Begini Cara Memperbaiki WiFi Internet di OS Windows

20 Apr 2015 16:00 6170 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah cara memperbaiki WiFi di OS Windows  dengan sederhana untuk meningkatkan kecepatan internet di rumah atau dikantor Anda

Cara Memperbaiki Wifi-Terkadang sinyal WiFi naik turun atau malahan tidak tersambung. Sebenarnya apa yang membuat masalah ini terjadi di jaringan WiFi? Hard ware, software, sinyal, jaringan atau apa?

 

Masalah tentang Wi-Fi ini tentu sering kita hadapi. Bagi anda yang berhadapan dengan masalah ini, kami akan coba membantu cara memperbaiki WiFi, namun khusus untuk OS Windows saja.

 

 

 

Apa itu WiFi?

WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang artinya teknologi internet untuk bertukar data secara nirkabel (tanpa kabel) melalui jaringan radio termasuk jaringan internet. Jadi, walau hanya lokal tetap disebut WiFi. WiFi ini merupakan pengembangan dari Bluetooth dan infra red, bedanya pada kecepatan, jarak dan jumlah data yang bisa di bawa. Karena dia bekerja di udara maka gangguan bisa saja terjadi.

 

Tes Bandwidth dan kecepatan wireless anda

Apakah koneksi nirkabel anda lemah? Jika mengalami terputus-putus ini jelas masalah, tetapi anda perlu menguji bandwidth dan kecepatan koneksi internet anda untuk mengetahui penyebab putusnya jaringan.

  • Menguji bandwidth

Ada kemungkinan beberapa perangkat memakan bandwidth anda. Jika komputer atau perangkat lain berdekatan dengan router, sinyal kuat namun kecepatan rendah, ini mungkin masalahnya. Untuk mengetahui siapa yang memakan bandwidth anda bisa cek melalui router anda atau software seperti Capsa [http://www.colasoft.com/download/products/download_capsa_free.php].

  • Tingkatkan kecepatan internet

Ada hal-hal yang mungkin menghambat jaringan rumah anda. Misalnya, kualitas kabel dari router ke sumber internet mungkin buruk seperti terlalu panjang atau kualitas kabel yang anda gunakan. Kabel terbaik untuk koneksi internet adalah CAT-5E. Sebelum membuat perubahan untuk alat-alat nirkabel ada baiknya anda menguji kecepatan internet anda terlebih dahulu seperti menggunakan Speed Test [http://www.speedtest.net/] atau penguji lainnya. Ada banyak tips mempercepat internet yang bisa anda temukan di internet.

 

Baca juga :

                    Asus Hadirkan Seri Laptop Tipis Zenbook dengan Grafis Nvidia

                    Umur Ideal Penggunaan Ban dan Perawatannya

 

Memperbaiki koneksi wireless

  • Cek power setting

Bila anda bermasalah dengan power, Windows secara otomatis menurunkan daya bahkan saat anda mematikan koneksi wireless saat menggunakan baterai, komputer anda dalam mode sleep atau lainnya, ini bisa penyebab menurunnya kekuatan WiFi karena WiFi memerlukan daya yang cukup besar terutama untuk produk-produk mobile. Turunnya daya bisa mengakibatkan menurunnya kualitas hardware WiFi perangkat anda.

  • Update driver

Seperti biasa, driver sering sekali menjadi masalah. Untuk menyelesaikan masalah ini anda bisa menggunakan Windows Update atau secara manual menggantinya. Ada juga software yang bisa membantu anda menemukan update terbaru driver komputer dan juga firmware router anda. Untuk firmware router, anda bisa mengunjungi website resmi router. Bila mengupdate firmware biasanya bukan hanya masalah kecepatan internet yang bisa diselesaikan tetapi juga masalah-masalah lain yang mungkin ada pada router anda.

  • Gunakan router dual band

Produsen-produsen router sekarang melengkapi produk mereka dengan kemampuan dual band yang bisa mengatasi masalah jaringan nirkabel terutama ketika anda tinggal di perumahan yang rapat, biasanya router akan bersaing dengan router tetangga. Bila itu masalahnya dual band adalah solusi karena dia beroperasi di frekwensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Sayangnya, router dengan fitur dual-band lebih mahal dengan router biasa.

  • Ganti channel WiFi

Bila hardware tidak bermasalah, mengganti channel WiFi bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Untuk mengganti channel ini ada perlu masuk ke pengaturan router. Seperti sebuah saluran tv, WiFi juga punya saluran-saluran di udara dan kita bisa memilihnya. Anda bisa lihat, channel mana yang tidak banyak digunakan tetangga anda untuk mendapat channel yang tidak padat.

  • Apakah rumah anda punya area blind spot wireless?

Ini sering terjadi di dalam rumah dan sulit mengetahui apa penyebabnya, mungkin karena terhalang dinding, bertabrakan dengan sinyal lainnya atau memang tak terjangkau sinyal WiFi. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan WiFi extender atau mengubah posisi router.

  • Tingkatkan sinyal WiFi

Sinyal nirkabel dapat menurun karena berbagai alasan dan banyak perbaikan saat ini digunakan untuk mengatasi masalah ini. Untungnya ini tidak terjadi di semua orang, jadi jika beruntung cukup merestart router. Merestart router juga perlu dilakukan, paling tidak tiga atau empat kali satu minggu untuk menyegarkan kembali router atau anda sesekali perlu mengistirahatkan router agar tidak terlalu panas karena terus menyala.

Demikian sedikit teknik membenahi WiFi di Windows. Bila cara ini juga tidak ada yang berhasil memperbaiki koneksi internet anda, cobalah ganti routernya atau hubungi layanan ISP anda. [RIC]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel