Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Android

4 Apr 2015 12:30 322418 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Menghapus aplikasi Android yang Anda install itu mudah, tetapi bagaimana bila Anda ingin menghapus aplikasi bawaan Android? Bagaimana bila Anda tidak menginginkan aplikasi yang disediakan produsen smartphone Anda? Menghapus aplikasi bawaan Android mungkin rumit tetapi bukan berarti tidak bisa.

Menghapus aplikasi Android yang Anda install itu mudah, tetapi bagaimana bila Anda ingin menghapus aplikasi bawaan Android? Bagaimana bila Anda tidak menginginkan aplikasi yang disediakan produsen smartphone Anda? Menghapus aplikasi bawaan Android mungkin rumit tetapi bukan berarti tidak bisa.

 

Mengapa Anda Ingin Menghapus Aplikasi Bawaan Android?

Sebelum menghapusnya, pertimbangkan terlebih dahulu mengapa Anda ingin menghapus aplikasi bawaan Android di ponsel Anda.

Misalnya, karena aplikasi tersebut membuat jelek tampilan di layar Anda. Kalau itu masalahnya Anda tinggal menghapusnya dengan cara drag ikon aplikasi tersebut ke kotak Remove di atas layar.

Pada masalah yang lain, aplikasi tersebut mungkin dianggap sebagai bloatware dan menguras daya ponsel Anda. Game bawaan mungkin cukup besar menghabiskan storage Anda, atau aplikasi yang membutuhkan internet yang terus menyedot data.

Aplikasi tersebut merekam atau meng-upload otomatis gambar atau video padahal Anda tidak ingin meng-uploadnya. Dan kemungkinan itu juga menghabiskan baterai ponsel Anda.

Sayangnya, menghapus aplikasi bawaan Android tidak semudah menghapus aplikasi biasa. Ini tergantung pada apakah Android Anda sudah di root atau belum.

 

UNTUK YANG BELUM DI ROOT

Untuk menghapus aplikasi bawaan Android bagi ponsel yang belum di root itu tidak mungkin, tetapi Anda dapat menonaktifkan mereka, atau di versi Android yang lebih lama, menyembunyikan yang tidak Anda inginkan.

Untuk Android sebelum KitKat, Anda bisa membuka app drawer, take menu kemudian pilih Hide Application, sebelumnya pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan kemudian take Done.

Untuk perangkat dengan KitkKat, masuk ke Setting> Device> Apps dan cari aplikasi yang ingin Anda hapus.

Pilih Force Stop kemudian Disable. Sekali lagi, ini tidak akan menghapus aplikasi bawaan Android, tetapi hanya berhenti bekerja pada ponsel Anda, dia tidak akan pernah terlihat lagi sampai Anda factory reset.

Sebenarnya ini bukan cara yang cukup bagus karena ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di nonaktifkan dengan cara ini. Kalau ini tidak memuaskan Anda, bisa menggunakan launcher yang berbeda.

Setiap aplikasi bisa dihapus pada launchers, tetapi ingat aplikasi bawaan tersebut akan tetap ada di ponsel Anda dan berjalan di background.

 

UNTUK YANG SUDAH DI ROOT

Untuk Anda yang sudah me-root ponsel, menghapus aplikasi bawaan Android sedikit lebih mudah.

NoBloat Free [LINK]

Ini adalah aplikasi yang bagus untuk menghapus aplikasi bawaan Android dan bloatware serta membuat backup-nya. Bila Anda menghapus aplikasi yang salah dan berpengaruh pada fitur ponsel Anda, aplikasi ini dapat membantunya.

Aplikasi ini juga memiliki versi premium seharga Rp 24.999, menawarkan beberapa fitur yang lebih baik seperti blacklisting sistem aplikasi.

 

 

Titanium Backup [LINK]

Boleh dibilang aplikasi pertama yang mungkin terpikirkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak diinginkan adalah Titanium Backup. Ini dapat mengatasi aplikasi yang ingin Anda campakkan baik dari Google Play atau bawaan.

Versi gratisnya memungkinkan Anda untuk mem-backup dan uninstall aplikasi. Versi berbayar Rp 77.999, versi ini memungkinkan Anda untuk mem-freez aplikasi dan banyak lagi.

 

System App Remover [LINK]

Dengan aplikasi ini sangat mudah untuk menghapus aplikasi bawaan Android dan juga memiliki fitur untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, fitur ini benar-benar berguna.

Walau terdapat iklan pada aplikasi ini, System App Remover adalah aplikasi yang paling cepat bila di bandingkan dengan dua aplikasi sebelumnya untuk menghapus aplikasi bawaan Android.

 

Selain aplikasi di atas Anda juga bisa menggunakan App Master [LINK] atau juga menggunakan custom ROM yang sering dijadikan pengguna Android untuk mengotak-atik ponselnya. [RIC]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel