Ketahuilah Cara Menghemat Baterai Android Secara Simpel

25 Dec 2014 19:00 5842 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bisakah ponsel kita menyala lebih lama sehingga kita tidak perlu sering mengisi baterainya? Bisakah kita membuatnya berjalan lebih lama sehingga kita tidak terjebak tanpa mereka? Jawaban singkatnya adalah YA! Namun berapa banyak daya yang bisa kita dapatkan dari baterai ponsel masih didiskusikan.

Bisakah ponsel kita menyala lebih lama sehingga kita tidak perlu sering mengisi baterainya? Bisakah kita membuatnya berjalan lebih lama sehingga kita tidak terjebak tanpa mereka? Jawaban singkatnya adalah YA! Namun berapa banyak daya yang bisa kita dapatkan dari baterai ponsel masih didiskusikan. Namun, tidak peduli berapa lama daya tahan baterai ponsel anda, ada cara menghemat baterai Android yang bisa membuatnya bertahan lebih lama. Mari kita lihat beberapa cara tersebut.

 

Batasi Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Setiap aplikasi yang berjalan di latar belakang menggunakan kekuatan prosesor dan ram. Itu berarti akan menghabiskan daya baterai. Sering kali ketika kita “menutup” aplikasi, kita tidak benar-benar keluar dan menutupnya. Aplikasi itu tetap ada di latar belakang, terus berjalan, memeriksa sinyal, mengawasi kompas, ping server, dan sebagainya. Android cukup baik dalam mengelola aplikasi ini dan secara otomatis menutup yang tidak digunakan untuk memperpanjang daya baterai. Namun anda pasti menginginkan kontrol total.

Bagaimana cara menghemat baterai android anda dengan menghentikan semua aplikasi yang menguras tenaga ini? Anda bisa menggunakan app killer, namun app killer sedikit kontroversial. Jika aplikasi tersebut adalah yang sering anda gunakan, menghetikannya sepanjang waktu akan mengonsumsi lebih banyak energi, karena lebih banyak membutuhkan energi untuk memulai dari awal.

Berikut ini cara menghemat baterai android yang bisa anda gunakan. Pada perangkat non-Samsung, cukup tekan tombol multitasking dan gesek aplikasi ke samping. Beberapa produsen memiliki tombol Kill All di beberapa jenis, yang ada di sepanjang bagian bawah layar. Untuk perangkat Samsung, prosesnya sedikit berbeda.

Tekan dan tahan tombol Home pada smartphone Samsung Android anda, atau jika anda menggunakan Galaxy S5, tap pada tombol multitasking dimana dulu tombol menu berada.

Anda akan melihat daftar aplikasi dan tombol yang terlihat seperti pie-chart. Tekan pada pie-chart. Sekarang tekan pada tombol Active Applications di bagian atas layar. Ada daftar semua aplikasi aktif di ponsel anda. Untuk mengakhirinya, cukup tekan tombol End. Layar peringatan akan bertanya apakah anda ingin melanjutkan, karena mungkin akan menyebabkan error, tapi kemungkinan itu sangat jarang.

 

Jangan Telepon Rumah

Aplikasi seperti email dan kontak akan menjadi aplikasi yang mungkin terus berjalan. Cara menghemat baterai android selanjutnya adalah dengan mengutak-atik aplikasi ini. Buka pengaturan, ubah seberapa sering mereka melakukan sinkronisasi dengan layanan email anda. Alih-alih setiap 5 menit, mungkin anda hanya benar-benar membutuhkannya melakukan sinkronisasi setiap 30 menit. Atau ubah apa yang disinkronisasikan.

Tap pada Setttings > Accounts, kemudian pilih akun yang ingin anda sesuaikan. Misalnya kita menyesuaikan layanan Google apa yang disinkronisasikan. Contoh, anda tidak perlu menggunakan Google+ di smartphone, jadi mengapa harus disinkronisasikan?

 

Baca juga :

               5 Aplikasi Penyedia Berita Internasional Terbaik

               Nantikan Event Terbaru dari Plimbi yang Berkonsep Video Contest

 

Hanya Gunakan Apa yang Bisa Anda Gunakan

Fungsi utama ponsel seperti WiFi, Bluetooth, dan GPS, semuanya mengonsumsi daya baterai. Jika anda berada di tempat yang tidak ada WiFi, atau anda tidak menggunakan Bluetooth atau GPS, maka matikanlah! Layanan ini terus menghubungi router, mendeteksi keberadaan Bluetooth di sekitar anda, dan satelit GPS. Baik layanan ini tersedia atau tidak, mereka menggunakan tenaga baterai anda.

Untuk mematikan fungsi ini, sebagian besar skin Android memungkinkan anda untuk hanya menggesek dari bagian atas layar untuk menampilkan semua fungsi seperti WiFi, NFC, dan semacamnya. Jika fungsi tersebut disorot, itu berarti mereka menyala. Cukup tap untuk mematikannya. Jika perangkat anda memiliki Power Saving Mode, cobalah untuk mengaktifkannya. Perangkat yang lebih baru cenderung memiliki panel Quick Settings dengan menekan ikon di sudut kanan atas bar notifikasi. Untuk perangkat Samsung, ikonnya berbentuk segitiga putus-putus yang masing-masing ujungnya seperti panah. Jika semuanya gagal, beralihlah ke menu Settings.

 

Hentikan Motion

Penghisap daya baterai terkuat adalah motor yang bergetar di smartphone Android. Motor elektrik ini sangat tidak efisien dengan penggunaan daya, karena harus membuat gerakan melawan melawan gesekan, juga membuang energi sebagai panas. Jika anda tidak ingin getaran menyala, maka matikan. Ini termasuk pemberitahuan seperti dering telepon, dan haptic feedback. Haptic feedback adalah ketika Android anda sedikit menyentak ketika anda menyentuh tombol.

 

Kesimpulan

Menerapkan kombinasi cara menghemat baterai android ini akan membuat perbedaan berapa lama ponsel Android anda akan menyala pada daya baterai. Seperti mengemudi mobil, semakin banyak anda belajar tentang cara kerjanya, semakin baik dan efisien anda dapat menggunakannya.[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel