Cara Menghubungkan Google Drive Dengan Gmail Agar Lebih Produktif

25 Apr 2015 16:00 23459 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Google adalah layanan online terbesar saat ini. Adalah hal yang merugikan jika kita tidak dapat menghubungkan layanan-layanan Google satu sama lain yang memiliki cakupan layanan yang luas. Bagi Anda yang ingin menghubungkan Google Drive dengan Gmail, inilah langkah yang bisa Anda lakukan.

Internet menyediakan berbagai macam cara agar seseorang menjadi lebih produktif. Tetapi bagi Anda, apakah Anda memanfaatkan hal tersebut dengan baik? Sebagai contoh layanan dari Google. Dengan luasnya cakupan layanan yang satu ini di dunia internet, tentu merupakan sesuatu yang mudah jika kita ingin menghubungkan berbagai layanan keluaran Google, karena Google telah memberikan jalan bagi para penggunanya agar mereka dapat mengatur layanan Google secara fleksibel.

Apakah Anda ingin bekerja lebih produktif dengan menghubungkan antar layanan Google? Anda bisa memulai dengan menghubungkan antar layanan penyimpanan data online Google Drive dengan layanan email Gmail. Berikut adalah jalan yang bisa Anda tempuh untuk menghubungkan keduanya.

 

1. MENCARI INFORMASI

Satu hal yang biasa seseorang kerjakan ketika menggunakan layanan online adalah, mencari sesuatu yang diinginkannya. Ada cara mudah untuk menghubungkan fitur pencarian Gmail agar terpampang pada kedua layanan Google yaitu Gmail dan Gdrive. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup kunjungi menu setting pada Gmail, klik pada Labs, dan aktifkan fitur Apps Search.

Setelah Anda selesai mengaktifkan fitur tersebut, apabila Anda melakukan pencarian melalui Gmail akan diikuti dengan pencarian dari penyimpanan data online di akun Google Drive. Jika Anda telah melakukan pencarian, hasil dari Google Drive akan terintegrasi dengan area pencarian pada Gmail. Dengan ini,  Anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih sederhana ketika melakukan pencarian.

 

2. KIRIM KE GOOGLE DRIVE

 

Cara lain untuk mengurangi kebiasaan meng-klik mouse Anda adalah dengan lebih menyederhanakan kerja suatu layanan. Pada layanan Google, Anda dapat mengirim berbagai macam attachment pada Gmail langsung ke Google Drive.

Semua itu akan bisa Anda kerjakan dalam sekali klik. Scroll ke bagian bawah email dimana Anda akan melihat attachment dari email tersebut, dan kemudian arahkan mouse ke attachment yang Anda inginkan. Di sini, Anda akan melihat icon Google Drive. Klik pada icon tersebut, dan Gmail akan otomatis mentransfer attachment ke akun Google Drive Anda.

 

Baca juga :

               Cara Mengkonversi Dokumen Google Docs ke Microsoft Office

               6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Seseorang Sering Lupa

 

3. MELAMPIRKAN FILE GOOGLE DRIVE

Bagaimana dengan cara lain ketika kita ingin melampirkan sesuatu? Bagaimana jika sebaliknya, apakah Anda ingin mengirim attachment Google Drive ke Gmail Anda? Ya, Anda bisa melakukannya. Ketika Anda membuat email baru pada Gmail, cukup kunjungi icon Google Drive di bagian bawah. Icon ini akan membawa Anda pada laman yang berisikan file Google Drive Anda. Di sini, Anda dapat memilih satu atau lebih file dari penyimpanan data online Anda untuk dilampirkan ke email Anda. Cukup dengan  sekali atau dua kali klik dan file akan ditransfer langsung ke email yang sedang Anda buat. Mudah bukan?

 

4. NOTIFIKASI

Ketika Anda bekerja dalam suatu kelompok dengan memanfaatkan Google Drive, adalah hal yang sangat berguna jika Anda diberi pemberitahuan ketika orang lain memodifikasi pekerjaan yang ada. Anda dapat mengatur notifikasi agar Anda diberi peringatan jika seseorang mengubah file pada Google Drive.

Cukup kunjungi file tersebut, dan klik pada Tools pada menu, kemudian pilih Notification rules. Anda dapat mengatur notifikasi agar apabila terjadi perubahan, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.

 

KESIMPULAN

Adalah hal memudahkan kita ketika bisa menghubungkan kedua layanan Google secara bersamaan. Dengan Anda mengintegrasikan layanan penyimpanan data online Google Drive dan layanan email Gmail, maka aktifitas Anda akan lebih produktif dari sebelumnya. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel