Inilah Tips agar Smartphone Tidak Cepat Panas atau Berpotensi Meledak

6 Jan 2015 11:00 6453 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Banyak laporan yang menyatakan bahwa ada beberapa jenis smartphone yang mengakibatkan penggunanya terluka. Penyebabnya karena smartphone tersebut menjadi terbakar bahkan meledak. Lantas apa yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengantisipasi agar smartphone tidak meledak? Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengantisipasi agar smartphone tidak meledak.

Smartphone menjadi perangkat canggih paling populer belakangan ini. Betapa tidak, gadget ini memang tergolong lebih praktis dan mampu menawarkan berbagai fungsi baik sebagai komunikasi, tugas komputer, maupun internet. Tak ayal banyak produsen terkemuka menghadirkan perangkat smartphone. Hal ini juga dipengaruhi oleh para pengguna yang cenderung menjadikan smartphone teman terbaiknya. Sayangnya, smartphone juga bisa menjadi “musuh” bagi penggunanya. Bahkan bisa menyebabkan luka parah.

Banyak laporan yang menyatakan bahwa ada beberapa jenis smartphone yang mengakibatkan penggunanya terluka. Penyebabnya karena smartphone tersebut menjadi terbakar bahkan meledak. Tentunya hal ini perlu diwaspadai oleh pengguna lain. Jangan sampai kejadian serupa menimpa banyak pengguna. Pihak produsen pun tentunya perlu mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi. Lantas apa yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengantisipasi agar smartphone tidak meledak? Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk mengantisipasi agar smartphone tidak meledak.

 

PENGGUNAAN BATERAI BERKUALITAS

Salah satu faktor yang menyebabkan smartphone meledak adalah penggunaan baterai yang buruk. Hal ini perlu diperhatikan, termasuk pengguna yang menggunakan smartphone berkualitas. Ketika hendak mengganti baterai karena baterai lama sudah usang, maka sebaiknya carilah baterai yang memiliki konstruksi baterai berkualitas dan tidak sembarangan. Usahakan jenis baterai yang digunakan adalah baterai yang asli.

 

SIMPAN DI TEMPAT DENGAN FENTILASI BAIK

Banyak yang menyebutkan bahwa smartphone sebaiknya tidak disimpan di tempat-tempat yang tertutup atau kurang udara. Simpanlah smartphone di tempat-tempat yang memiliki ventilasi yang baik. Hal ini cukup berpengaruh terhadap kualitas smartphone itu sendiri. Selain itu, hindari juga penggunaan kasing yang terlalu tebal. Penggunaan kasing yang tebal memang cukup bagus untuk melindungi smartphone dari goresan tetapi hal ini juga menutup udara sehingga smartphone menjadi cepat panas.

 

BIARKAN LUBANG CHARGER TERBUKA

Hal yang paling sepele namun sering diabaikan pengguna adalah menutup bagian lubang charger. Sebaiknya lubang charger tidak dalam keadaan tertutup. Hal ini dilakukan agar smartphone tidak mengalami panas yang berlebih atau Overheating. Usahakan juga jangan menyimpan smartphone di bawah bantal karena ini juga akan berpengaruh meningkatnya panas berlebih.

 

SEGERA PERBAIKI KETIKA TERKENA AIR

Umumnya pengguna smartphone akan mengeringkan ponsel pintar mereka ketika terkena air. Cara ini memang ampuh dan membuat smartphone kembali normal. Namun para ahli untuk urusan teknis smartphone menyarankan agar smartphone yang terkena air, baik tercebur, atau terciprat air, sebaiknya diperiksa ke teknisi. Jangan hanya dikeringkan tetapi juga diperiksa agar masalah korsleting lebih bisa dihindari.

 

Baca juga :

               5 Fitur Nova Launcher yang Paling Berguna

               6 Pemain dan Mantan Pemain Persib yang Memiliki Wajah Tampan

 

JANGAN GUNAKAN SAAT MELAKUKAN CHARGING

Tips lainnya agar smartphone tidak berpotensi meledak adalah dengan tidak menggunakan aplikasi apapun saat smartphone sedang proses charging. Aktivitas seperti menelepon dan berinternet pun diusahakan untuk dihindari ketika smartphone sedang di-charge. Jika hal tersebut dilakukan, baterai smartphone akan cepat panas dan hal ini tentunya berpotensi smartphone menjadi cepat panas atau bisa-bisa meledak. Tips ini juga berguna untuk keawetan baterai smartphone.

 

PASANG APLIKASI PEMANTAU TEMPERATUR

Agar lebih mudah mengetahui dan kondisi suhu smartphone, sebaiknya pasanglah aplikasi pemantau suhu atau temperatur smartphone. Tentunya dengan aplikasi ini, pengguna bisa memantau kondisi smartphone. Misalnya ketika smartphone disinyalir dalam kondisi suhu yang tinggi, maka tentunya pengguna bisa menghindari penggunaan smartphone secara berlebihan/ Aplikasi sejenis ini banyak ditemukan di berbagai toko aplikasi terkenal. Selain menggunakan aplikasi, mengukur kondisi suhu smartphone dengan gadget lain yang bisa dihubungkan dengan smartphone. Contohnya, Thermodo, sebuah perangkat yang dapat mengukur suhu temperatur.

 

HINDARI PENGUNAAN BANYAK APLIKASI

Smartphone dirancang untuk kebutuhan Mobiitas tinggi dan kinerja yang sifatnya Multitasking atau penggunaan banyak aplikasi secara bersamaan. Tidak heran jika saat ini banyak smartphone didukung dengan komponen Hardware penunjang multitasking, seperti memori RAM yang tinggi. Namun hal tersebut bukan berarti membuat smartphone tersebut bisa melakukan multitasking secara terus-menerus. Kurangi atau kalau bisa hindari penggunaan aplikasi secara multitasking. Penggunaan banyak aplikasi ini bisa membuat smartphone cepat panas. Bila hal ini terus dilakukan, tentu potensi smartphone terbakar atau meledak sangat besar.

 

Demikianlah pemaparan tentang tips menghindari smartphone meledak. Semoga informasi ini membantu banyak pengguna tentang betapa pentingnya menjaga smartphone. Mari berprilaku bijak terhadap smartphone kita. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel