komputer mini. Produsen ini menghadirkan produk bernama Intel generasi BayTrail. Produk ini merupakan produk yang ditenagai dengan prosesor Celeron J1800 dua inti dengan kecepatan 2,58GHz. Prosesor ini sudah tersemat Intel HD Graphics dan RAM 2GB DDR3 dengan kecepatan 1600MHz. Jika prosesor tersebut kurang mumpuni, DELL menyediakan pilihan varian dengan prosesor  J2900 quad-core dengan kecepatan 2,41GHz yang tentunya lebih kencang dibandingkan dengan Celeron J1800. Komputer ini juga cukup lengkap secara konektivitasnya. Apalagi, didalamnya tersedia slot USB 3.0, DisplayPort, dan  HDMI, Produk dengan media penyimpanan SSD (Solid State Drive) 32GB mSATA tampaknya akan jadi pesaing tangguh komputer mini berbentuk kotak seperti Intel NUC, Gigabyte Brix, dan Zotac Zbox. Sayangnya, belum jelas kapan produk ini akan meluncur ke pasaran.

Itulah empat komputer PC Mini pilihan yang diperkenalkan pada Mei 2015. Kehadiran produk-produk tersebut tentu akan semakin membuat persaingan komputer berjenis PC Mini semakin ramai saja [HMN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel