Tips Cara Menghapus Akun Twitter dan akun Online lainnya

10 Jan 2015 13:00 6855 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mau menutup akun Twitter atau akun lainnya? Tunggu ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelum menghapusnya. Anda perlu tahu cara menghapus akun Twitter atau jejaring sosial lainnya agar nantinya tidak ada penyesalan. Entah itu Anda men-sinkronasi akun tersebut ke ke akun lain, ada data yang ternyata dibutuhkan dan lain sebagainya.

Mau menutup akun Twitter atau akun lainnya? Tunggu ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelum menghapusnya. Anda perlu tahu cara menghapus akun Twitter atau jejaring sosial lainnya agar nantinya tidak ada penyesalan. Entah itu Anda men-sinkronasi akun tersebut ke ke akun lain, ada data yang ternyata dibutuhkan dan lain sebagainya.

 

PERIKSA KETERKAITAN AKUN

Banyak layanan yang memungkinkan Anda masuk atau daftar menggunakan akun Google, Twitter atau Facebook dan cara seperti ini makin populer saat ini. Kita juga merasa lebih mudah bila mendaftar menggunakan akun jejaring sosial karena tidak perlu lagi mengisi email atau kolom-kolom nama, hobby, password dan lainnya. Misalnya, untuk membuat akun di Medium, sebuah platform publishing, Anda memerlukan akun Twitter atau Facebook. Bila sudah begini Anda perlu tahu cara menghapus akun Twitter dan Facebook yang benar.

medium-signup-form.png

Ada juga layanan yang memang bisa menggabungkan beberapa akun online Anda menampilkannya di dashboard tunggal. Salah satu yang paling terkenal adalah IFTTT. Anda dapat menggunakan IFTTT untuk mengirim notifikasi dari blog ke Facebook, sinkron data dari Dropbox ke Google Drive dan lain-lain. Ada cara menghapus akun Twitter dan lainnya kalau sudah terintegrasi seperti ini.

Bila sudah begini cara menghapus akun Twitter, Facebook atau jejaring sosial lainnya tidak hanya tekan delete saja. Jika Anda menghapus Twiitter, Anda tidak akan lagi bisa menggunakan Medium. Jika Anda menghapus IFTTT Anda tidak akan mendapat update di Facebook/Google Drive secara otomatis kecuali memiliki alternatif lainnya.

IFTTT-Dropbox-Google-sync.png

Bila Anda menghubungkan aplikasi eksternal dan widget ke akun online, Anda akan diminta untuk perizinan membaca atau modifikasi. Cara menghapus akun Twitter dan jejaring sosial lainnya adalah putuskan link add-on tersebut dengan mencabut izin aplikasi agar akses ke data Anda terputus.

twitter-app-permissions.png

 

TAHAN DATA ANDA

Ketika Anda mendaftar ke sebuah layanan, Anda tidak akan berfikir dua kali men-upload data untuknya. Foto, video, musik, dokumen dan lain sebagainya. Semua itu akan disimpan pada server mereka. Setelah Anda menghapus akun tersebut, data-data tersebut akan hilang di udara dan tak jarang merasa ingin mengembalikannya. Karena itu Anda perlu tahu cara menghapus akun Twitter dan jejaring sosial lainnya yang benar.

twitter-request-archive.png

Sebelum Anda menghapus akun online, download-lah terlebih dahulu file-file yang sekiranya penting buat Anda agar tidak menyesal nantinya. Bila Anda tidak memerlukan data atau file di dalam akun tersebut sebaiknya hapus dahulu sebelum menutup akun Anda. Itu cara menghapus akun Twitter dan jejaring sosial yang benar.

 

Baca juga :

                Begini Cara Mengelola Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi Task Killer!

                5 Tips dan Trick Google Play yang Perlu Diketahui Pengguna Android

 

UBAH DETAIL AKUN ANDA

Cara menghapus akun Twitter atau akun lainnya lainnya yang perlu adalah ubah data-data yang ada di akun tersebut seperti nama atau email. Biasanya, sebuah layanan tidak menghapus secara keseluruhan data akun Anda, mereka mengunci nama dan data lain yang digunakan.

Misalnya Anda menghapus akun Twitter kemudian ingin membuat akun dengan nama yang sama atau email yang sama. Karena akun yang sebelumnya belum Anda ubah, Anda tidak bisa membuat dengan nama atau email tersebut. Cara menghapus akun Twitter dan layanan online lainnya seperti ini kurang tepat.

 

PERIKSA SUBSCRIBE YANG MASIH AKTIF

Di beberapa kasus, walau Anda  telah menghapus akun online Anda notifikasi tetap muncul di email Anda. Ini tentu sangat mengganggu, apalagi Anda ingin menggunakan email tersebut di layanan yang sama, itu akan membuat Anda bingung.

Jadi, cara menghapus akun Twitter dan akun online lainnya yang tepat, Anda harus men-unsubscribe notifikasi akun tersebut di email Anda. Ini juga bisa menjadi salah satu cara agar email tersebut masih bisa digunakan di layanan yang sama.

Bila cara menghapus akun Twitter dan akun online lainnya ini telah Anda terapkan mudah-mudahan tidak akan ada lagi penyesalan di kemudian hari. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel