Apa Itu BIS Dan BES Pada BlackBerry? Dan Apa Perbedaannya?

25 Jun 2011 13:05 14672 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengguna BlackBerry pasti tidak awam dengan istilah BIS dan BES pada *handset* miliknya. Layanan *online* BlackBerry sepenuhnya berpusat pada BIS atau BES. Apakah BIS dan BES ini sebenarnya? Paseban kali ini ingin menjelaskan lebih detail tentang dua istilah ini.

Pengguna BlackBerry pasti tidak awam dengan istilah BIS dan BES pada handset miliknya. Layanan online BlackBerry sepenuhnya berpusat pada BIS atau BES. Apakah BIS dan BES ini sebenarnya? Plimbi kali ini ingin menjelaskan lebih detail tentang dua istilah ini.

BlackBerry Enterprise Service (BES)

BES adalah singkatan dari BlackBerry Enterprise Server. Seperti yang Anda duga dari namanya, teknologi BES difokuskan pada pelanggan perusahaan (menengah sampai besar). Perusahaan-perusahaan ini menggunakan sistem seperti Lotus Notes, Microsoft Exchange, atau Novell Groupwise untuk menyediakan email bagi karyawan dan juga kemampuan terkait lainnya.

BlackBerry Enterprise Server bertindak sebagai penghubung antara sistem dengan handset BlackBerry karyawan. BES juga memberikan perusahaan kontrol terpusat atas semua handset BlackBerry karyawan-karyawan mereka. Dan kemudian BES akan bertindak sebagai proxy server sehingga pengguna BlackBerry dapat mengakses internet atau intranet perusahaan. Dengan kata lain:

BES = email perusahaan + intranet / internet akses + manajemen perangkat

Untuk menggunakan BES (dan mendapatkan akses ke email perusahaan), handset BlackBerry harus "paired" dengan server BES yang dikelola oleh perusahaan. BES akan memonitor kotak surat pada server email perusahaan, dan akan memberikan pemberitahuan kepada masing-masing handset BlackBerry karyawan apabila ada email, undangan pertemuan, dan perubahan kalender baru yang masuk ke server perusahaan.

BlackBerry Internet Service (BIS)

BIS adalah singkatan dari BlackBerry Internet Service. Berbeda dengan teknologi BES, BIS adalah teknologi personal konsumen. Konsumen tidak menggunakan mail server pusat, mereka memiliki akun email di berbagai tempat seperti Yahoo, Google, atau Internet Service Provider (ISP) mereka. BIS memungkinkan mereka mengirim dan menerima email pribadi. Hal ini juga memungkinkan mereka mengakses internet dari perangkat mereka. Dengan kata lain:

BIS = email pribadi + akses internet

Perbedaan

Pada BIS, kontrol sepenuhya dipegang oleh pengguna. Apabila terdapat batasan, batasan itu dibuat oleh ISP atau operator ponsel pengguna. Pada BES kontrol sepenuhnya dipegang oleh server perusahaan. Perusahaan bisa menentukan apa yang bisa atau tidak bisa diakses oleh handset karyawannya. Contoh, apabila perusahaan memiliki kebijakan karyawan tidak diperbolehkan menggunakan Facebook pada handset BlackBerry-nya, server BES perusahaan bisa melumpuhkan Facebook pada semua handset BlackBerry karyawan.

Server BES perusahaan bisa melakukan satu kali instalasi aplikasi untuk semua handset BlackBerry karyawannya. Contoh, sebuah perusahaan memiliki 500 handset BlackBerry untuk masing-masing karyawannya, dan perusahaan ingin menggunakan satu aplikasi pada BlackBerry untuk mendukung sistem kerja mereka. Melalui server BES perusahaan, instalasi aplikasi pada 500 handset tersebut bisa dilakukan melalui satu kali proses. BES juga memiliki otoritas untuk menghapus seluruh data atau mengunci handset BlackBerry yang berada pada jaringan server-nya. RY

Tags Ulasan

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel