Findgeek.com Portal Lowongan Kerja IT Indonesia

20 Jan 2015 09:00 8009 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Findgeek.com merupakan situs yang dikhususkan sebagai layanan atau informasi lowongan kerja di bidang IT. Inilah yang kemudian membedakan Findgeek.com dengan situs lowongan kerja lainnya. Dengan fokus pada bidang tertentu, Findgeek.com tentu akan memberikan informasi lebih tepat sasaran baik untuk para penyedia lowongan kerja maupun pada mereka yang mencari kerja.

http://www.plimbi.com - Kebutuhan lowongan kerja IT dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan. Apalagi di era teknologi ini, banyak perusahaan yang membutuhkan pegawai dengan latar belakang IT. Namun mereka yang mencari calon pekerja di bidang IT ternyata cukup kesulitan menemukan sumber daya yang pas. Padahal lulusan IT ada banyak jumlahnya di Indonesia.

Contoh perusahaan yang mengalami hal tersebut adalah PT Esphere Techno Corindo. Perusahaan ini mengalami kesulitan dalam mencari tenaga kerja IT. Kemudian, PT Esphere Techno Corindo membuat situs lowongan kerja IT yang bernama Findgeek.com untuk membantu perusahaan tersebut menemukan calon pekerja IT.  Setelah itu, Findgeek.com menjadi media bagi para perusahaan besar lainnya menemukan para pekerja IT dengan lebih mudah.

 

FINDGEEK, Website Lowongan Kerja IT

Findgeek.com merupakan situs yang dikhususkan sebagai layanan atau informasi lowongan kerja di bidang IT. Inilah yang kemudian membedakan Findgeek.com dengan situs lowongan kerja lainnya. Dengan fokus pada bidang tertentu, Findgeek.com tentu akan memberikan informasi lebih tepat sasaran baik untuk para penyedia lowongan kerja maupun pada mereka yang mencari kerja.

loading

Tampilan Halaman depan findgeek.com

 

Tampilan dan Navigasi

Situs yang berdiri pada tanggal 10 Juni 2014 ini hadir dengan tampilan yang responsif. Jadi, pengguna bisa lebih nyaman membuka situs ini baik dari PC, tablet, hingga smartphone. Load situsnya juga cukup cepat. Pengguna akan dimudahkan dalam mengakses berbagai hal karena navigasi yang ada di situs ini tidak rumit.  Selain itu pengguna juga bisa memilih penggunaan menu bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

loading

Fitur Web Responsive

 

Hal menarik lainnya adalah ketika pengguna mencari lowongan yang tersedia, pengguna tidak perlu mendaftar karena lowongan kerja IT yang ada pada website ini terbuka untuk publik. Namun jika pengguna ingin melamar satu pekerjaan, tentunya pengguna perlu mendaftar terlebih dahulu.

Cara daftarnya sangat mudah. Pengguna bisa daftar melalui menu pendaftaran yang ada di sudut kanan atas Findgeek.com. Selanjutnya isi berbagai form dengan memasukan nama, e-mail aktif, dan yang terakhir password. Jika pengguna punya akun LinkedIn, pengguna bisa langsung login karena Findgeek.com telah terintegrasi dengan situs jejaring sosial kalangan profesional tersebut.

loading

Form Pendaftaran di Findgeek.com

 

Kelebihan Findgeek.com

Findgeek.com memiliki banyak keunggulan yang membuat situs ini layak dijadikan referensi, baik itu untuk pencari kerja maupun perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja. Keunggulan tersebut salah satunya sudah bergabungnya ratusan perusahaan dan ratusan pencari kerja di situs ini. Tercatat, ada sekitar 204 perusahaan dan 417 pencari kerja (saat artikel ini ditulis) yang sudah tergabung di situs ini. Lowongan yang tersedia pun sudah lebih dari 500 lowongan dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Memang, jumlah tersebut masih tergolong kecil bila dibandingkan dengan situs lowongan kerja lainnya. Tapi ingat, situs lowongan kerja yang lain cakupannya lebih umum.  Cukup wajar jika situs tersebut memiliki pengguna yang lebih banyak.

Findgeek.com lebih fokus di bidang IT. Kekhususan inilah yang membuat Findgeek.com terbilang lebih unggul. Para pengguna yang ingin bekerja di bidang IT cukup mendaftar di Findgeek.com karena pengguna tidak akan terganggu dengan daftar lowongan yang tidak ada kaitannya dengan dunia IT.

loading

Screenshoot halaman lowongan kerja di Findgeek.com (1)

 

loading

Screenshoot halaman lowongan kerja di Findgeek.com (2)

 

Kelebihan lainnya adalah layanan yang bebas biaya alias gratis. Artinya pencari kerja dan penyedia lowongan kerja tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan layanan yang ada di situs ini sepeserpun.

Findgeek.com juga memudahkan penggunanya untuk mendaftar tanpa harus berbelit-belit dengan urusan administrasi. Artinya, para pencari kerja dan penyedia layanan kerja cukup daftar di situs ini tanpa harus berurusan dengan administrator berlebih dahulu.

Namun sistem filtering tetap berlaku di Findgeek.com, admin Findgeek.com tentunya akan selalu memonitoring iklan lowongan kerja yang ditampilkan di Findgeek.com. Jika memang iklan tersebut berhubungan dengan pekerjaan yang berkaitan dengan IT, maka iklan lowongan tersebut akan langsung ditampilkan di Findgeek.com.

 

Baca juga :

                    Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik Beserta Contohnya

                    Review Laptop Konvertibel Asus Vivobook Flip TP301UJ

 

Fitur-fitur Findgeek.com

Apa lagi yang membuat Findgeek.com berbeda dengan situs lowongan kerja lainnya? Perbedaan lainnya adalah soal fitur yang dimiliki situs ini. Situs yang menamakan dirinya sebagai portal lowongan kerja IT ini memiliki fitur pencarian online resume. Perlu diketahui, online resume adalah data para pencari kerja dalam bentuk online. Semacam CV berbentuk online yang disediakan oleh Findgeek.com. Nantinya, para pencari kerja akan lebih mudah menemukan calon pekerja yang tepat dengan melacak data online resume yang ada di Findgeek.com ini.

Hal ini juga menguntungkan para pencari kerja. Dengan fitur ini, para pencari kerja akan “dijemput bola” dan bukan “menjemput bola”. Untuk itu pula, jika para pencari kerja yang sudah terdaftar di Findgeek.com, diharapkan memberikan informasi yang jelas dan menunjukkan potensi terbaiknya di online resume. Tujuannya tentu untuk menarik minat penyedia lowongan kerja.

Sebagai informasi tambahan, di Findgeek.com para pencari kerja dan penyedia kerja bisa lebih mudah mendapatkan data informasi pengguna di Findgeek.com. Hal ini sebenarnya bisa menimbulkan kekhawatiran karena tidak semua orang mau memperlihatkan informasi dirinya secara lengkap ke publik. Karena itu, Findgeek.com menyediakan fitur pengaturan privasi. Fitur ini dapat digunakan oleh para pencari kerja atau penyedia kerja (dalam hal ini perusahaan) untuk menyembunyikan kontak informasinya.

Pengguna bisa mengatur hal ini di bagian pengaturan privasi. Hanya saja, sangat disarankan jika para pencari kerja mengatur informasinya untuk publik. Tujuannya  agar perusahaan atau para perekrut bisa lebih mudah menemukan online resume para pencari kerja.

Selain fitur online resume, Findgeek.com juga menyediakan fitur online portofolio. Fitur ini dihadirkan khusus bagi para pencari kerja untuk menunjukkan pengalaman serta kemampuan dirinya. Para pencari kerja bisa unjuk kemampuan dan potensi mereka dengan cara menampilkannya pada portofolio. Nantinya portofolio tersebut tinggal diunggah ke online portofolio. Perlu diingat, format portofolio yang diperbolehkan untuk diunggah adalah format JPG, JPEG, GIF, dan PNG.

loading

Dashboard pencari kerja – Fitur untuk menambahkan portofolio secara online

Dengan melakukan upload portofolio, tentunya para pencari kerja akan bisa mendapatkan pekerjaan lebih mudah. Para penyedia kerja pun dapat menilai pencari kerja berdasarkan track record yang ada di portofolio. Nantinya, online resume ini bisa menjadi tolak ukur diterima atau tidaknya seorang pencari kerja. Karena itu, buatlah online portofolio yang menarik yang bisa membuat para penyedia lowongan kerja percaya dan mau merekrut pencari kerja tersebut.

 

Rumahnya Para Profesional IT

Dari uraian diatas, tampak jelas bahwa Findgeek.com merupakan situs lowongan pekerjaan IT yang menarik dan berbeda bila dibandingkan dengan situs pekerjaan lainnya. Kemudahan mendaftar, pembuatan online resume yang tidak ribet, serta tersedianya lowongan pekerjaan khusus bidang IT akan membuat para pencari kerja dan penyedia lowongan kerja lebih mudah terhubung. Bahkan kedepannya,  para pencari kerja di Findgeek.com tidak hanya menemukan pekerjaan dalam bidang IT saja. Para pencari kerja ini nantinya bisa memperoleh informasi berupa artikel tutorial, dan juga project-project yang berkaitan dengan IT.

Karena itulah, Findgeek.com sangat pantas bila disebut sebagai rumahnya para profesional IT. Yuk, daftar di situs ini dan temukan pekerjaan idaman di dunia IT [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel