Tujuh Blog yang Harus Dibaca Jika Anda Seorang Programmer

25 Aug 2014 11:30 2474 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika anda ingin sukses sebagai seorang programmer, anda harus melibatkan diri dalam budaya belajar pemrograman. Bidang pemrograman begitu luas dan ada begitu banyak informasi yang bisa diserap. Blog adalah salah satu media yang mudah diakses saat anda ingin belajar pemrograman.

Sekarang anda dapat menginstal aplikasi Firefox OS pada Android. Firefox untuk Android mendukung “Open Web Apps” Mozilla, yang memungkinkan anda menginstal dan menjalankan aplikasi Firefox OS secara langsung pada perangkat Android. Firefox Marketplace sekarang berfungsi sebagai App Store alternatif untuk Android, seperti Amazon App Store.

 

APAKAH FIREFOX OS?

Mozilla ingin mengganti aplikasi smartphone bawaan dengan aplikasi Web Cross-Platform. Anda akan bisa membeli aplikasi dari MarketPlace Firefox OS atau app store pihak ketiga. Aplikasi ini kemudian akan berjalan pada Firefox OS, Android dan idealnya setiap platform lain. Aplikasi anda tidak akan diikat ke satu platform, sehingga anda dapat tetap menggunakannya bahkan jika anda beralih dari Android ke platform lain.

Firefox OS adalah semua tentang web. Aplikasi Firefox OS sebenarnya adalah aplikasi web, namun ia ditulis khusus untuk Firefox dan menggunakan API baru Firefox untuk mengakses dialer, sensor perangkat, dan fitur lainnya. Mozilla menyediakan aplikasi Firefox untuk Android, dan aplikasi Firefox ini menggunakan mesin rendering Gecko dari Mozilla. Karena Firefox untuk Android dan Firefox OS dibangun pada teknologi yang sama, aplikasi Firefox OS sekarang akan bekerja pada Android melalui browser Firefox. Apple tidak memungkinkan pengembang untuk membuat mesin browser mereka sendiri, sehingga hal ini tidak dimungkinkan pada iPhone dan iPad. Mereka juga dapat dijalankan pada PC melalui Firefox OS Simulator.

Ini adalah visi jangka panjang Mozilla. Sementara itu, Firefox OS belum dilepas. Mozilla jelas berharap bahwa platform yang tersedia bagi pengguna Android ini akan mendorong pengembang untuk menciptakan lebih banyak Open Web Apps.

 

CARA MENGINSTAL APLIKASI FIREFOX OS PADA ANDROID

Pertama, anda membutuhkan versi terbaru Firefox untuk Android terinstal pada perangkat anda. Anda bisa mendownloadnya dari Google Play Store.

Jika anda memiliki perangkat Android tanpa Google Play Store, anda dapat mengunduh file APK Firefox secara langsung dari server FTP Mozilla. Anda harus menjaga Firefox tetap update pada perangkat anda untuk melakukan ini, download file baru APK Firefox secara teratur dan install pada perangkat anda.

Dalam pengaturan android, anda harus mengaktifkan kotak centang “Unknown Sources” untuk menginstal aplikasi dari Firefox Marketplace. Jika tidak, anda akan melihat pesan “Install blocked”. Buka aplikasi Settings Android, tap Security, dan centang “Unknown Sources”.

Pilihan ini memungkinkan anda menginstal aplikasi dari luar Google Play, misalnya dari Amazon App Store, Firefox Marketplace, atau langsung dari situs pengembang. Hati-hati saat menggunakannya. Jangan menginstal aplikasi bajakan atau anda bisa terinfeksi malware. Sebagian besar malware Android berasal dari luar Google Play Store.

Setelah mengaktifkan pengaturan, sekarang anda bisa menelusuri store, memilih aplikasi, dan menginstalnya. Anda akan melihat layar instalasi aplikasi Android yang biasa ketika anda men-tap “Free” atau harga aplikasi untuk menginstalnya.

 

Baca juga :

               4 Tips Membuat Evernote Semakin Berguna

               7 Nama Ports Pada Laptop Beserta Fungsinya

 

MENGGUNAKAN APLIKASI FIREFOX OS DI ANDROID

Aplikasi ini tampaknya berjalan secara independen dari Firefox. Anda akan melihat ikon di laci aplikasi, dan anda dapat menempatkan shortcut langsung ke aplikasi pada Homescreen. Buka aplikasi dan ia akan berjalan dalam mode layar penuh. Ini sama seperti cara aplikasi web berjalan di Firefox OS.

Aplikasi ini menggunakan Firefox di latar belakang. Jika anda meng-uninstal Firefox dari Android dan berusaha menginstal aplikasi Firefox OS, anda akan dibawa langsung ke Google Play sehingga anda dapat menginstal ulang Firefox untuk Android. Karena aplikasi ini tidak akan berjalan tanpa menginstal Firefox.

Open Web Apps bahkan mendapatkan entri sendiri dalam interface multitasking Android, sehingga mereka tidak berantakan di tab browser Firefox.

 

BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Fitur ini sangat mengagumkan. Anda akan mendapatkan akses ke App Store yang penuh dengan aplikasi web mengagumkan yang bekerja di seluruh platform, sehingga anda bisa mendapatkan aplikasi dari sana. Aplikasi anda kemudian bisa mengikuti anda dari platform ke platform, sehingga anda bisa dengan mudah berpindah antara Firefox OS dan Android tanpa kehilangan aplikasi anda.

Sebenarnya sangat sedikit aplikasi yang tersedia di pasar MarketPlace Firefox OS. Beberapa aplikasi yang tersedia, seperti Twitter, pada dasarnya hanyalah aplikasi web. Aplikasi Twitter bawaan untuk Android menawarkan pengalaman yang lebih baik. Aplikasi Firefox juga mengandalkan teknologi web, dan teknologi tersebut tidak sematang pada platform Mobile – aplikasi bawaan akan memberikan anda kinerja yang lebih baik. Firefox masih terasa lebih lambat dari Chrome pada Android.

 

VIDEO PENGENALAN

KESIMPULAN

Ini adalah ide yang dan konsep yang hebat. Jika Firefox OS sukses, ini bahkan bisa menjadi fitur yang luar biasa suatu hari nanti. Untuk sekarang, ini adalah sekilas tentang sejauh mana pemilihan aplikasi Firefox OS. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel