Keuntungan dan Kerugian Operator Bila Project Fi Terwujud di Indonesia

25 Apr 2015 09:12 14489 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah penjelasan tentang untung ruginya kehadiran Project Fi  yang merupakan project wireless terbaru dari Google di Indonesia

Project Fi  yang merupakan layanan dari Google kini resmi meluncur. Layanan ini merupakan sistem data internet untuk smartphone tanpa menggunakan SIM card atau yang dikenal dengan istilah Mobile Virtual Network Operator (MVNO). Bagai mana bisa ponsel tanpa SIM Card atau WiFi internetan? Itulah yang di sediakan Google lewat  project ini.

Sederhananya,  Google tidak langsung menjadi provider telekomunikasi seperti Indosat, Telkomsel, XL dan lainnya. Bedanya, Google tidak menggunakan SIM Card. Terdengar hebat memang, sayangnya layanan ini sekarang hanya untuk perangkat Nexus 6 dan di wilayah Amerika Serikat saja.  

Project Fi di Indonesia

Google sendiri berencana menghadirkan layanan ini, di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal ini ini tentu menjadi kabar bagus sekaligus juga bisa jadi kabar buruk. Masalanya, jika Google menghadirkan layanan ini, tentu akan membuat banyak orang punya banyak pilihan tetapi bisa berdampak bagi operator Indonesia? Lantas, Apa saja  dampaknya jika layanan ini hadir di Indonesia?

Bagai mana Fi bekerja?

Google bekerja sama dengan provider Amerika Serikat seperti Sprint dan T-Mobile yang merupakan provider terbaik di sana dalam menghadirkan layanan ini. Pengguna Project Fi juga akan mendapat WiFi gratis setiap kali tersedia jaringan WiFi sehingga bisa meminimalisir penggunaan data internet pengguna. Jadi, pengguna akan mendapat jaringan internet terbaik di Amerika Serikat. Kalau di kita mungkin seperti WiFi ID Telkomsel, hanya saja WiFi ID masih menggunakan SIM Card. Boleh dikatakan Project Fi merupakan teknologi lanjutannya.

Apa Keuntungannya dan Kerugiannya bagi Provider

  • Keuntungan

Google tentu menawarkan keuntungan untuk provider untuk kerja sama dengan Project Fi. Salah satu yang paling menonjol adalah masalah modal. Masuk ke dalam Projec Fi berarti cakupan jaringan WiFi provider akan meluas dan perluasan jaringan tersebut akan disokong oleh Goolge. Saat ini sudah banyak WiFi yang tersedia gratis untuk provider-provider ternama seperti Indosat dan Telkomsel, namun mayoritas di tempat yang ramai dan cakupannya belum luas.

Selain masalah pengembangan jaringan, biaya operasional provider juga akan menurun. Satu hal yang perlu kita ketahui, WiFi gratis yang bisa Anda dapatkan saat ini seperti WiFi Id atau Indosat sebenarnya memperkecil biaya operasional dibanding menggunakan paket data karena proses kerja pengiriman data akan lebih mudah bila melalui router. Lihat saja, internet menggunakan kabel di rumah (broadband) seperti Indie Home, M2, Biznet atau yang lainnya sebenarnya lebih murah dibanding internet paket data. Dengan memasang broadband di rumah dan membayar Rp 100-200 Anda sudah puas beinternet ria tanpa takut kuota habis dan koneksi yang stabil, ya walaupun biaya pemasangan awal relatif sedikit agak lebih mahall. Karena itulah internet WiFi yang Anda temukan di luaran bisa gratis. Ini yang ingin dikembangkan oleh Google agar bisa memangkas biaya pengiriman data ke perangkat Anda.

  • Kerugian

Provider lokal akan kehilangan status quo nya. Dengan bergabung ke Project Fi sistem yang berjalan saat ini akan berubah drastis. Salah satu yang paling mencolok adalah hilangnya paket menelepon dan SMS karena Fi menggratiskan SMS dan telepon luar dan dalam negeri. Mengapa Google bisa menggratiskan SMS dan telepon, karena yang dipakai adalah jaringan internet, bukan jaringan yang saat ini dipakai provider. Sebenarnya ini sudah tidak asing karena saat ini kita sudah bisa menelepon dengan Line, BBM dan yang terbaru WhatsApp tanpa memotong pulsa Anda karena menggunakan data internet. SMS? Sudah banyak website saat ini yang menyediakannya secara gratis saat ini.

Fi merupakan Virtual Network Operator. Dengan kata lain tidak menggunakan SIM card, jadi perusahaan yang bekerja sama dengan Project Fi tentu tidak ada lagi yang memproduksi SIM Card bila semua ponsel menggunakan teknologi VNO. Ini juga akan mengurangi pemasukan provider lokal karena saat ini banyak sekali muncul SIM card khusus menelepon, internet, SMS atau yang lain.

 

Baca juga :

               Bersiaplah untuk Kehadiran Smartphone Android Bermerek Google

               5 Fakta Seputar Asus G752 yang Harus Diketahui Sebelum Membelinya

 

Apa Keuntungannya dan Kerugiannya bagi Konsumen?

Hampir tidak ada kerugiannya bagi konsumen apalagi bila kita berbicara masalah harga. Sebagai perbandingan. Di Amerika Serikat, untuk membeli paket data 1GB plus SMS dan telepon rata-rata sebesar 50 USD. Project Fi menawarkan 30 USD untuk paket 1GB plus SMS dan telepon. Ada pengurangan sekitar 40 persen. Paket data di Indonesia sekitar Rp20 ribu per GB (rata-rata untuk provider terkemuka), jadi setelah bekerja sama dengan Fi makan kemungkinan harganya menjadi Rp12 ribu per GB.

Selain masalah harga, konsumen akan mendapat jaringan internet yang lebih stabil usai kerja sama Google dengan provider lokal di tambah WiFi gratis yang semakin tersebar luas.

Kerugian konsumen mungkin adalah mengenai isu privasi. Kita tahu, Google adalah perusahaan multi internasional dan kita tahu Amerika Serikat sering melakukan penyadapan pada masyarakatnya. Dengan menggunakan Project Fi, pemerintah Amerika Serikat akan lebih mudah memantau semua pengguna Android.

Kesimpulan

Sejak mulai menjadi raksasa internet, Google terus berupaya masuk ke sendi-sendi pengguna gadget. Di teknologi, apa yang tidak dipunyai Google? Mereka benar-benar ingin memonopoli semua yang berkaitan dengan teknologi terutama teknologi komunikasi. Project Fi akan memasukkan satu lagi tangan Google ke jaringan internet. Saat ini, mereka masih bekerja sama dengan provider, tetapi tidak menutup kemungkinan mereka akan mendirikan perusahaan provider sendiri dan bersaing dengan provider lain. Bila penggunaan Android semakin meluas, mereka bisa lebih mudah mengendalikan bisnis ini memanfaatkan ketergantungan orang-orang pada OS paling besar saat ini. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel