Wave, Software Akuntansi Berbasis Web

24 Dec 2014 20:00 7574 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mungkin telah banyak dari anda yang menggunakan software akuntansi berbasis web. Salah satu layanan yang bisa digunakan untuk kegiatan tersebut adalah Wave . Wave mengalami cukup banyak perkembangan dalam beberapa tahun terakhir, baik dalam jumlah pengguna dan cara kerja situs itu sendiri.

Mungkin telah banyak dari anda yang menggunakan software akuntansi berbasis web. Salah satu layanan yang bisa digunakan untuk kegiatan tersebut adalah Wave . Wave  mengalami cukup banyak perkembangan dalam beberapa tahun terakhir, baik dalam jumlah pengguna dan cara kerja situs itu sendiri.

Software akuntansi berbasis web ini tetap satu-satunya situs akuntansi double-entry kompetitif yang tidak mengenakan biaya kepada pelanggan. Anda hanya dikenakan biaya untuk pembayaran elektronik dan pengolahan gaji, yang merupakan praktik standar.

Wave telah menambahkan kemampuan pengolahan gaji sehingga lebih terpadu dan terjangkau. Mereka juga meningkatkan antarmuka untuk pengguna, dan navigasi yang lebih simpel. Saat ini Wave tersedia juga pada smartphone dan tablet berbentuk aplikasi yang beguna untuk menerima pembayaran online maupun mengambil foto dari penerimaan untuk digunakan dalam file perusahaan anda.

Namun Wave masih memiliki beberapa hal yang harus dikembangkan jika ingin bersaing dengan QuickBooks Online Plus atau Xero Premium 10.  Software akuntansi berbasis web ini perlu menawarkan fitur seperti pesanan pembelian, pelacakan item-level dan manajemen kontak yang lebih baik, serta dukungan untuk perangkat aplikasi Android.

 

Alat Akuntansi yang Kredibel

Wave menawarkan fitur yang banyak dibutuhkan oleh usaha kecil, terutama bagi pengguna akuntansi double-entry. Wave menyediakan fitur General Ledger dan Chart of Accounts secara default. Sehingga Anda tidak harus memahami debit dan kredit untuk membuat transaksi, cukup melihatnya dalam daftar saldo dan memasukkan jurnal transaksi. Laporan keuangan bisa diekspor ke dalam format Excel, CSV, PDF dan termasuk General Ledger, Trial Balance (neraca saldo) dan Income Statement (laporan laba rugi).

Fitur  Accounts Receivable (piutang), anda dapat membuat dan menyesuaikan faktur (baik satu kali dan berulang) dan estimasi, dan catatan pembayaran. Wave telah bermitra dengan Stripe untuk mendukung pembayaran elektronik dengan biaya 2,9 persen per transaksi. Anda dapat menyertakan tombol âPay Nowâ pada faktur sehingga pelanggan dapat dengan mudah membayar dengan kartu kredit.

Sebuah aplikasi iPhone memudahkan transaksi penjualan jarak jauh. Dana yang ditransfer akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai rekening bank anda, yaitu sekitar tujuh hari. Sedangkan QuickBooks Online mengklaim proses transfer bisa mencapai dua atau tiga hari. Namun tidak ada biaya setup atau minimum bulanan. Transaksi anda dapat mencakup pajak penjualan, dan anda dapat membuat laporan terkait seperti Income by Customer (pendapatan oleh nasabah), Aged Receivables (piutang berjangka), dan Sales Tax Report (laporan penjualan pajak).

Software akuntansi berbasis web ini juga menyediakan layanan kredit. Anda dapat memasukkan tagihan dan membayarnya. Anda juga dapat memindahkan penerimaan ke dalam file dengan mengirimkannya ke receipts@waveapps.com, ambil gambar dengan iPhone atau perangkat Android anda dan sinkronisasikan dengan situs tersebut, atau gunakan aplikasi web Wave untuk mengunggahnya dari komputer anda.

 

Baca juga :

                 Cara Mengkonversi Dokumen Google Docs ke Microsoft Office

                 Begini Cara Mengelola Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi Task Killer!

 

Perlu Anda Ketahui

Anda dapat menggunakan software akuntansi berbasis web ini  sebagai alat akuntansi manual, memasukkan semua pendapatan dan pengeluaran anda dengan mengetiknya ke dalam bidang yang tersedia. Anda masih dapat mengirim faktur, membuat laporan, dan lain-lain. Software akuntansi berbasis web ini akan menghemat waktu anda.

Namun akan menjadi lebih berguna jika anda membiarkannya mengunduh transaksi uang tunai, bank dan kartu kredit sehingga anda hanya perlu memasukkan transaksi sesekali. Caranya dengan memasukkan nama pengguna dan password yang anda gunakan untuk masuk ke masing-masing saldo online. Wave kemudian mengunduh transaksi anda secara teratur. Jika anda mau, anda dapat mengunduh pernyataan dari situs asli dan mengunggahnya ke Wave.

Wave disertai dengan alat rekonsiliasi bank, namun lebih baik anda melihat transaksi yang anda unduh setiap beberapa hari sekali. Anda harus memastikan bahwa deskripsi, kategori, dan jumlahnya benar, kemudian klik pada tanda centang di kolom âVerified Balanceâ untuk menunjukkan bahwa transaksi tersebut valid. Anda juga dapat menambahkan detail, membagi transaksi, atau membuat pembayaran tagihan. Jika memeriksa akun secara berkala, anda cenderung mendapatkan kejutan yang tidak menyenangkan pada saat rekonsiliasi.

 

Seputar Navigasi dan Payroll

Wave telah mengalami perubahan pada antarmuka penggunanya. Panel vertikal kiri berisi tab yang membuka setiap bagian situs. Pertama adalah Dashboard, sebuah gambaran singkat untuk keuangan anda yang menampilkan aktivitas terkini dan snapshot keuangan. Klik pada tab, seperti Invoices, Transactions dan Accounting, membawa anda ke layar baru yang sangat rapi dan bersih yang menjabarkan kegiatan yang tersedia di sana.

Tombol dan daftar dropdown yang utama digunakan, Meskipun anda kadang-kadang harus memasukkan data. Sebuah ikon roda kecil di kanan atas membuka layar untuk membuat pelanggan, vendor, dan catatan produk, mengatur pajak penjualan, dan membuat preferensi lain yang dikenal.

Alat Payroll yang relatif baru di Wave cukup fleksibel dan terjangkau. Biaya dasarnya adalah $5 per bulan, dan yang sepuluh karyawan pertama adalah $4 per bulan. Payroll terintegrasi dengan situs akuntansi utama, dan itu mampu bekerja seperti yang ditawarkan pesaing Wave, dengan satu pengecualian utama, yaitu tidak menawarkan cara mengirimkan pengajuan dan pembayaran pajak gaji. Ini akan menghitung pajak untuk setiap karyawan, yang dapat anda ambil dari Wage & Tax Report.

Software akuntansi berbasis web ini  sedang bekerja pada penambahan kemampuan ini, dan mereka berharap bisa menjangkau 50 negara pada akhir tahun 2014 (dengan biaya tambahan). Sementara itu, anda dapat menguji alat penggajian ini menggunakan preview online khusus.

 

Dukungan Premium

Walaupun akses ke Wave dan sistem bantuan onlinenya gratis dan tidak terbatas, namun Wave tetap  menawarkan tiga paket premium. Untuk $9 per bulan (Plus Package), anda mendapatkan chatting online dengan ahli Wave dan jaminan uang kembali. Anda dapat menambahkan dukungan telepon tak terbatas dengan biaya $19 per buan (Advanced Package). Untuk biaya $99, anda akan memiliki akses ke semua fitur dalam Advanced Package selama 90 hari, ditambah 60 menit pembinaan dengan Wave Certified Pro.

Tidak ada satu ukuran yang tepat untuk semua solusi akuntansi online. Namun tidak ada situs yang menawarkan akuntansi double-entry gratis seperti yang dilakukan Wave. Untuk usaha kecil dan pekerja mandiri, harus melihat Wafe terlebih dahulu untuk mengetahui apakah mereka harus membayar untuk solusi akuntansi mereka. Jika tidak, Wave adalah pilihan yang tepat. Bagi setiap orang yang membutuhkan fungsionalitas penuh dari layana akuntansi online berbayar, bagaimanapun, anda bisa menggunakan QuickBooks Online Plus. [RIC]

Link menuju website WAVE

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel