5 Penemuan Isaac Newton yang Membuatnya Menjadi Terkenal Hingga Saat Ini

25 Jan 2014 18:00 12467 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Nama Isaac Newton sering kali dikaitkan dengan gaya gravitasi. Tentu saja, itu tidak salah dan justru sangat benar.

Sir Isaac Newton lahir di Lincolnshire pada 25 Desember 1642 (kalender Julian). Ia dikenal sebagai ahli fisika, matematika, astronomi, filsafat, teologi Kristen dan ekonomi. Salah satu karya yang sangat terkenal dan mampu merubah dunia adalah  Philosophiae Naturalis Principia Mathematica tahun 1687. Banyak penemuan-penemuan ilmiah yang ia tuangkan dalam buku tersebut. Selain buku sains Isaac Newton juga kerap menuliskan buku-buku tentang pandangan keagamaannya yang ternyata memegang pemahaman Kristen Orthodox timur. Berikut ini Plimbi akan menuliskan berbagai penemuan Isaac Newton terpenting dan berpengaruh pada dunia sains:

Mekanika klasik
Sebuah penemuan yang sangat melegenda dari Isaac Newton adalah mekanika klasik dimana dalam bidang ini Newton mencetuskan adanya prinsip kekekalan momentum serta momentum sudut. Mekanika klasik sering disebut sebagai mekanika Newton yang memiliki sub bagian lagi, diantaranya adalah statika yakni mempelajari benda diam, kinematika mempelajari benda yang bergerak, serta dinamika yaitu ilmu yang mempelajari benda bergerak karena terpengaruh gaya. Mekanika klasik atau mekanika Newton berguna untuk digunakan guna menjelaskan berbagai gerakan benda sebesar manusia, sederhanaya seperti gasing atau bisbol. Bisa juga untuk menjelaskan benda-benda astronomi, diantaranya adalah planet dan galaksi, maupun berbagai benda mikroskopis seperti molekul organik. Yang pasti mekanika klasik mampu menghasilkan hasil yang begitu sangat akurat dalam kehidupan sehari-hari.

Hukum gerak Newton
Sebuah penemuan yang sangat erat kaitannya dengan Mekanika klasik. Huku gerak Newton berisi 3 hukum fisika yang merupakan dasar Mekanika klasik. Hukum pertama adalah berisi: setiap benda dapat memiliki kecepatan yang konstan kecuali terdapat gaya yang resultannya tidak nol bekerja pada benda tersebut. Sedangkan hukum yang kedua berisi resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda, maka dianggap sama dengan turunan dari momentum linear benda tersebut dengan waktu. Untuk hukum gerak ketiga adalah gaya aksi serta reaksi dari dua buah benda mempunyai besar yang sama, dengan arah terbalik dan segaris. Hukum ketiga ini sering disebut sebagai hukum aksi-reaksi, dengan rumus F disebut sebagai aksi serta -F merupakan reaksinya.

 

Baca juga :

               Empat Game Aplikasi Hukum Newton ala Android

               Phab2 Pro, Smartphone Lenovo Yang Sudah Dukung Project Tango Google

 

Metode Newton
Metode Newton sering kali disebut juga metode Newton-Raphson. Nama Raphson diambil dari ilmuwan bernama Joseph Raphson. Metode Newton diklaim sebagai metode yang paling tepat dan akurat guna mencari hampiran terhadap akar fungsi riil. Barangkali Metode Newton merupakan metode yang paling luas dipakai dari semua rumus penemuan akar. Lantaran Metode Newton adalah metode yang terbuka, maka dari itu tetap harus diperlukan nilai tebakan awal. Apabila tebakan awal pada akar adalah xi, maka sebuah garis singgung atau tangen bisa ditarik dari titik [xi,f(xi)]. Titik dimana garis singgung tersebut memotong sumbu x umumnya menyatakan taksiran akar yang dianggap lebih baik. Butuh satu halaman penuh untuk menjelaskan lebih rinci mengenai Metode Newton ini.

Hukum gravitasi universal Newton
Salah satu penemuan yang sangat terkenal dan melegenda serta sangat berpengaruh dari Isaac Newton, yakni hukm gravitasi universal. Sangat populer bagi pelajar Sekolah Dasar. Hukum gravitasi universal Newton pada bidang fisika memiliki arti gaya tarik untuk saling mendekat satu sama lain. Setiap benda yang terdapat massa m1 selalu memiliki gaya tarik menarik terhadap benda lain dengan massa m2. Sedangkan pada bidang mekanika klasik, hukum gravitasi dijelaskan bahwa benda apapun yang berada di atas atmosfer akan ditarik oleh bumi. Inilah yang kemudian hukum gravitasi dikenal sebagai fenomena benda jatuh. Hukm gravitasi universal diteliti  lebih jauh, terutama pada bidang astronomi. Akhirnya hukum gravitasi mampu menjelaskan mengapa bumi berputar mengelilingi matahari karena berusaha mengimbangi gaya tarik-menarik gravitasi bumi-matahari.

Bidang Optik
Tidak disangka bahwa Isaac Newton juga merupakan ahli dalam bidang optika. Terbukti Newton mengajar bidang optika dari tahun 1670 sampai tahun 1672. Bahkan pada periode tersebut, Newton mampu menginvestigasi refraksi cahaya, serta menunjukkan bahwa kaca prisma bisa berfungsi membagi-bagi cahaya putih menjadi berbagai macam spektrum warna, dengan lensa serta prisma yang keduanya dapat menggabungkan kembali cahaya-cahaya tersebut menjadi cahaya putih. Newton juga berhasil merancang sebuah teleskop refleksi yang pertama.

Kesimpulan

Itulah lima penemuan Isaac Newton dan karena temuannya, sampai saat ini Newton tetap dianggap sebagai ilmuwan paling berpengaruh oleh dunia, bahkan melebihi Albert Einstein. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel