Tips Penggunaan Aplikasi WhatsApp agar Lebih Maksimal Penggunaannya

26 Apr 2015 11:00 17759 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Menggunakan aplikasi WhatsApp dengan lebih nyaman dengan mengoptimalkan beberapa fitur di bawah ini

Aplikasi WhatsApp kian populer digunakan dan banyak manfaatnya. Sejak dibeli oleh Facebook dengan nilai yang fantastis, aplikasi WhatsApp kian berkembang pesat. Di bulan April 2015 ini saja, aplikasi tersebut cukup sering mendapatkan update.

Hal yang dilakukan perusahaan ini sangat beralasan. Pasalnya, aplikasi WhatsApp semakin diminati. Di tahun ini saja, WhatsApp mengumumkan bahwa aplikasi tersebut telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 800 juta pengguna.

 

Tips Aplikasi WhatsApp

Hampir semua orang mungkin sudah mengetahui cara kerja aplikasi ini. Namun, masih banyak yang belum mengoptimalkannya sehingga pengguna hanya sebatas memakainya dengan standar. Namun, kami memberikan beberapa tips untuk memaksimalkan WhatsApp, seperti backup ke dalam Google Drive, membuat group chat sampai mengirimkan broadcast message.

Backup ke Google Drive

Tips pertama yang akan kami bagikan adalah memback-up seluruh pesan yang ada di dalam akun WhatsApp ke dalam layanan Google Drive. Fitur backup ke Drive ini merupakan layanan baru yang ditawarkan WhatsApp, bersamaan dengan perombakan tampilan UI menjadi ala material design.

Caranya mudah saja, pertama Anda dapat membuka WhatsApp seperti biasanya, kemudian tap menu dilanjutkan tap Settings lalu pilih Chat Settings. Setelah masuk ke menu Chat Settings, Anda dapat melanjutkan dengan memilih chat backup, kemudian pilh opsi backup, apakah setiap hari atau seminggu sekali pada bagian Backup Frequenty.

Setelah memilih opsi waktu backup, Anda dapat menekan tombol OK dan akan diminta untuk login ke dalam akun Google, kemudian memberikan izin akses. Terakhir, Anda dapat klik Back up Now, dimana akan secara otomatis membackup semua pesan Anda sesuai periode waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Sekalipun layanan backup ke Google Drive ini cukup tertinggal, namun hal ini memungkinkan Anda untuk tidak kehilangan pesan penting yang mungkin saja terhapus. Terlebih, layanan ini juga dapat dipilih, apakah ingin membackup dengan konektivitas WiFi atau mobile data.

 

Baca juga :

               Fitur Baru dari WhatsApp

               Konsep Kendaraan Pariwisata dari Yamaha untuk Masa Depan

 

Membuat Group Chat

Tips kedua adalah memaksimalkan WhatsApp untuk dipakai chatting dengan banyak orang. Dengan adanya fitur Group Chat pada WhatsApp, sekarang Anda dapat berkomunikasi dengan banyak orang, seperti yang BBM Group contohnya.

Cara membuat group chat melalui WhatsApp sangatlah mudah. Pertama, buka aplikasi WhatsApp, kemudian tap tombol menu dan pilih New Group. Jika sudah melakukannya, Anda dapat melanjutkan dengan memberi nama grup yang ingin dibuat, kemudian klik icon gambar untuk memilih icon yang ingin digunakan. Setelah itu, Anda dapat men-tap Next untuk menentukan siapa saja anggota yang ingin dimasukkan, bisa dengan cara mengetikkan nama atau memilih rekomendasi kontak.

Jika sudah menentukan siapa saja anggota yang ingin bergabung ke dalam grup, Anda dapat klik menu CREATE, dan grup chat telah selesai Anda buat. Sekalipun fitur Group Chat pada WhatsApp tidak semenarik BBM Group karena tampilannya yang polos, namun kinerja WhatsApp yang stabil memberikan kenyamanan untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.

Kirim Broadcast Message

Tips terakhir yang kami bagikan adalah mengirim broadcast message. Fitur yang semula populer digunakan para pengguna BBM sekarang dapat juga dipakai melalui WhatsApp. Memiliki fungsi yang serupa, dapat mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus, cara mengirimkan pesan pun sangat mudah. Bagaimana caranya?

Pertama, Anda dapat membuka WhatsApp, dilanjutkan dengan memilih menu New Broadcast. Lalu, lanjutkan dengan ketik nama kontak yang ingin dikirimi pesan, maksimal sebanyak 256 kontak untuk satu pesan yang dikirimkan. Jika sudah melakukannya, Anda dapat klik CREATE, dan pesan pun langsung meluncur ke semua kontak yang dipilih.

Selain dapat mengirimkan pesan teks, fitur Broadcast Message pada WhatsApp pun memungkinkan Anda untuk mengirim pesan dalam format yang lain. Anda dapat mengirim pesan berupa audio, gambar, video ataupun kontak hanya dengan cara klik ikon klip yang ada pada halaman muka.

Kesimpulan

Bagaimana, sangat mudah bukan mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini? Selain Anda dapat menggunakan semua fitur yang ditawarkan aplikasi WhatsApp, Anda pun sekarang dapat semakin leluasa saat menggunakannya. Selamat mencoba![ARD]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel