Z Device Test : Cara Mudah Test Kondisi Hardware Android

2 Apr 2015 19:00 19249 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Test Hardware Android dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai spesifikasi asli yang ada di dalamnya karena sekarang banyak sekali brand yang melakukan kecurangan dengan memalsukan spesifikasi yang dipakai.

Siapa tidak kenal perangkat Android? Perangkat yang menggunakan sistem operasi buatan Google ini begitu diminati banyak orang sehingga penjualan perangkat ini pun selalu diserbu penggila gadget. Sebelum membelinya, dipastikan Anda melakukan Test Hardware Android. 

Test hardware Android dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai spesifikasi asli yang ada di dalamnya karena sekarang banyak sekali brand yang melakukan kecurangan dengan memalsukan spesifikasi yang dipakai. Selain itu, test hardware Android juga bisa dipakai untuk mengecek kerusakan perangkat terutama Anda yang membeli produk Second. Simak cara sederhana Test Hardware Android pada ulasan di bawah ini.

Cara paling mudah dan sederhana untuk Test Hardware Android adalah melalui sebuah aplikasi. Salah satu aplikasi untuk Test Hardware Android yang bisa Anda pakai adalah Z Device Test yang dapat ditemukan di dalam Google Play Store. Memang banyak sekali developer yang membuat sebuah aplikasi untuk digunakan Anda yang ingin melakukan Test Hardware Android. Tapi, aplikasi ini dinilai lebih bisa diandalkan karena dapat memberikan informasi yang lengkap dan akurat sehingga cukup bisa Anda percaya.

 

KAMERA

Di dalam aplikasi Test Hardware Android ini, Anda bisa melakukan pengecekan kamera yang ada di dalam perangkat. Melalui salah satu fitur dalam Z Device Test, Anda bisa mengecek kamera belakang mulai dari besaran piksel yang didukung kamera tersebut sampai fitur apa saja yang disematkan pada kamera belakang. Selain itu, Anda juga bisa mengecek kamera depan mulai dari ukuran sampai kualitasnya. Tapi jika perangkat smartphone atau tablet Anda tidak dilengkapi fitur kamera, Anda bisa melewat pengecekan ini.

 

Test hardware Android 

Test hardware Android Test hardware Android Test hardware Android

 

GPS

Anda pun bisa melakukan pengecekan GPS menggunakan aplikasi Test Hardware Android, Z Device Test ini. Anda bisa mengecek status GPS, tingkat akurasi penguncian sebuah lokasi dan menguji bagaimana akurasi GPS yang tertanam pada perangkat Android Anda.

 

Wi-Fi

Selain GPS, Anda bisa mengecek juga kualitas Wi-Fi dalam perangkat Anda. Status Wi-Fi bisa dilakukan pengujian melalui fitur dalam Z Device Test ini. Selain itu, terlihat juga informasi mengenai status jaringan Wi-Fi yang sedang digunakan.

 

Baca juga :

               Update Besar telah Tiba untuk Tablet Nvidia Shield K1

               4 Tips Membuat Evernote Semakin Berguna

 

BLUETOOTH

Fitur konektivitas Bluetooth juga bisa dicek melalui aplikasi Test Hardware Android ini. Anda bisa mengecek status Bluetooth apakah dapat berjalan normal atau terjadi sebuah kerusakan.

 

JARINGAN

Dukungan jaringan yang digunakan dalam perangkat Android milik Anda dapat juga dicek menggunakan aplikasi Z Device Test ini. Dalam fitur ini, dapat terlihat informasi mengenai jaringan yang bisa digunakan oleh perangkat Anda, apakah GSM atau CDMA.

 

ACCELEROMETER

Jika perangkat Anda memiliki fitur Accelerometer, tidak ada salahnya untuk dilakukan pengecekan melalui salah satu fitur dalam aplikasi Test Hardware Android ini. Accelerometer sendiri merupakan sensor pendeteksi getaran dan kecepatan.

 

MAGNETIC SENSOR

Selain sensor Accelerometer, Anda bisa juga melakukan Test Hardware Android terkait sensor magnetik. Jika dalam fitur yang dijalankan muncul tanda V, artinya perangkat Anda mendukung sensor ini dan Anda pun bisa menjalankan aplikasi seperti Compass.

 

TOUCHSCREEN

Pengecekan Touchscreen tidak kalah penting. Anda bisa mengecek kemampuan Touchscreen pada perangkat Anda mulai dari jumlah maksimal Touch dan lain-lain. Namun untuk melakukan pengecekan Touchscreen, perangkat Anda harus telah di-root.

Selain dapat melakukan pengecekan fitur di atas, aplikasi Test Hardware Android ini juga mendukung Anda untuk mengecek fitur lainnya. Jadi, sebelum Anda membeli perangkat Android, pastikan Anda melakukan pengetesan agar semua fitur yang ada berfungsi dengan baik dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Selamat mencoba! [ARD]

 

Link Download Z Device Test

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel