Cara Memperkuat Sinyal GPS Android

6 May 2015 08:40 179244 Hits 0 Comments

Cara Memperkuat Sinyal GPS di Android Anda agar hasil yang di dapat lebih akurat dengan aplikasi tambahan

Saat ini semua perangkat Android dilengkapi dengan fitur GPS. Ini memungkinkan ponsel Anda menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps dan juga melacak lokasi Anda untuk fitur geo-location. GPS pulalah yang memungkinkan Anda memposting lokasi di Path, Instagram, Facebook, Twitter dan aplikasi jejaring sosial lainnya. GPS pulalah yang memberi Google menentukan konten iklan untuk Anda. Jadi, ada keuntungan timbal balik bagi pengguna GPS dan penyedianya. Sayangnya, GPS tidak selalu akurat karena terkendala masalah sinyal. Bila sudah begini, karena salah menempatkan posisi, Anda bisa tersasar. Untuk menghindari hal tersebut, berikut Paseban berikan cara memperkuat sinyal GPS Android Anda.

 

1. Ubah pengaturan ke High accuracy

Untuk mendapat sinyal terbaik Anda harus merelakan baterai dan data yang lebih dari yang biasanya Anda berikan. Ini adalah pengorbanan yang perlu dilakukan dan Anda bisa mengembalikannya nanti setelah tidak membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi dari GPS.

Untuk melakukannya masuk ke Setting> Location dan pastikan Location Service menyala. Tap menu Mode dan pilih High accuracy. Ini akan menguras baterai Anda, namun akan memanfaatkan jaringan nirkabel yang tersedia untuk mendapat sinyal terbaik. Bila GPS Anda bermasalah, dia akan tetap memberikan informasi lokasi yang salah walau GPS dalam mode high-accuracy.

 

2. Kalibrasi Kompas Anda

Masalah yang potensial dengan akurasi GPS adalah kalibrasi kompas Anda. Jika hal ini terjadi , perangkat Anda tidak mendapat informasi yang tepat dan menyebabkan masalah ketika menggunakan aplikasi navigasi. Untuk memperbaiki ini, Anda harus mengkalibrasi kompas Android Anda.

Jika Anda memiliki aplikasi bawaan kompas gunakan itu, jika tidak download aplikasi GPS Essentials yang memiliki fitur berguna lainnya. Selanjutnya lakukan hal berikut:

Buka aplikasi kompas Anda (di GPS Essential, tekan Compass di menu utama). Jika tidak bekerja dengan benar, pegang telepon Anda, gerakkan membentuk pola 8. Kompass Anda akan menggambar pergerakan tersebut. Metode alternatif, putar telepon Anda tiga kali untuk masing-masing sumbu:

  • Putar tiga kali dengan layar menghadap ke atas tiga kali
  • Balikkan dari bawah ke atas tiga kali
  • Balikkan dari kiri ke kanan tiga kali

 

3. Cari tahu masalah GPS Anda, apakah software atau hardware

Dengan GPS Essential, Anda dapat mendiagnosis sinyal GPS rendah karena software atau hardware. Pada menu GPS Essential tap menu Satellites kemudian perhatikan ponsel Anda saat ini terhubung ke satelit yang mengelilingi bumi. Jika tidak ada satelit yang muncul, ini disebabkan gangguan dari benda logam sekitar Anda, masalah Anda smartphone atau hardware GPS Anda tidak berfungsi dengan baik. Jika satelit muncul, tetapi GPS Anda masih rusak maka yang bermasalah adalah software Anda. Untuk memperbaikinya Anda bisa mengikuti tips berikutnya di artikel ini.

4. Refresh data Anda

Kadang-kadang perangkat Anda stuck pada satelit GPS tertentu bahkan ketika tidak terjangkau ponsel Anda. Ini membuat GPS tidak bekerja dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan Aplikasi seperti GPS Status & Toolbox untuk membersihkan data GPS dan mulai menghubungkan ulang ke satelit.

Di menu aplikasi ini tekan di mana saja lalu tap ikon kunci pas dan Manage A-GPS. Tap Reset kemudian kembali ke menu Manage A-GPS. Data GPS Anda seharusnya sudah fresh saat ini dan bila ingin me-refresh lagi ulangi proses ini. Proses ini sering sekali berhasil memperbaiki GPS Anda kalau memang yang bermasalah bukan pada hardware.

5. Kesimpulan

GPS fitur yang sangat penting untuk pengguna Android saat ini, apalagi Anda orang yang sering berpergian ketempat-tempat yang baru. Bila dulu orang-orang menggunakan peta kertas, sekarang tinggal membawa smartphone. Karena ini merupakan teknologi elektronik, tentu dia terpengaruh dengan masalah teknis dan ketika Anda berhadapan dengan masalah teknis ini, Anda harus tahu cara membenahinya. Tentu Anda tidak mau tersasar di daerah antah berantah karena GPS salah memberikan informasi. Kegagalan GPS juga akan menyulitkan Anda dalam men-share lokasi di jejaring sosial. Tentu Anda tidak mau GPS salah memberikan informasi ketika ingin men-share lokasi liburan atau tempat makan. Demikian tips untuk Cara Memperkuat Sinyal GPS kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam memperbaiki GPS yang bermasalah. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel