Mouse Laptop Anda Rusak atau Tertinggal? Coba Aplikasi Ini!

22 Mar 2015 15:30 5841 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika mouse Anda rusak atau lupa membawanya saat bepergian, Anda tak perlu cemas lagi. Smartphone yang Anda pakai sekarang dapat dimanfaatkan sebagai mouse hanya dengan langkah mudah. Anda hanya perlu menginstall sebuah aplikasi dan melakukan pengaturan sederhana agar dapat menjadikan smartphone Anda sebagai mouse.

Sebuah perangkat komputer harus dilengkapi dengan mouse agar dapat digunakan. Begitu pula dengan laptop yang setiap saat mengalami inovasi dari segi hardware termasuk memperbaharui fungsi mouse sehingga lebih modern, simpel dan dapat dipakai dengan efisien. Maka demikian, komputer, laptop dan mouse menjadi satu kesatuan yang akan menunjang penggunanya.

Sekalipun teknologi mouse laptop atau touchpad semakin maju, namun banyak dari Anda yang lebih menyukai mouse konvensional yang terpisah dari perangkat. Hal ini memberikan kenyamanan pengguna terutama yang telah terbiasa menggunakan perangkat mouse yang terpisah dari perangkat, dihubungkan dengan kabel maupun wireless. Namun apa yang terjadi jika Anda tidak membawa mouse atau mouse yang Anda miliki rusak?

 

Manfaatkan Smartphone sebagai Mouse

Jika mouse Anda rusak atau lupa membawanya saat bepergian, Anda tak perlu cemas lagi. Smartphone yang Anda pakai sekarang dapat dimanfaatkan sebagai mouse hanya dengan langkah mudah. Anda hanya perlu menginstall sebuah aplikasi dan melakukan pengaturan sederhana agar dapat menjadikan smartphone Anda sebagai mouse.

Saat ini ada dua aplikasi yang populer digunakan oleh pengguna Android, iOS dan Windows Phone. Aplikasi tersebut adalah Remote Mouse dan Remote Control Collection. Untuk Anda yang bingung menggunakannya, berikut ini adalah tips sederhana untuk menjalankan kedua aplikasi tersebut.

 

Remote Mouse

Aplikasi Remote Mouse disediakan untuk pengguna Android, iOS (iPad, iPhone dan iPod) serta Windows Phone. Selain dapat difungsikan sebagai mouse wireless, aplikasi ini pun dapat dimanfaatkan menjadi keyboard. Yang paling menarik, Remote Mouse juga didukung dengan teknologi multi-gesture, remote control untuk mengatur music dan video yang dimainkan di dalam laptop juga dapat digunakan image viewer khusus untuk pengguna iOS.

Sedangkan dukungan perangkat laptop yang dapat menjalankan aplikasi ini adalah Windows XP keatas atau Mac 10.5 keatas. Yang paling penting, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis.

 

Baca juga :

                   7 Nama Ports Pada Laptop Beserta Fungsinya

                   Review Motherboard Asus B85 Trooper TUF Series

 

Remote Control Collection

Selain Remote Mouse ada juga aplikasi serupa bernama Remote Control Collection. Sangat disayangkan, aplikasi ini baru mendukung perangkat berbasis Android dan BlackBerry, tidak seperti Remote Mouse yang dapat dipakai di perangkat iOS dan Windows Phone.

Selain itu, Remote Control Collection juga baru mendukung perangkat berbasis Windows saja. Tapi secara keseluruhan, fungsi aplikasi ini sama percis dimana Anda dapat menjadikannya sebagai mouse wireless, keyboard dan mengatur konten multimedia yang dijalankan di laptop secara jarak jauh.

 

Cara Penggunaan

Pengoperasian dua aplikasi ini sangatlah mudah. Setelah Anda menginstallnya di perangkat smartphone, Anda dapat melanjutkan dengan menghubungkan smartphone dan laptop ke jaringan Hotspot Wi-Fi yang sama. Setelah IP teridentifikasi secara otomatis, Anda hanya tinggal mengetuk IP Anda untuk membuat smartphone dapat difungsikan sebagai mouse.

Untuk mengoperasikannya, Anda dapat menggunakan jari untuk menggerakkan kursor, satu ketukan untuk klik dan satu ketukan dua jari untuk klik kanan. Sedangkan untuk zooming, Anda dapat mencubit layar. Mudah, bukan?

 

Kesimpulan

Melalui adanya dua aplikasi diatas, kini Anda tidak perlu cemas lagi saat tidak membawa mouse atau terjadi kerusakan pada mouse. Namun perlu Anda perhatikan, aplikasi ini berjalan prima jika koneksi Wi-Fi di tempat Anda berjalan baik. Dengan demikian, Anda pun dapat mengoperasikan aplikasi ini dengan lancar dan siap bekerja kembali di depan laptop tercinta. Selamat mencoba! [ARD]

 

Link Website Remote Mouse

Link Website Remote Controll Collection

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel