Sering Lupa Password atau Dibobol Orang Ini Cara Mengatasinya

6 Mar 2015 15:00 6595 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Password sangat penting untuk kita yang sering menggunakan layanan internet. Sudah tidak terhitung lagi berapa orang yang lupa password akun atau lebih buruk passwordnya di bobol orang lain. Sebenarnya, sulit untuk mengetahui password atau lupa pada password Anda bila Anda memberikan keamanan yang lebih.

Password sangat penting untuk kita yang sering menggunakan layanan internet. Sudah tidak terhitung lagi berapa orang yang lupa password akun atau lebih buruk passwordnya di bobol orang lain. Sebenarnya, sulit untuk mengetahui password atau lupa pada password Anda bila Anda memberikan keamanan yang lebih. Misalnya mengetikkan password ketika orang lain tidak ada, atau membuat password yang rumit. Namun, ini semua bisa tetap dibobol bila komputer yang Anda gunakan memiliki software seperti keylogger. Pastikan dikomputer yang Anda gunakan tidak ada keyloggernya.

Sayangnya, kalau kita membuat password yang rumit kita mudah lupa password tersebut. itu mungkin dulu, ketika Anda belum tahu ada pembuat password dan pasti akan membantu Anda tidak lupa password. Berikut beberapa tips yang bisa Plimbi berikan agar Anda tidak lupa password dan membuat password yang lebih kuat.

 

LIRIK LAGU ANAK-ANAK

Salah satu cara pembuatan password dan agar Anda tidak lupa password adalah lirik lagu anak-anak. Ini akan membuat password yang kompleks dan melewati semua persyaratan IT Support yang ada. Bahkan bila sebuah layanan meminta untuk membuat 15 karakter, dengan lirik lagu akan lebih mudah.

Pilih lirik lagu anak-anak yang paling Anda sukai. Anda bisa membuat password dari setiap huruf depan lirik lagu tersebut. Belum cukup? Anda bisa mengganti beberapa huruf dengan angka yang identik. Misalnya “s” menjadi “5”, “t” menjadi “7” dan lainnya. Misalnya naik-naik ke puncak gunung:

Naik-naik ke puncak gunung, tinggi-tinggi sekali. Kiri kanan kulihat saja, banyak pohon cemara.

Menjadi “nnkpgttskkksbpc”

Huruf-huruf yang identik dengan angka bisa Anda rubah menjadi “nnkp6775kksbpc” tentu ini akan menghindari Anda lupa password.

 

POTONGAN LAGU ATAU FILM

Cara agar tidak lupa password dan lebih aman ini sama dengan yang di atas namun sepertinya film dan lagu modern akan lebih sulit untuk ditebak dan juga menghindari Anda dari lupa password. Kalau lagu anak-anak sangat sedikit jumlahnya dan pasti hampir dari kita semua tau lagu anak-anak.

Untuk lebih aman dan sulit ditebak, Anda bisa mengubah “s” menjadi “4” atau ”6” karena mungkin “s” sudah sering diganti “5”. Gunakan logika yang sama untuk huruf-huruf lainnya. Ini akan membantu Anda lupa password sekaligus memberikan password yang lebih aman.

 

Baca juga :

               Akhir Tahun 2016, Password akan Dihilangkan dari Perangkat Android

               Review Zotac GTX 750 Ti: Graphic Card Entry Level Efisien Bertenaga

 

GUNAKAN ISITILAH YANG AKRAB DENGAN ANDA

Cara ini juga seharusnya tidak akan membuat Anda lupa password karena sehari-hari Anda berkutat dengannya. Misalnya Anda seorang dokter atau perawat. Gunakan istilah kedokteran yang mungkin masih awam bagi orang lain. Misalnya:

“Koarktasio aorta merupakan defek dengan penyempitan aorta lokalisata”

Bisa Anda rubah menjadi “kamddpal” atau bila ingin menggabungkannya dengan angka “k4mddp41”

 

TANGGAL PERTEMUAN

Ini yang paling sering digunakan orang dalam membuat password karena akan menghindari lupa password, tanggal. Tetapi saran Plimbi jangan buat tanggal Anda lahir, itu tentu banyak orang yang mengetahuinya. Buatlah password dari pertama kali Anda masuk sekolah, pacaran pertama kali, masuk rumah baru atau apapun yang kemungkinan orang tidak terlalu peduli akan hal tersebut.

Itu saja belum cukup, Anda perlu sedikit improvisasi dengan tanggal tersebut agar tidak lupa password. Ubah huruf yang identik dengan angka atau sebaliknya, tambahkan tanda baca atau karakter spesial. Misalnya, “170845_010588_161214” password gabungan dari beberapa tanggal. Belum puas, improve sedikit “lt0845_0l0s&&_l6i214!#”. Tentu ini akan lebih sulit ditebak dan Anda sulit lupa password nya.

 

GUNAKAN PASSWORD YANG MEMBENTUK POLA DI KEYBOARD

Anda bisa membuat password dengan membentuk sebuah pola di keyboard Anda. Misalnya huruf “M”, tanda panah atau pola lainnya. Ini akan membantu Anda agar tidak lupa password dan sulit untuk ditebak.

 

Pola keyboard di atas membentuk password “3waxcvgy7890-=”. Ini akan sangat membantu Anda yang suka lupa password.

 

MENGGUNAKAN ALAT KHUSUS PASSWORD

Ini mungkin yang paling aman agar tidak lupa password dan membuat password yang kuat. Anda hanya perlu mengingat satu password saja untuk mendapatkan semua password berbeda dari akun-akun Anda. Malahan saat ini, ada alat yang bisa di integrasikan dengan semua akun Anda dan berubah terus dengan interval yang ditentukan. Jadi Anda tidak perlu takut lupa password. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel