Jangan Bingung Memilih Caleg! Situs JariUngu Memberikan Informasinya Kepada Anda

8 Apr 2014 12:30 2405 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi Anda yang pertama kali memilih di Pemilu 2014, Anda mungkin akan bingung dengan calon anggota legislatif yang ada. Banyaknya calon anggota legislatif tersebut tentunya memang akan sangat membingungkan. Bukan hanya untuk mereka yang baru memilih di Pemilu 2014, tetapi juga untuk mereka yang sudah pernah memilih.

Bagi Anda yang pertama kali memilih di Pemilu 2014, Anda mungkin akan bingung dengan calon anggota legislatif yang ada. Banyaknya calon anggota legislatif tersebut tentunya memang akan sangat membingungkan. Bukan hanya untuk mereka yang baru memilih di Pemilu 2014, tetapi juga untuk mereka yang sudah pernah memilih. Kebingungan ini tentunya karena pemilih masih belum tahu informasi tentang calon anggota legislatif yang ada. Tapi kini kebingungan itu bisa terjawab, dengan hadirnya situs informasi tentang calon anggota legislatif yang tertera di surat suara. Situs tersebut adalah situs JariUngu. Situs ini memberikan segala informasi terkait calon anggota legislatif yang begitu banyak. Apalagi Anda diharuskan memilih calon anggota legislatif mulai dari tingkat DPR, DPD, DPRD tingkat I, hingga DPRD tingkat II.

Situs JariUngu adalah situs yang sangat baik dalam memberikan informasi terkait calon anggota legislatif atau Caleg. Situs ini memuat 152.286 data Caleg beserta informasi terkait Caleg tersebut. Jadi di dalam situs ini, tidak hanya informasi nama calon anggota legislatif dan nama partainya, tetapi juga alamat tempat anggota legislatif tersebut tinggal. Tentunya informasi yang diberikan ini untuk memudahkan pemilih dalam menentukan pilihan untuk anggota legislatif.

Informasi anggota legislatif yang dihadirkan pun tidak hanya data terkait alamat tetapi juga seputar pendidikan, pekerjaan, dan penghargaan calon anggota tersebut. Meskipun ketiga hal tersebut bukanlah tolak ukur Caleg tersebut kompeten, setidaknya hal tersebut bisa memberikan sedikit gambaran terkait Caleg yang bersangkutan. Selain itu, situs JariUngu ini juga memuat informasi Caleg mana saja yang terpilih pada periode sebelumnya. Hanya saja, ternyata informasi tentang Caleg ini tidaklah selengkap seluruhnya . Jadi hanya sebagian besar saja, Caleg yang diberikan informasinya secara lengkap.

 

Rekomendasi Caleg

Selain memberikan sedikit gambaran tentang calon anggota legislatif, situs JariUngu ini pun memberikan informasi caleg kompeten yang direkomendasikan. Rekomendasi yang diberikan pada Caleg berada dari orang-orang kompeten yang mengetahui tentang kredibilitas sang calon anggota legislatif. Rekomendasi tersebut dapat dilihat dari tanda gambar jempol yang melekat pada foto Caleg. Tentu tujuan pemberian tanda jempol ini agar Caleg tersebut mudah di identifkasi oleh pengunjung situs ini.

Situs JariUngu pun memuat fitur lainnya selain fitur rekomendasi dan data anggota legislatif terpilih. Fitur tersebut adalah fitur informasi “BATAL”. Tulisan “BATAL” pada Caleg yang karena alasan tertentu tidak jadi mencalonkan diri menjadi anggota legislatif. Yang cukup menarik adalah fitur pencarian. Pengunjung situs dapat mencari Caleg dengan fitur pencarian melalui latar belakang seperti pendidikan dan organisasi yang pernah diikuti oleh calon anggota tersebut. Kehadiran fitur ini tentunya untuk memudahkan para pengujung untuk mencari Caleg yang memiliki latar pendidikan sama atau pernah ikut organisasi yang sama.

 

Baca juga :

               Nama Android N Sudah Siap Dirilis Paling Telat Awal Juli ini

               5 Gejala Berikut ini Memperlihatkan Bahwa Anda Kurang Minum Air

 

Menyediakan Data Lain

Tidak hanya informasi terkait calon anggota legislatif, situs JariUngu juga memuat data lain. Data tersebut di antaranya adalah data anggota legislatif yang menjabat dari tahun 2009 hingga 2014. Ada juga data tentang kumpulan Undang-Undang negara. Laporan BPK atau Badan Pemeriksa Keuangan pun hadir di situs yang satu ini.

Data lain pun akan dimuat di situs ini setelah Pemilu 2014. Nantinya, ketika Pemilu 2014 telah selesai, situs ini akan menyajikan data seputar anggota legislatif yang terpilih. Data tersebut berupa biodata dan kinerja anggota legislatif. Tentunya dengan informasi ini, situs ini nantinya bisa menjadi situs pengawasan terhadap kinerja anggota legislatif. Selain itu, nantinya situs ini akan memfasilitasi komunikasi dua arah antara pengunjung dan anggota legislatif. Sayangnya hal tersebut bisa terjadi jika anggota legislatif yang bersangkutan bersedia mengikuti komunikasi ini.

Demikianlah informasi terkait situs JariUngu. Secara keseluruhan situs JariUngu ini sangat baik. Apalagi untuk pemilih yang bingung akan memilih calon anggota legislatif, situs ini bisa menjadi rekomendasi yang baik. Sayangnya, situs yang sudah hadir sejak Pemilu 2009 ini masih tampil dengan tampilan desain dan antarmuka yang masih biasa. Tentunya diharapkan, situs ini ke depan akan hadir dengan desain dan User Interface yang responsif, interaktif, dan tentunya lebih baik lagi. Untuk mengakses situs ini, silakan klik tautan berikut [LINK] (HMN)

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel