Firefox vs Chrome: Siapa yang Lebih Hebat untuk Setting dan Sync?

15 Oct 2015 12:00 4589 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Mana yang terbaik soal setting dan sync antara Firefox vs Chrome

Firefox versus Chrome-Untuk urusan browser internet`, Firefox dan Chrome adalah pilihan utama mayoritas pengguna internet saat ini, baik di mobile atau desktop.

Untuk di desktop, orang-orang menggunakannya sebagai tempat kerja, bermain game, browsing dan lain sebagainya. Yang menjadi pertanyaan, siapa yang terbaik antara keduanya?

Siapa yang cocok dengan kebutuhan Anda. Firefox vs Chrome, kedua memang layak untuk di bandingkan karena sekali kita menggunakan salah satunya, dan ingin beralih ke satunya lagi kita akan mulai dari awal kembali.

Untuk itu, perlu kiranya memastikan penggunaan browser bila Anda banyak beraktifitas di depan internet.

 

Browser setting

Browser menyediakan pilihan paling dasar untuk urusan setting, pengorganisasian dan penggunaannya. Seberapa banyak pengaturan yang disediakan, bagaimana mengakses mereka dan sepenting apa konfigurasi tersebut? Berikut beberapa perbedaan mencolok antara Firefox dan Chrome.

Hampir semua browser menawarkan home page standar yang sangat penting untuk sebuah browser seperti menyediakan mesin pencari, blokir pop-up, menyimpan password dan beberapa pengaturan privasi dan history.

Namun, bila di bandingkan setiap sisinya secara keseluruhan, pengaturan yang lebih luas ada pada Firefox dan Chrome.

Tab untuk setiap kategori pengaturan mempermudah Anda untuk menemukan apa yang Anda cari di Firefox. Sedangkan di Chrome, Anda harus menelusuri deretan panjang untuk mencari pengaturan, bila ingin cepat bisa menggunakan Control + F dan memasukkan kata kunci.

Pengaturan tab pada Firefox dapat diaktifkan dan di non-aktifkan dengan mudah. Anda dapat mengaktifkan warning messages untuk membuka dan menutup tab atau juga memilih pengaturan untuk tab baru.

Chrome memang memiliki pilihan yang tidak jauh berbeda untuk mengakses tab baru, tetapi Firefox memiliki opsi membuka tab baru yang lebih umum.

Pengaturan setting di Firefox memberikan banyak fleksibilitas. Di Chrome, Anda bisa secara otomatis meng-update, ini akan membuat penggunaan produk Google ini lebih nyaman.

Tetapi, bagaimana bila Anda ingin melihat history update browser Anda ketika menginstal yang baru? Ini ada di Firefox. Anda bisa membuatnya update otomatis seperti Chrome dan memeriksa semua yang pernah Anda update.

Untuk apa fungsinya? Tidak semua update-an terbaru baik untuk setiap perangkat, jadi ada kalanya orang-orang lebih suka dengan versi sebelumnya dari pada yang baru. History ini menunjukkan versi, tanggal dan waktu serta link untuk men-downloadnya kembali.

Sinkronisasi antar perangkat

Kedua browser menyediakan opsi untuk sinkronisasi dengan syarat Anda harus terlebih dahulu sign-in ke masing-masing browser. Ini adalah fitur yang paling nyaman dari semua browser.

Anda dapat mensinkronisasi bookmark, ekstensi, password, history dan masih banyak lagi. Jadi setiap pindah perangkat, PC Anda tidak lagi mencari-cari mereka.

Bagian terpenting Chrome untuk sinkronisasi adalah enkripsi otomatis password dan data yang bisa menggunakan passphrase untuk keamanan tambahan. Firefox tidak menyediakan pilihan ini.

Fitur penting Firefox adalah Find My Device yang ditawarkan sinkronisasi mereka. Jika di aktifkan, data dari perangkat lain Anda akan tersaji di akun Firefox Anda. Anda bisa melihat lokasi perangkat Anda di map.

Ini berguna bila sewaktu-waktu Anda lupa di mana meninggalkan perangkat Anda atau perangkat Anda dicuri.

Kecepatan dan kemampuan

Selalu ada perdebatan mengenai kecepatan dan kemampuan browser. Ini wajar karena memiliki browser yang cepat dan stabil memberikan perbedaan besar.

Versi browser, jenis perangkat, kecepatan internet, proses di background PC Anda, ekstensi yang di instal dan lainnya bisa berpengaruh pada kecepatan dan kemampuan.

Untuk membuka browser pertama kali, memuat dan menjalankan tab sekaligus, mengunjungi halaman yang banyak gambarnya atau iklan Firefox lebih bisa di andalkan.

Bila di Chrome, Anda perlu bekerja lebih untuk melakukan itu semua.

 

Kesimpulan

Firefox secara keseluruhan lebih baik dari pada Chrome. Untuk membuktikannya, Anda bisa membuka website yang sulit di buka di Chrome atau tampilannya tidak sempurna.

Cobalah buka website seperti itu di Firefox, dia lebih bisa mengatasi website yang berat terutama yang memiliki flash. Yang menjadi Andalah Chrome, nyaris sama dengan produk Google lainnya, Android.

hrome memiliki Store yang terorganisir dengan baik dan banyak sekali jumlahnya, apalagi bila kita berbicara mengenai game. Chrome lebih kaya dibandingkan Firefox.[RIC]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel