Tips Cara Mengolah Taskbar Windows Agar Lebih Produktif

3 Apr 2015 12:00 12907 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Desktop Windows bisa menjadi ruang kerja yang super produktif, asalkan diatur dengan tepat. Anda dapat membuat toolbarnya lebih efisien dengan menempatkan shortcut dan beberapa informasi. Menempatkannya di taskbar Windows, berarti anda tidak harus menutup windows atau membuka file dan folder melalui Windows Explorer untuk mengaksesnya. Mari kita lihat bagaimana toolbar menjadi sangat berguna bagi anda.

Desktop Windows bisa menjadi ruang kerja yang super produktif, asalkan diatur dengan tepat. Anda dapat membuat toolbarnya lebih efisien dengan menempatkan shortcut dan beberapa informasi. Menempatkannya di taskbar Windows, berarti anda tidak harus menutup windows atau membuka file dan folder melalui Windows Explorer untuk mengaksesnya. Mari kita lihat bagaimana fungsi toolbar menjadi sangat berguna dalam pemakaian komputer atau pc windows sehari hari anda.

 

CARA MENAMBAHKAN TOOLBAR KE TASKBAR ANDA

Klik kanan pada taskbar Windows, pilih Toolbars dari menu, dan pilih salah satu toolbar yang ada, atau klik pada New toolbar... Ketika anda menambahkan toolbar baru, anda harus memilih folder di komputer yang berisi konten yang diinginkan. Anda dapat membuat folder baru seperti memilih lokasi dan menambahkan konten nanti.

Tip: Jika anda menyimpan konten dari toolbar kustom di Dropbox atau OneDrive, anda dapat menggunakan sumber yang sama dengan toolbar pada komputer yang berbeda dan membuatnya secara otomatis sinkron di komputer. Bahkan anda dapat berbagi toolbar dengan rekan kerja, keluarga dan teman-teman.

 

DEFAULT WINDOWS TOOLBARS

Windows menawarkan satu set toolbar yang mungkin berguna bagi anda:

  • Address: Membuka folder yang terakhir digunakan, mengetik nama aplikasi, folder atau file untuk membukanya, dan menjalankan situs di browser default. Untuk membuka alamat toolbar menggunakan shortcut keyboard, coba klik Windows+B, diikuti dengan Shift+Tab.

 

  • Link: Tambahakan situs favorit anda di sini dan membukanya di browser default. Ini sama seperti Internet Explorer Favorites Bar. Anda dapat mencari dan mengedit konten folder tersebut di Windows pengguna di bawah Favorites.

 

  • Tablet PC Input Panel (Windows 7) atau Touch Keyboard (Windows 8): Tombol toolbar ini menjalankan keyboard yang akan merespon sentuhan pada layar sentuh anda.

 

  • Desktop: Lihat semua item yang terletak pada desktop dalam satu daftar panjang. Ini adalah cara untuk mengelola akses ke shortcut ketika anda menyembunyikan ikon desktop.

 

Baca juga :

               5 Aplikasi Screenshot Terbaik dan Gratis untuk PC Windows

               PC yang Bisa Digendong Seperti Ransel? Inovasi Baru dari MSI

 

QUICK LAUNCH BAR

Bar Quick Launch berisi daftar ikon yang tertanam di taskbar, adalah warisan dari Windows 95 yang bertahan sampai peluncuran Windows XP. Meskipun tidak lagi tampil mencolok di toolbar, namun ini masih bertahan di sistem operasi Windows, bahkan di Windows 8. Seperti namanya, ini berfungsi untuk menjalankan program yang paling sering digunakan dengan cepat, namun anda juga dapat menambahkan file yang akan sering diakses.

 

Untuk mengaktifkan bar Quick Launch, arahkan toolbar baru ke sini:

%userprofile%\AppData\Roaming\Microsoft\Internet Explorer\Quick Launch

Untuk menyesuaikannya, klik kanan dan unlock Taskbar. Kemudian klik kanan Quick Launch dan hapus tanda centang untuk Show title dan Show Text. Sementara taskbar terbuka, anda juga dapat men-drag bar Quick Launch ke lokasi berbeda, cukup klik tahan, dan lepaskan di posisi yang anda inginkan misalnya di kiri desktop.

 

CATATAN SINGKAT DAN DAFTAR DI CUSTOM TOOLBAR

Apakah anda anda dapat mengorganisir informasi dan membuatnya lebih mudah diakses melalui toolbar yang terletak di taskbar. Ini adalah solusi untuk membuat daftar dengan cepat tentang sesuatu yang sulit anda ingat, seperti command, shortcut, atau nomor telepon.

Untuk membuat jenis daftar ini, anda harus membuat toolbar baru, dengan mengklik kanan pada taskbar lalu pilih pilih Toolbars > New toolbar. Pilih folder kosong, kemudian isi folder tersebut dengan file, yang namanya mewakili catatan anda. Karena catatan anda adalah judul file shortcut, maka pilihan karakter anda dan karakternya terbatas. Gunakan file Notepad dan simpan sebagai file shortcut (.LNK), dengan ini ekstensi file tidak akan ditampilkan. Anda juga dapat memilih ikon kustom dengan mengklik kanan pada file, pilih Properties dan klik tombol Change Icon...

 

TOOLBAR START MENU

Bagi anda yang menjalankan Windows 7, anda dapat menggunakan dan menyesuaikan Start Menu yang ada. Jika anda menggunakan Windows 8, anda dapat menginstal Start Menu pihak ketiga. Tapi ini sudah diupdate pada Windows 8.1. Jika anda belum mengupdate, anda bisa menggunakan cara ini.

Anda dapat menggunakan toolbar untuk membuat Start Menu. Buat toolbar baru, arahkan ke folder yang akan berisi Start Menu alternatif, tambahkan konten yang diinginkan ke masing-masing folder, dan pindahkan toolbar ke lokasi asli Start Menu di taskbar paling kiri. Sekarang anda sudah memiliki Start Menu buatan sendiri.[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel