Nge-Hack Lewat Flashdisk? Ini Dia Caranya

27 Mar 2015 09:00 20296 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kemampuan para Hacker semakin canggih. Mereka bisa merubah Flashdisk biasa menjadi salah satu cara Hack yang ampuh. Flashdisk tersebut atau yang lebih dikenal dengan nama BadUSB bisa berubah menjadi Keyboard virtual yang memerintahkan komputer Anda bila terhubung dengan alat tersebut.

Kemampuan para Hacker semakin canggih. Mereka bisa merubah Flashdisk biasa menjadi salah satu cara Hack yang ampuh. Flashdisk tersebut atau yang lebih dikenal dengan nama BadUSB bisa berubah menjadi Keyboard virtual yang memerintahkan komputer Anda bila terhubung dengan alat tersebut. Dia bisa mengetikkan perintah-perintah berbahaya untuk komputer korbannya.

 

Baca juga :

               Cara Mencegah Laptop Terinfeksi Virus

               Review HP Envy 17-6700HQ: Touchcreen 17 Inci dengan Performa Kencang

 

BAGAIMANA CARA KERJANYA?

BadUSB tidak memiliki perbedaan dengan Flashdisk biasa. Cara Hack menggunakan flashdisk ini, mereka menyisipkan Micro-Controller pada perangkat tak bersalah tersebut. Dengan Controller tersebut Anda bisa mengubah menjadi yang lebih berkekuatan seperti Keyboard atau Network Card. Flashdsik tersebut bisa menjalankan perintah atau bahkan program jahat tanpa kita ketahui.

Masalah ini diperburuk karena antivirus tidak bisa mengakses Firmware yang berjalan pada Flashdisk tersebut. Jadi antivirus sama sekali tidak membantu. Salah satu pakar IT, Adam Caudil memberikan penjelasan mengenai hal ini.

“Ketika orang melihat sebuah Flashdisk mereka tidak akan merasa perangkat tersebut tidak lebih dari sebuah alat menyimpan data. Itu pandangan sederhana. Ini cara hack yang efektif, semua komputer bisa diprogram menjadi apapun.

<style type="text/css">.embed-container { position: relative; padding-bottom: 56.25%; height: 0; overflow: hidden; max-width: 100%; height: auto; } .embed-container iframe, .embed-container object, .embed-container embed { position: absolute; top: 0; left: 0; width: 100%; height: 100%; } </style>

BAHAYANYA

Kode tersebut mudah didapatkan dan ada di GitHub, namun tidak sesederhana itu. Perlu keahlian khusus untuk bisa menggunakan cara Hack tersebut. Dengan cara Hack seperti ini, komputer korban bisa dioperasikan dengan perintah keyboard yang sudah direkam oleh pengguna. Jadi, data dan informasi yang ada di komputer Anda dengan mudah dapat di curi. Selain itu, cara Hack juga bisa menjadi Network Card. Dia bisa memotong jalur internet Anda dan melihat lalu lintas internet Anda. Jadi Password akun Online atau informasi Online lainnya bisa didapatkan melalui alat ini.

 

APA YANG BISA KITA LAKUKAN?

Tidak mudah cara Hack menggunakan Flashdisk ini dan juga tidak mudah Anda dapat membedakan Flashdsik yang sudah terinveksi cara Hack seperti ini. Yang lebih membuatnya meyakinkan, File yang ada di Flashdsik tersebut juga tidak terinveksi, jadi Software pengaman atau antivirus tidak akan menandainya sebagai virus saat anda colokkan ke komputer.

Berikut yang disarankan ahli-ahli pengamanan agar terhindar dari cara hack flashdisk ini:

  • Hanya mencolokkan USB yang Anda percayai saja
  • Jangan membeli Flashdisk Second karena berpotensi telah disisipi Software berbahaya
  • Jangan pernah meninggalkan komputer atau perangkat Mobile tanpa pengawasan

 

DI KANTOR

Ini yang agak riskan karena Flashdisk sering menjadi alat untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Ini tentu sangat berbahaya untuk sebuah perusahaan karena komputer yang ada di perusahaan tersebut menyimpan data-data rahasia yang mungkin bila ketahuan akan berakibat buruk pada perusahaan tersebut.

Untuk menanggulanginya cara Hack ini, administrator komputer di kantor bisa mengunci port USB pada Windows 7 dan 8 PC. Mereka bisa menggunakan Software seperti Symantec Endpoint Protection, Safend Protector, Sophos Endpoint Security and Data Protection dan Skyrecon StormShield Endpoint Security. Ini bisa mencegah cara hack seperti ini.

Karena kekhawatiran perusahaan akan cara Hack seperti ini, banyak perusahaan yang lebih memilih menyimpan di Cloud.

 

KESIMPULAN

Bila cara Hack Flashdsik seperti ini masuk ke komputer Anda masih bisa diselamatkan bila yang dibawanya adalah virus. Namun tetap, antivirus apapun belum bisa mendeteksi alat ini. Bila penggunanya ingin mencemari komputer Anda dengan virus melalui cara Hack seperti ini, anti virus Anda tetap bekerja mem-Blok virus dan Flashdisk tersebut. Namun kalau dia mengkostumize alat tersebut dan menyisipkan perintah Keyboard dan Net Card, komputer Anda tidak bisa selamat.[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel