Near Field Communications (NFC) - Teknologi Nirkabel Baru Untuk Masa Depan

24 Jun 2011 16:02 4534 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Near Field Communications (NFC) adalah nama umum untuk teknologi baru yang memungkinkan interaksi antar perangkat dalam jarak dekat. Ketika berbicara mengenai NFC, terdapat dua fungsi utama; Open NFC dan Secure NFC.

Near Field Communications (NFC) adalah nama umum untuk teknologi baru yang memungkinkan interaksi antar perangkat dalam jarak dekat. Ketika berbicara mengenai NFC, terdapat dua fungsi utama; Open NFC dan Secure NFC. Open NFC mengacu pada interaksi antara dua perangkat NFC atau penggunaan perangkat NFC untuk membaca NFC Tag dan menerima konten. Secure NFC, di sisi lain, adalah tentang menggunakan perangkat mobile sebagai dompet virtual atau kartu kredit untuk alat pembayaran dengan men-swipe perangkat mobile pada NFC Reader.

NFC Tag sebenarnya adalah sebuah chip kecil yang bisa ditanam pada media apapun. Dan pada penerapan yang sebenarnya, istilah NCF Tag dapat berupa sebuah poster, kartu, perangkat elektronik, dan bentuk-bentuk lainnya yang di dalamnya tertanam chip NFC Tag.

Saat ini NFC dipandang sebagai salah satu area paling menarik dalam industri mobile. Proyeksi menunjukkan 700 juta ponsel berteknologi NFC akan dijual pada tahun 2013, menurut Jupiter Research.

Open NFC
Dengan teknologi Open Near Field Communications (NFC), pengguna hanya tinggal mendekatkan perangkat berteknologi NFC miliknya ke NFC Tag untuk melakukan tindakan seperti 'check in' di lokasi tertentu, mengumpulkan loyalitas poin di suatu toko, atau mengakses situs tanpa perlu mengetikkan URL. NFC Tag juga dapat digunakan untuk mempromosikan aplikasi disetiap toko aplikasi online, misalnya, daripada harus mengunjungi toko online untuk mencari aplikasi tertentu, pengguna hanya perlu membaca NFC Tag dengan perangkat mobile-nya dan download aplikasi akan berlangsung.

NFC Tag, yang harganya hanya beberapa sen, menawarkan potensi besar bagi pengiklan, toko retailer, dan lain-lain untuk tetap berhubungan langsung dengan pelanggan. NFC Tag dapat dipasang di setiap lokasi, termasuk titik ritel telepon, toko kopi, atau bahkan di supermarket lokal. Selain itu, NFC Tag akan memberikan hasil promosi yang jelas jika dibandingkan dengan poster atau media iklan lainnya yang semacam itu. Dengan sistem dimana pelanggan bisa berinteraksi menggunakan perangkat mobile-nya dengan sebuah media iklan, ukuran apakah media iklan tersebut efektif atau tidak bisa diukur dengan tepat.

Secure NFC
Secure NFC, di sisi lain, penggunaannya akan menjadi lebih terbatas pada hal yang mengutamakan keamanan. Untuk kedepannya, sistem Secure NFC akan lebih banyak digunakan oleh Bank. Dan juga sesuatu yang membutuhkan keamanan lainnya, seperti sistem pembayaran, kunci pintu hotel, kunci mobil, dan bahkan kartu identitas. RY

Tags Ulasan

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel