Hambatan Teknologi Solar Cell Sebagai Pemanfaatan Energi Matahari

12 Feb 2014 17:00 9582 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Populasi dunia telah secara signifikan meningkat, dan ini menjadi masalah, utamanya dalam penggunaan energi. Karena manusia tidak dapat hidup tanpa keberadaan energi. Termasuk penggunaan listrik yang dapat dimasukkan ke dalam pusat perhatian orang banyak.

Populasi dunia telah secara signifikan meningkat, dan ini menjadi masalah, utamanya dalam penggunaan energi. Karena manusia tidak dapat hidup tanpa keberadaan energi. Termasuk penggunaan listrik yang dapat dimasukkan ke dalam pusat perhatian orang banyak. Semakin hari teknologi semakin meningkat, dimana semua teknologi saat ini hampir semuanya menggunakan listrik sebagai sumber penggeraknya. Listrik sendiri saat ini dihasilkan dari bahan bakar yang ada di alam yang diambil dan menjadi sumber energi listrik. Sebagai contoh adalah Bahan Bakar Minyak (BBM) yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan jumlahnya sangat terbatas. Indonesia sendiri cadangan BBM makin menipis. Lalu mengapa tidak ada upaya pengadaan teknologi alternatif yang murah seperti pemanfaatan energi matahari sebagai pengganti BBM?

Sebab Solar Cell Belum Jadi Alternatif Utama

Daya listrik yang dihasilkan oleh apa yang kita sebut teknologi ada di semua negara, tetapi cenderung akan menipis dengan berjalannya waktu. Diyakini bahwa sumber daya listrik ini telah dikonfirmasi menambah masalah seperti membutuhkan bahan bakar fosil untuk menggerakkannya. Mereka yang tidak bijak menghabiskan listrik seolah listrik itu energi abadi. Padahal bukan. Maka dari itu perlu disadari oleh sebanyak mungkin orang untuk kembali menuju hidup yang teratur dan mencoba ramah lingkungan, dengan membuat mereka untuk mencari alternatif sumber listrik untuk penggunaan sehari-hari dibanding bersandar pada generator negara. Sebelum masalah ini mengenai energi menjadi masalah internasional, teknologi yang selalu dapat diandalkan sekali lagi membuktikan nilainya, dengan memperkenalkan kepada kita kekuatan sel surya. Namun mengapa Solar Cell sebagai teknologi pemanfaatan energi matahari belum menjadi sumber daya alternatif? Yang akan menjadi pengganti daya listrik generator umum selama bertahun-tahun ke depannya.

Ada kecurigaan bahwa yang menjadi masalahnya adalah para spekulan minyak. Jika muncul energi alternatif, maka perusahaan minyak akan jatuh, karena minyak akan berharga murah. Mereka mencegah harga murah karena mereka tidak akan lagi jadi kaya. Maka dari itu mereka mati matian berupaya agar teknologi Solar Cell tidak dikembangkan oleh banyak orang ataupun banyak Negara. Walau demikian tentu saja ada perlawanan dari mereka yang peduli dalam pengembangan teknologi alternatif yang lebih sehat.  Solar Cell sebagai pemanfaatan energi matahari bisa menggantikan sumber utama listrik terutama karena banyak orang yang menggunakan penyimpanan energi. Dan terus terang, ini bisa menjadi investasi yang baik bagi tempat yang selalu bayar pet listriknya.

 

Baca juga :

               Wisata Ke Situ Lengkong Panjalu, Danau yang Punya Pulau Kecil di Tengahnya

               Rilis Tanggal 16 Juni 2016, Inilah Sedikit Informasi Tentang Bluetooth 5

 

Harga Relatif Mahal

Secara harga memang tak perlu dibahas lebih jauh, sebagian besar sistem tenaga surya dalam pemanfaatan energi matahari yang cukup sangat mahal dan banyak orang mungkin akan mengatakan akan tidak mampu membelinya.  Walau jika lebih niat, ada banyak cara untuk bisa mendapatkan teknologi ini dengan cara yang lebih murah. Ada banyak keuntungan menggunakan sel tenaga surya baik untuk rumah atau untuk organisasi. Mereka yang yakin akan dapat menghemat banyak uang dari segala jenis tagihan listrik dan itu akan sangat menguntungkan dalam keadaan darurat pada saat seperti listrik padam. Menghasilkan listrik tanpa perlu menghasilkan karbon dioksida inilah yang menjadi kekuatan utama dari pembangkitan listrik sel surya Oleh karena itu, benar-benar diakui sebagai energi alternatif yang ideal dari sumber daya alam.

Akhir-akhir ini, telah terjadi peningkatan pesat dari teknologi kapasitas untuk penggunaan sel PV pada pemanfaatan energi matahari. Dan telah meningkat sekitar 42 % dalam satu tahun dan sehingga lebih banyak orang yang berencana menggunakan sistem surya di rumah mereka dan juga untuk bisnis mereka. Yang jadi masalah adalah, kurangnya paparan sinar matahari yang menjadi kelemahan dalam dasar dari masalah produk berbasis sinar matahari. Hanya tempat yang cerah sepanjang waktu yang bisa mempergunakan kekuatan ini lebih efektif. Tapi yang perlu orang yakini tentu saja, energi solar itu abadi. Anda bisa saja menunggu teknologi yang lebih murah mengenai solar sel di masa depan. Lebih murah lebih dihandalkan. Namun tentu saja hambatannya ada pada orang orang minyak dan energi lain, yang berupaya menjegal sumber energi abadi ini.

Terlepas dari hambatan permasalahan tersebut, pemanfaatan energi matahari saat ini memang belum sepenuhnya efektif dan efisien dalam penggunaannya untuk menghasilkan sebuah energi listrik. Terlebih lagi harganya yang sangat melambung tinggi menyebabkan tidak seimbangnya pengeluaran secara finansial dengan energi yang dihasilkan. Namun, perkembangannya sudah cukup baik, dari tahun ke tahun teknologi ini sudah dikembangkan menjadi lebih baik, dan harapannya ke depan adalah teknologi ini dapat menggantikan ketika sumber daya alam yang ada telah habis. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel