Microsoft Office Word - Fitur Tersembunyi untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

25 Mar 2015 16:00 7413 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Software Office yang satu ini pasti tidak asing lagi bagi pengguna Windows. User interface-nya yang bersahabat dan kemudahan yang ditawarkan membuat banyak orang kepincut pada program office buatan Microsoft ini. Banyak program serupa tapi tak sama dengan Microsoft Office Word, tetapi tidak bisa dipungkiri produk Microsoft ini menjadi tolak ukur dari hampir semua aplikasi office baik di PC atau pun di Android.

Mungkin orang sudah banyak tahu berbagai fitur yang disediakan Microsoft Office Word untuk membantu tugas-tugas pengetikan, tetapi Plimbi yakin masih banyak fitur yang belum anda ketahui. Fitur-fitur ini kecil, namun sangat berguna dalam membantu tugas anda. Atau anda sudah pernah melihatnya tetapi tidak mengetahui apa fungsi dan melewatkannya begitu saja. Sayang bila anda tidak memanfaatkan fitur-fitur tersebut karena fitur seperti ini akan memberikan kemudahan menggunakan Microsoft Office, ada pengalaman yang berbeda ketika menggunakannya.

Ada yang berpendapat kemampuan Microsoft Office yang benar-benar user-friendly sudahlah cukup ditambah fitur utama seperti penyimpanan ke cloud atau sinkronisasi melalui akun pribadi. Ternyata bila kita menelisik lebih dalam kita akan menemukan kemampuan Microsotf Office yang lebih dari kita bayangkan seperti Clippy atau Pilcrow. Ada juga fitur pengaturan outline, mengkonvert ke grafik, hidden text dan masih banyak lagi. Untuk orang-orang yang banyak menghabiskan waktu di depan Microsoft Office tentu hanya bisa mengetik saja tidak cukup. Dengan bantuan fitur-fitur ini, mudah-mudahan pekerjaan anda semakin dipermudah.

 

Microsoft Office Word

Software Office yang satu ini pasti tidak asing lagi bagi pengguna Windows. User interface-nya yang bersahabat dan kemudahan yang ditawarkan membuat banyak orang kepincut pada program office buatan Microsoft ini. Banyak program serupa tapi tak sama dengan Microsoft Office Word, tetapi tidak bisa dipungkiri produk Microsoft ini menjadi tolak ukur dari hampir semua aplikasi office baik di PC atau pun di Android.

 

Hilangkan gangguan visual

Mungkin ada terganggu dengan tampilan bar yang ada di bagian atas Office Word. Bar yang berisi segala fitur untuk mengetik dan membaca. Bila merasa terganggu, anda bisa menyembunyikan bar tersebut dan yang terlihat hanya lembar kerja anda atau dengan kata lain kita membuatnya menjadi full screen. Untuk melakukan ini sangat mudah, anda tinggal menekan tombol Ctrl + F1. Bar yang ada di bagian atas akan hilang dan tekan kembali Ctrl + F1 untuk mengembalikannya.

loading

Selain dengan cara tersebut, anda juga bisa menghilangkan bar di bagian atas untuk mendapat pengalaman membaca yang lebih baik dari menu Read Mode (untuk Office 2010 ke atas).

 

Mengorganisir dokumen dengan Outline View

Outline View berguna untuk memetakan ide utama dan menyelesaikan draft dengan cepat agar lebih produktif. Jika digunakan dengan tepat, anda bisa menggunakan Ouline View untuk meningkatkan produktivitas 50% dalam mengelola dokumen yang besar.

Navigasi ke View > Views pada Ribbon. Outline View membantu anda mengorganisasikan dokumen yang kompleks dengan penataan kembali blok teks dan sembilan level heading. Outline View menampilkan toolbar khusus untuk menampilkan atau menyembunyikan teks.

loading

 

Baca juga :

                   Cara Mengkonversi Dokumen Google Docs ke Microsoft Office

                   Review Zotac GTX 750 Ti: Graphic Card Entry Level Efisien Bertenaga

 

Mengkonvert Tabel ke Grafik

Bila dokumen anda tidak terlalu banyak mengandung tabel, mengeksekusinya di Excel bukan cara yang terbaik. Anda bisa menggunakan grafik di Office Word dan tidak akan mengurangi tampilan atau kegunaan grafik.

  1. Klik Insert di Ribbon
  2. Klik Object
  3. Pilih Microsoft Graph Chart

 

Translate

Pada Office 2013 ke atas, fitur translate di Office Word terus membaik walau tentu tidak sebaik Google Translate. Tetapi bisa mempermudah anda karena tidak perlu membuka browser atau software lain untuk menerjemahkan dokumen.

Untuk mengaksesnya ada bisa masuk ke menu Review. Dari tab Research anda bisa memilih berbagai bahasa yang tersedia termasuk Indonesia.

loading

 

Memeriksa dokumen

Ini berhubungan dengan masalah keamanan. Inspector Document berguna untuk memeriksa dokumen. Mungkin dari dokumen tersebut ada informasi yang perlu anda jaga. Ketika anda membuat dokumen atau mengeditnya, beberapa informasi mengenai perubahan tersebut akan otomatis di tambahkan. Jadi file asli anda bila di edit orang lain akan kelihatan dengan fitur ini.

loading

 

Untuk mengaksesnya masuk ke File > Prepare for Sharing > Chek for Isssues > Inspect Document. Melalui fitur ini anda bisa mengatur informasi apa saja yang akan muncul ketika ada yang mengedit atau menambah dokumen pada file Word anda. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel