Penemuan Teknologi Terbaru di Bidang Robot: Ini Bukti Kejeniusan Orang Indonesia

22 Apr 2014 19:00 20206 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dunia robot semakin lama semakin dekat dengan kehidupan manusia, begitu pula yang terjadi di Indonesia. Robot dapat membantu pekerjaan kita sehari-hari seperti memungut sampah, memadamkan api, mengangkut barang, atau sekadar untuk hiburan seperti bisa bergoyang dan berbicara.

Dunia robot semakin lama semakin dekat dengan kehidupan manusia, begitu pula yang terjadi di Indonesia. Robot dapat membantu pekerjaan kita sehari-hari seperti memungut sampah, memadamkan api, mengangkut barang, atau sekadar untuk hiburan seperti bisa bergoyang dan berbicara. Mungkin semakin lama manusia akan dilayani oleh robot yang tentunya akan menghemat uang gaji pembantu. Nah, dunia robot tidak hanya ada dalam film anak-anak saja, tapi nyata di kehidupan. Masyarakat di Negara maju mungkin sudah biasa dengan robot, namun orang Indonesia tidak demikian. Padahal  ilmuwan Indonesia tidak kalah pintar dengan ilmuwan luar negeri dalam hal robotik. Buktinya banyak penemuan teknologi terbaru di bidang robotika yang mampu diciptakan oleh ilmuwan dari Indonesia. Berikut ini robot-robot asli buatan orang Indonesia yang diapresiasi positif oleh dunia. Apa saja robot tersebut?

 

Robot Perang dr.Subchan

Robot ciptaan dr.Subchan yang berasal dari Jombang, Jawa Timur ini sangat canggih karena mampu mendeteksi posisi dan ancaman kekuatan  musuh baik di darat maupun di udara. Dengan menggunakan robot ini manusia dapat mengintai musuh tanpa takut dicurigai alias berada di tempat yang aman. Bahkan orang Inggris pun kagum dengan penemuan robot perang ini. Tentunya ini sebuah penemuan teknologi terbaru di bidang robotika yang membanggakan bagi Indonesia.

 

Robot Pemadam Api

Karena di Indonesia sering terjadi kebakaran yang berasal dari korsleting listrik maupun cuaca yang sangat panas, maka untuk membantu kerja pemadam diciptakan robot pemadam api. Bentuknya adalah mobil yang dilengkapi sensor pendeteksi api. Jadi, kalau ada api robot ciptaan mahasiswa UGM dan UNIKOM ini langsung mencarinya dan memadamkan dengan kipas yang sudah ada pada dirinya. Robot jenis ini memang sudah tidak asing lagi di dunia robotika. Robot ini sering dijadikan ajang lomba robotik di kalangan mahasiswa di tingkat nasional maupun internasional. Tetapi penemuan teknologi terbaru di bidang robotika ini membuktikan bahwa anak-anak bangsa juga mampu untuk mengembangkan robot seperti ini.

 

Robot Pengambil Air Minum

Pernah membayangkan ada dispenser bisa berjalan? Ternyata para siswa SMP telah berhasil menciptakannya. Robot pengambil air minum ini sebenarnya diilhami dari kemalasan anak-anak tersebut ketika disuruh orang tuanya mengambil air minum. Nah, dari hal kecil ini akhirnya lahirlah robot pengambil air minum. Penemuan teknologi terbaru di bidang robotika ternyata tidak hanya dapat dikembangkan oleh ilmuwan dengan pendidikan tingkat yang tinggi, namun siswa SMP di Indonesia pun mampu mengembangkannya.

 

Baca juga :

               PCX Dikalahkan NMAX, Honda Bersiap untuk Mengeluarkan NMAX "Killer"

               Jorok, Pelatih Jerman ini Tertangkap Kamera sedang Bermain dengan Burungnya

 

Robot Penjinak Bom

Dari namanya saja kita sudah kagum bukan? robot penjinak bom ini bisa mendeteksi serangan dari jarak jauh karena telah dilengkapi dengan kamera pengintai sebanyak 6 buah sekaligus sensor ultrasonik dan dapat mendengar dentuman bom. Robot ini juga dapat berjalan di tempat yang datar, menaiki tangga, berputar hingga 3600, menekuk dan bebas bergerak ke lima arah. Kecepatan perdetiknya adalah 3 meter sehingga ia dapat bergerak cepat untuk menemukan bom yang tersembunyi sekaligus memusnahkannya sebelum meledak. Maklum saja kalau penemuan teknologi terbaru di bidang robot ini sangat hebat karena yang merancangnya adalah lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI sejak tahun 2004 dan selesai pada tahun 2008.

 

Secara fisik robot ini memang tidak terlalu besar, tingginya hanya 90 cm, panjang 1meter dan lebar 1 meter. Beratnya berkisar 80-100 kg dilengkapi dengan penjepit dan pemotong kabel. Cara kerjanya adalah mengambil bom dan memotong kabel tersebut sehingga tidak jadi meledak. Bisa dideteksi dari monitor computer berjarak 6 km. Dengan adanya robot ini maka banyak orang yang bisa diselamatkan ketika ancaman bom terjadi.

 

Robot Bisa Berkomunikasi

Ternyata robot juga memiliki signal bahasa dan mampu berbicara dengan manusia. Penemuan teknologi terbaru di bidang robotika ini memang sudah banyak dikembangkan oleh ilmuwan Dunia, tetapi para ilmuwan Indonesia pun membuktikan bahwa mereka juga mampu.  Pada acara pesta buku di Yogyakarta tahun 2010 lalu RECOROBO, nama robot ini dipamerkan dan dapat menyapa orang dengan kata-kata “selamat datang, silahkan mengambil brosur, permisi aku mau lewat, aku istirahat dulu ya”. Recorobo juga sangat sopan sehingga disukai banyak pengunjung yang kebetulan hadir di pameran tersebut. Wah, nantinya tidak perlu security di tempat pelayanan kalau robot terus dikembangkan. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel