Ingin Belajar Membuat Aplikasi? Ikuti Kursus Membuat Aplikasi Gratis Selama Dua Minggu dari Google

17 Jan 2015 13:30 14752 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda pun bisa menjadi salah satu pengembang aplikasi di Google Play Store. Tentu Anda harus mempunyai kemampuan membuat atau membuat aplikasi. Kalaupun Anda tertarik dan Anda belum bisa atau paham, maka Anda bisa mengikuti berbagai kursus membuat aplikasi Android. Salah satu kursus yang bisa Anda ikuti adalah kursus dari Udacity.

Android bisa dibilang sistem operasi yang sukses merebut perhatian dunia. Sistem operasi besutan Windows ini kini seakan menjadi sistem operasi yang tiap hari selalu dibicarakan. Tentu saja kesuksesan sistem operasi Android ini tak lepas dari beberapa faktor.

Salah satunya adalah kehadiran Google Play Store, sebuah toko aplikasi yang memungkinkan banyak pengembang terlibat didalamnya. Karena sistemnya yang terbuka ini, tak sedikit pengembang, baik kelompok. Instansi, ataupun individu terlibat mengembangkan banyak aplikasi.

Anda pun bisa menjadi salah satu pengembang aplikasi di Google Play Store. Tentu Anda harus mempunyai kemampuan membuat atau membuat aplikasi. Kalaupun  Anda tertarik dan Anda belum  bisa atau paham, maka Anda bisa mengikuti berbagai kursus membuat aplikasi Android. Salah satu kursus yang bisa Anda ikuti adalah kursus dari Udacity.

 

Kursus membuat aplikasi dari Udacity ini merupakan kursus yang cukup menarik. Udacity sendiri merupakan sebuah kelompok atau organisasi yang fokus pada pembelajaran via internet untuk semua orang. Dan kali ini Udacity menghadirkan kursus membuat  aplikasi yang idenya dibesut oleh Google langsung. Kursus kerja sama antara Google dengan Udacity ini dinamakan kursus "Developing Android Apps: Android Fundamentals". Seperti apa detail dari kursus membuat aplikasi online ini?

 

Kursus Dengan Fokus Pengembangan Aplikasi

Developing Android Apps: Android Fundamentals merupakan sebuah kursus atau program yang ditujukan untuk para pengembang pemula. Artinya, kursus ini lebih ditujukan kepada orang atau kelompok tertentu yang ingin mengembangkan sebuah aplikasi namun tidak memiliki kemampuan lebih lanjut tentang pengembangan aplikasi.

Anda yang tahu dasar-dasar tentang pemrogram tetapi kurang mengetahui terkait pembuatan aplikasi, Anda bisa mencobanya. Anda akan diajarkan dan dilatih tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi. Yang menarik, Anda akan diajarkan langsung oleh tim dari Google sendiri yakni tim Google Developer Advocate.

 

Apakah materi yang disajikan di kursus membuat aplikasi ini sebatas pengembangan aplikasi saja? Secara keseluruhan, Anda memang hanya akan diajarkan cara membuat aplikasi Android serta pengembangannya.

Namun, tentu saja Anda akan mendapatkan materi yang lebih detail dan khusus. Ini artinya, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengikuti program kursus membuat aplikasi yang digagas Udacity dan Google ini.

 

Untuk penyajian materinya sendiri, Udacity menghadirkan materi dalam berbagai format. Anda akan mendapatkan video tutorial, kuis, contoh aplikasi, dan  dokumen lainnnya terkait pengembangan aplikasi. Anda juga bisa mengakses forum dan berinteraksi. Tentu saja hal ini membuat pembelajaran tidak berlangsung satu arah tetapi dua arah. Dan hal ini sangat bagus, terutama bagi Anda yang memang senang bertanya atau berdiskusi tentang sebuah materi pembelajaran.

 

Baca juga :

               Begini Cara Mengelola Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi Task Killer!

               Karena Putus Cinta Pria Ini posting Foto Dirinya Sambil Menangis

               

Kursus Yang Bukan Untuk Awam

Yang mungkin agak disayangkan dari kursus membuat aplikasi ini barangkali hanya soal target peserta kursus. Memang Udacity dan Google menyatakan bahwa kursus ini ditujukan untuk pengembang pemula namun bukan berarti pengembang yang benar-benar pemula.

Peserta yang akan mengikuti kursus ini sebaiknya telah mengetahui dasar-dasar pemograman seperti Java, C++, Objective C atau Python. Udacity juga menyatakan bahwa kursus ini juga lebih ditujukan kepada mereka yang memiliki pengalaman minimal tiga tahun di bidang pengembangan program tersebut.

 

Bila Anda memang memiliki latar belakang seperti yang sudah dijelaskan tersebut, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengikuti program Anda. Bagi Anda yang memang buta sama sekali terhadap pemograman memang sebaiknya tidak mengikuti program yang satu ini.

Namun tenang saja, bila Anda memang penasaran dan ingin mencoba, maka Anda bisa mencoba untuk mendaftar dan melihat materi dalam tahap uji coba.

Benar sekali, Anda atau siapapun bisa mengakses kursus membuat aplikasi ini secara gratis selama setengah bulan atau dua pekan. Bila Anda tertarik dan ingin mengikuti materi lebih lanjut, Anda bisa mengikuti kursus ini dengan membayar sejumlah $ 150 atau sekitar Rp 1,7 jutaan.

Tertarik dengan  program atau kursus membuat aplikasi dari Google ini? Silakan Anda mengunjungi kursus ini di situs resmi Udacity atau bisa juga langsung mengklik link berikut ini. 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel