Cara repair Windows 7 : Mengatasi BSOD Karena Kesalahan Hardware dan Sotfware

26 Dec 2014 10:00 7191 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Black Screen of Death ini akan lebih bermasalah karena tidak memberikan pesan error untuk mengarahkan anda pada kesalahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum dan cara repair Windows 7 untuk mengatasi BSOD.

Istilah “BSOD” biasanya mengacu pada Blue Screen of Death, kesalahan umum Windows yang muncul ketika sebuah kesalahan sistem yang kritis terjadi. Huruf “B” di BSOD tidak selalu berarti biru, namun kadang bisa berarti “Black”.

Black Screen of Death ini akan lebih bermasalah karena tidak memberikan pesan error untuk mengarahkan anda pada kesalahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum dan cara repair Windows 7 untuk mengatasi BSOD.

 

Software Error

Kesalahan software sederhana sering menjadi penyebab BSOD. Hal ini paling sering terjadi ketika berhadapan dengan program yang mengambil alih seluruh layar, seperti game PC atau media player dalam mode layar penuh. Jika program ini tidak menampilkan video dan terkunci, anda akan kehilangan kendali pada PC.

Software Error

Dalam hal ini, komputer tidak akan berjalan dengan baik. Tidak akan ada restart atau shutdown secara otomatis bahkan audio yang sedang diputar akan terus mendenging. Masalah ini biasanya gampang sekali terpengaruh dengan menjalankan program atau mengaktifkan pengaturan video, seperti mode layar penuh.

Cara repair Windows 7 ini bisa jadi sulit, jika bug tersebut terletak pada software itu sendiri, mungkin saja tidak akan ada solusi yang cepat. Anda dapat mencoba memperbaikinya dengan menjalankan program tersebut pada resolusi yang berbeda. Juga menjalankan software sebagai administrator. Jika masalah tersebut masih berlanjut dan program ini cukup lama, coba aktifkan Windows compatibility mode.

 

 

Menampilkan Error atau Kerusakan Koneksi

Video error adalah penyebab lain yang sangat umum dari Black Screen of Death. Tidak ada output video berarti layar hitam, tidak peduli apa masalah spesifik yang terjadi. Windows bahkan mungkin menyajikan Blue Screen of Death, namun anda tidak akan pernah melihatnya.

Periksa koneksi video anda, pastikan bahwa kedua ujung kabel DVI, HDMI atau DisplayPort anda terpasang dengan benar, dan kabel tidak rusak. Jika anda baru mengupgrade monitor, pastikan koneksi anda benar-benar dapat menangani resolusi. Beberapa versi DVI dan HDMI tidak dapat menangani cara repair Windows 7 resolusi di atas 1080p.

Jika cara repair Windows 7 yang mudah ini tidak bekerja, mungkin hal lain nya disebabkan masalah adapter video. Jika anda memiliki video card yang terpisah, coba lepaskan kartu anda dan hubungkan ke video yang terintegrasi dengan motherboard (jika memiliki kemampuan tersebut). Jika monitor anda menyala, maka masalahnya adalah video card. Coba update ke driver versi terbaru, atau jika anda baru saja mengupdatenya, kembalilah ke driver lama. Juga cek video card apakah memiliki cacat, seperti kipas rusak atau hangus.

Jika monitor tidak bekerja ketika dihubungkan ke grafis yang terintegrasi, maka masalahnya mungkin ada pada monitor. Periksa dengan menghubungkannya ke komputer lain. Jika monitor menyala dengan PC lain, maka periksa hardware lain yang mempengaruhi kinerja video card. Kemungkinan motherboard, power supply dan hard drive.

 

Baca juga :

               Review Zotac GTX 960 4 GB AMP! Edition: Graphic Card High Perfomance Rp 3 Jutaan

               Asus Hadirkan Seri Laptop Tipis Zenbook dengan Grafis Nvidia

 

Terlalu Panas

Semua komputer menghasilkan panas, dan panas tersebut harus dikeluarkan untuk menjaga sistem tetap berjalan. Jika terlalu panas, komponen bisa terbakar, bahkan meleleh. Ini jelas buruk, sehingga komputer dibuat agar shut down sebelum itu terjadi.

Hal ini biasanya akan menghasilkan black screen, yang mungkin tidak diikuti dengan restart. Biasanya anda akan melihat peringatan ketika terjadi error, tapi dalam kasus ini anda tidak akan melihat peringatan apapun.

Dalam kebanyakan kasus, masalah overheating disebabkan oleh video card atau prosesor. Seperti yang telah dikatakan, anda harus mencurigai video card jika terjadi black screen, tapi komputer tampak bekerja (kipas menyala, lampu hard drive aktif, dan lain-lain).

Namun jika prosesor panas, BSOD biasanya akan diikuti dengan reboot atau shutdown otomatis seluruh PC anda. Dalam beberapa kasus, anda akan menerima peringatan pada post screen yang menyatakan CPU anda panas pada saat menyalakan komputer.

 

Kedua masalah tersebut dapat diselesaikan dengan membuka PC dan membersihkannya. Gunakan vakum untuk menyedot debu dan gunakan kompresor udara untuk mengusir kotoran yang membandel. Periksa juga semua kipas yang masih bekerja dan mengganti yang rusak. Jika masalah terus berlanjut setelah langkah-langkah ini anda lakukan, mungkin pendingin anda rusak atau video card dan prosesor.

 

Masalah Power Supply

Cara repair Windows 7 sering terlupakan adalah Power supply, padahal komponen ini sangat penting. Segala sesuatu di PC anda membutuhkan kekuatan untuk bekerja, dan jika tiba-tiba komponen ini mati, maka komputer anda tiba-tiba akan mati.

Sayangnya, masalah power supply sulit didiagnosa. Anda harus memeriksa, jika masalah bukan pada koneksi video, atau video card, dan komponen yang terlalu panas, maka penyebabnya adalah power supply.

Semua power supply memiliki batas kekuatan yang mereka sediakan. Anda hanya bisa mengetahui masalah ini dengan mengganti power supply ini, jadi sebaiknya anda mencoba cara repair Windows 7 lain sebelum melakukan ini.

 

 

Kesimpulan

Black Screen of Death biasanya dihasilkan oleh kesalahan software, tapi penyebab ini telah berkembang. Maka BSOD yang terjadi secara acak biasanya adalah masalah hardware yang lebih serius yang akan membutuhkan cara repair Windows 7 yang lebih khusus bahkan harus sampai kepada penggantian komponen. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel