Tutorial Membuat Aplikasi Smartwatch Android Wear untuk Pemula

20 Mar 2015 19:00 12044 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Untuk mengimbangi Android smartphone, Android Wear juga memberikan kesempatan yang sama luasnya untuk developer dalam mengembangkan aplikasinya. Pembuatan aplikasi Android Wear tentu akan menjadi lebih mudah bila anda memiliki kemampuan dalam menciptakan aplikasi Android. Namun, untuk yang baru ingin memulai, anda bisa mengikuti tutorial ini.

http://www.plimbi.com - Android Wear merupakan sistem Android yang dirancang khusus untuk produk aksesori yang diumumkan Google secara resmi pada tahun 2014. Saat ini sudah banyak produk di pasaran yang berjalan dengan OS Android Wear seperti Moto 360 dan Gear Live yang diproduksi Samsung. Namun aplikasinya masih sangat sedikit, kalah jauh dengan saudaranya di smartphone di Google Play. Padahal pengguna Android Wear untuk Smartwatch sudah sangat banyak saat ini. Mungkin yang menjadi kedala adalah belum banyak yang tahu cara membuat aplikasi Android Wear.

Untuk mengimbangi Android smartphone, Android Wear juga memberikan kesempatan yang sama luasnya untuk developer dalam mengembangkan aplikasinya. Pembuatan aplikasi Android Wear tentu akan menjadi lebih mudah bila anda memiliki kemampuan dalam menciptakan aplikasi Android. Namun, untuk yang baru ingin memulai, anda bisa mengikuti tutorial ini.

 

Android Wear

Android Wear adalah OS khusus Android untuk perangkat-perangkat  yang dipakai. Memang sekarang masih terbatas untuk Smartwatch, tetapi OS Android ini bisa digunakan untuk perangkat lain yang bisa dikenakan seperti gelang, kalung atau bahkan pakaian. Smartwatch dipilih karena produk ini memiliki daya beli yang cukup tinggi dibanding produk wearable lainnya. Namun sepertinya saat ini gelang sudah mulai diproduksi sebagian besar produsen teknologi.

 

Yang perlu disiapkan

  1. JDK: Alat development untuk bahasa pemrograman Java
  2. Android Studio – IDE untuk membuat aplikasi Android
  3. Android SDK – alat development untuk Android Development
  4. Android Virtual Device – emulator untuk menguji aplikasi

 

1.JDK

Aplikasi Android biasanya menggunakan bahasa pemrograman Java menggunakan Software Development Kit. Itu sebabnya kita perlu Android SDK yang bekerja dengan Java.

  1. Download Java SE Development  Kit (JDK) di sini [LINK]
  2. Klik download JDK dari bagian Java Platform, Standar Edition
  3. Instal JDK dengan pengaturan default

 

Baca juga :

                   5 Kelebihan ini Hanya Ada pada Samsung Galaxy S7

                   Ini 5 Ciri Anda Terlalu Banyak Konsumsi Gula Saat Puasa

 

2.Android Studio

Pada kesempatan ini kita menggunakan OS Windows. Untuk instalasi di Linux dan Mac anda bisa melihatnya di forum-forum Android. Anda dapat mendownloadnya di sini [http://developer.android.com/sdk/index.html]

 

Instalasi

  1. Download dan jalankan android-studi-bundle.exe dan kemudian klik next
  2. Biarkan pengaturannya secara default kemudian klik next
  3. Persetujuan dan klik next
  4. Pilih folder instalasi klik next
  5. Android SDK termasuk perangkat emulator Android. Jadi bisa menggunakan ini bila tidak memiliki Android Wear Watch. Emulator untuk Windows memerlukan instalasi Intel Hardware Accelerated Execution Manager (Intel HAXM). Di sini anda bisa menyesuaikan jumlah memory untuk HAXM. Kemudian klik Next.
  6. Pilih atau buat folder yang anda sukai untuk shortcut program
  7. Instalasi Android Studio dimulai. Waktu yang dihabiskan tergantung komputer Anda. Biasanya akan menghabiskan sekitar setengah jam. Kemudian klik Finish bila sudah selesai.

 

3.Membuat Proyek baru

Setelah peralatan di instal, kita akan mulai menciptakan aplikasi Android Wear pertama Anda. Lebih tepatnya, kita akan mempelajari salah satu sampel yang disediakan Google.

  1. Jalankan Android Studio dan Klik Option > Import an Android code Sample >
  2. Ketik Wear di kotak searching dan pilih > Skleton Wearable App > kemudian klik Next
  3. Pilih nama dan tempat proyek anda. Catatan, jangan ubah kecuali ada kata yang tidak valid. Kemudian klik Finish.
  4. Tunggu hingga proyek di download dan dibangun

Catatan: bila anda menemukan pesan error setelah build, berarti anda tidak memiliki versi terbaru alat mem-buildnya. Salah satu kegunaan Android Studio adalah dia bisa melakukan pekerjaan yang membantu. Klik Install and sync project. Proyek pertama Anda selesai. Selanjutnya menguji aplikasi.

 

4.Siapkan Android Wear Virtual Device (AVD)

  1. Klik Tools > Android > AVD Manager atau klik ikon jam tangan di jendelanya
  2. Klik Create Virtual Device dan setelah memilih kategori Wear di daftar pilih Square atau Round (pilihan untuk jam yang berbentuk kotak atau bulat). Klik Next.
  3. Pilih Versi Android Wear. Apakah KitKat, Lolipop atau yang lainnya.
  4. Sekarang Anda bisa mengubah nama AVD Anda, pilih layar atau firmware. Anda juga bisa mengaktifkan Store a snapshot for faster startup. Ini memungkinkan AVD manager untuk menyimpan system pada harddisk setelah selesai bekerja dengan emulator. Ini juga berguna untuk menjalankan emulator lebih cepat. Setelah selesai klik Finish.
  5. Emulator sukses di buat dan anda bisa menjalankannya

Jalankan aplikasi

Kita perlu mengatur parameter konfigurasi startup untuk aplikasi ini. Klik Edit Configuration dan pilih Wearable dan klik Run. Anda akan melihat daftar perangkat yang siap untuk aplikasi yang ingin di install. Pilih emulator yang kita buat di awal.

Setelah aplikasi dijalankan klik pada tombol Show Notification dan aplikasi harusnya menunjukkan sampel notifikasi. Sampel ini tidak disesuaikan untuk bentuk jam tangan. Anda harus menghindari ini ketika membuat aplikasi Android Wear.

 

Kesimpulan

Berikut dasar pembuatan aplikasi untuk Android Wearable. Dasar aplikasinya sama dengan Android biasa jadi sebaiknya anda tahu dahulu cara membuat aplikasi Android baru menguji pembuatan aplikasi Android Wear. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel