Tips Hebat Menjaga Anak Anda agar Tetap Aman di Sosial Media

10 Jan 2015 12:00 4560 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anak-anak zaman sekarang kecerdasan pada sosial media cukup tinggi. Dari sebuah penelitian 80% anak usia belasan tahun menggunakan beberapa jenis sosial media dan mereka berbagi informasi pribadi yang terkadang berlebihan.

Anak-anak zaman sekarang kecerdasan pada sosial media cukup tinggi. Dari sebuah penelitian 80% anak usia belasan tahun menggunakan beberapa jenis sosial media dan mereka berbagi informasi pribadi yang terkadang berlebihan.

Selain itu yang paling mengkhawatirkan saat ini adalah pem-bulli-an di media sosial. Pembulian di media sosial sering berakibat fatal untuk Anak-anak bahkan sampai ada yang bunuh diri karena pembulian di jejaring sosial. Atau yang paling dekat dengan kita mungkin adalah penculikan. Anda perlu tips sosial media untuk bisa mengatasi ini semua. Anda perlu pengawasan penggunaan media sosial anak Anda untuk menghindari dampak negatif ini karena sosial media tidak selalu buruk untuk Anak-anak.

 

PELAJARI MENGENAI SOSIAL MEDIA

Tips sosial media yang satu ini menjadi dasar Anda untuk menghindari anak-anak dari dampak negatifnya. Sekarang begitu banyak sosial media yang bertebaran di internet, begitu banyak pula yang memiliki konten yang sangat buruk untuk anak-anak, kita perlu tips sosial media agar anak kita terhindar dari dampak buruknya. Pengguna sosial media yang membludak membuat Filtering sangat sulit. Berikut sosial media yang cukup populer di dunia maya dan sering digunakan anak-anak di bawah umur.

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Snapchat
  • Vine
  • YouTube
  • Tumblr
  • Secret
  • Whisper

Sosial media di atas benar-benar sulit mengendalikan kontennya karena penggunanya begitu banyak. Anda harus tips sosial media dengan menunjukkan alternatif sosial media lainnya yang lebih berpengaruh positif bagi anak-anak seperti Plimbi.

 

BATAS USIA

 

Bila Anda melarang anak-anak Anda menggunakan sosial media dengan alasan usianya belum cukup, tips sosial media seperti itu bukan cara yang baik. Mereka harus tahu kapan mereka bisa menggunakan sosial media.

Ketika mereka merasa sesuatu tidak akan bisa dia lakukan, mereka cenderung membuatnya sendiri tanpa sepengetahuan Anda” kata Mark Loewen, pelatih menjadi orang tua dan pemilik konseling Anak-Orang tua.

Ketika memutuskan umur berapa anak Anda menggunakan sosial media, tips sosial media yang perlu Anda ingat kebanyakan media sosial mengharuskan pengguna berusia 13 tahun atau lebih. Children's Online Privacy Protection Act (COPPA) melarang sosial media mengumpulkan informasi pribadi anak di bawah usia 13 tahun tanpa izin orang tua.

 

Baca juga :

               Karena Putus Cinta Pria Ini posting Foto Dirinya Sambil Menangis

               Tahu Boneka Penangkal Hujan dari Jepang? Ternyata Asalnya bukan dari Jepang

 

PASTIKAN KOMPUTER DI TEMPAT YANG MUDAH DIPANTAU

Tips sosial media lainnya, tempatkan komputer di area terbuka di dalam rumah Anda, atau di tempat yang mudah memantaunya. Meletakkan komputer di dalam kamar anak bukan tips sosial media yang benar karena orang tua tidak akan bisa terus memantau kegiatan anak di depan komputer.

Sebuah penelitian mengatakan, anak-anak cenderung tidak melakukan tindakan yang tidak baik bila mereka tahu orang tuanya sedang mengawasi bahkan bila hanya melihat punggung orang tuanya. Di ruang tengah atau dekat dengan ruang menonton adalah lokasi yang tepat.

 

BUAT PEDOMAN ATAU ATURAN

Tips sosial media berikutnya adalah membuat pedoman atau aturan merupakan tips media sosial yang bagus untuk menanamkan kebiasaan positif pada anak-anak. Misalnya menetapkan batas waktu berapa lama anak-anak boleh menggunakan media sosial selama seminggu. Anda juga bisa mengatur waktu online bersama-sama untuk berlatih secara aman di sosial media.

 

LIHAT PRIVACY SETTING ANAK ANDA

 

snapchat_settings.jpg

 

Hampir di semua smartphone atau komputer memiliki pengaturan khusus untuk anak. Anda bisa memanfaatkan itu untuk tips sosial media untuk anak. Misalnya, Anda bisa membuat akun di komputer khusus untuk Anak Anda, bahkan saat ini Anda juga bisa melakukan itu di smartphone.[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel