Tips Memotret Makanan Agar Menggugah Selera Makan Anda

21 Dec 2014 08:00 10897 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Antara pencahayaan yang tidak bagus dan presentasi yang tidak menarik, ada berbagai cara agar foto anda terlihat bagus dan menggugah selera orang yang melihatnya. Jika anda mengikuti beberapa tip ini, makanan anda akan membuat orang meneteskan air liur.

Apakah anda tahu apa yang lebih baik dari duduk santai di depan makanan yang lezat? Pastinya berfoto dengan makanan itu. Anda pasti sering melakukan hal itu. Anda pergi makan di luar dengan teman-teman. Setelah memilih menu, anda menemukan sesuatu yang kelihatannya enak. Ketika makanan itu datang, anda memotret makanan tersebut lalu membagikannya di jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook hanya untuk memberitahu pada dunia bahwa anda sedang berpesta. Namun, beberapa foto makanan yang ada di jejaring sosial ini biasa saja, bahkan membosankan. Anda perlu tips fotografi makanan agar hasilnya lebih baik.

Antara pencahayaan yang tidak bagus dan presentasi yang tidak menarik, ada berbagai cara agar foto anda terlihat bagus dan menggugah selera orang yang melihatnya. Jika anda mengikuti beberapa tip ini, makanan anda akan membuat orang meneteskan air liur.

 

Bermainlah dengan Makanan Anda

Atur makanan anda untuk membuat penampilannya lebih menawan. Anda tidak perlu bersusah payah, yang harus anda miliki adalah jiwa seni, karena tidak ada cara khusus untuk melakukannya. Namun ada beberapa cara yang bisa anda terapkan ketika mengatur makanan.

Jika yang ada di hadapan anda adalah biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti beras, kacang hijau dan lain-lain, cobalah meletakkan makanan tersebut ke dalam cangkir puding. Kemudian, balikkan di piring dan angkat cangkirnya. Makanan tersebut akan tercetak, lalu pastikan bahwa bentuknya padat dan tidak terlihat serampangan di piring.

 

Pertimbangkan Tinggi Makanan

Pertimbangkan ketinggian setiap item makanan yang ada di piring. Jika anda punya sepotong sirloin yang dihalangi oleh makanan lain, maka foto anda tidak akan bagus, karena inti dari makanan disembunyikan.

Demikian juga, jika bayangan gundukan nasi menghalangi satu bagian daging, foto anda juga tidak akan bagus. Pertimbangkan cara anda menyusun makanan di piring dalam hal pencahayaan.

Hanya percobaan. Jika anda merasa seolah-olah komposisi foto tidak bagus, jangan takut untuk mengubah yang ada di sekitar objek.

 

Baca juga :

               5 Gejala Berikut ini Memperlihatkan Bahwa Anda Kurang Minum Air

               Karena Putus Cinta Pria Ini posting Foto Dirinya Sambil Menangis

 

Gunakan Tripod

Memang anda tidak harus mematuhi aturan yang satu ini. Karena sebagian besar ponsel saat ini telah memiliki fitur canggih, sehingga menghasilkan foto yang bagus. Namun, jika anda pengguna DSLR, anda harus menggunakan tripod. Harganya tidak terlalu mahal, dan jika anda harus menyesuaikan komposisi piring, anda tidak perlu menghabiskan waktu mengambil foto berulang-ulang.

Selain itu, akan lebih presisi saat menggunakan tripod. Tangan yang gemetar jarang membuat foto bagus. Jika anda mengambil gambar dengan telepon seluler, pertimbangkan untuk membeli tripod kecil. Atau bisa juga membuat tripod sendiri.

 

Hindari Flash

Makanan tidak seperti bentuk biasa. Makanan adalah gabungan beberapa bentuk yang tidak seragam dan menyatu di piring. Akibatnya, jika anda menggunakan flash, semua bayangan alami yang diciptakan oleh kontur, lekukan dan tonjolan menjadi rata.

Pikirkan tentang pencahayaan. Idealnya, cobalah untuk mengambil foto anda di bawah sinar matahari alami. Mungkin dekat jendela, atau di luar di meja taman. Jika anda ingin menambahkan sedikit sinar pada foto anda, anda tidak harus menggunakan flash. Cukup ambil sedikit minyak zaitun dan oleskan ke makanan dengan sikat kue. Namun, jika anda berencana untuk makan makanan ini nanti, pikirkan tentang dampaknya pada rasa makanan.

 

Bergerak Cepat dan Memotret Makanan Selagi Hangat

Pernahkan anda pergi ke restoran Jepang yang benar-benar bagus dan memesan steak? Biasanya, steak tersebut akan disajikan dalam hotplate, dengan masing-masing potongan daging yang berdesis dan uap yang naik ke udara, kemudian diikuti gelembung-gelembung minyak.

Sekarang coba pikirkan, apakah steak tersebut akan terlihat bagus saat dipotret tiga puluh menit kemudian, ketika sudah dingin? Tentu saja tidak. Makanan panas secara kimiawi dan fisik akan berbeda dari makanan dingin. Maka anda harus mengambil foto selagi makanan masih hangat, karena tampilannya akan lebih menarik.

 

Mengatur Sudut yang Tepat

Jika anda tidak dapat mencium bau makanan, dan merasakan panas hidangan tersebut di wajah anda, maka anda melakukan hal yang salah. Jika anda ingin mendapatkan gambar yang bagus, anda harus memilih sudut yang tepat. Anda bisa mendekati piring dan mulai memotret. Namun, terkadang anda dapat memotret langsung berhadapan dengan piring, dengan lensa yang berada sedikit di atas tepi piring.

 

Bagaimana Anda Menghargai Makanan?

Makanan bukan hanya tentang makanan. Ini adalah sesuatu yang dalam, pribadi dan sesuatu yang bisa anda nikmati dengan semua indera anda. Sementara itu, banyak orang yang melihat fotografi makanan sebagai sesuatu yang narsis dan menjengkelkan. Ada baiknya melihat itu semua sebagai penghargaan pada makanan.[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel