Tips dan Trik Fotografi Mengambil Foto Panorama yang Baik Melalui Smartphone

23 Jan 2014 17:00 14379 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Smartphone memberikan kita kemudahan dalam hidup. Tidak terkecuali dengan kamera yang ada pada smartphone. Dengan kamera ini, kita bisa mengambil berbagai macam foto dimanapun dan kapanpun kita berada. Fitur di dalam kamera smartphone-pun menjadi satu hal yang menarik. Kita dapat memeanfaatkan amenra dalam berbagai mode dan tampilan sesuai dengan keinginan. Salah satu fitur pada kamera smartphone yang sedang tren belakangan ini adalah foto panorama.
 

Smartphone memberikan kita kemudahan dalam hidup. Tidak terkecuali dengan kamera yang ada pada smartphone. Dengan kamera ini, kita bisa mengambil berbagai macam foto dimanapun dan kapanpun kita berada. Fitur di dalam kamera smartphone-pun menjadi satu hal yang menarik. Kita dapat memanfaatkan kamera dalam berbagai mode dan tampilan sesuai dengan keinginan. Salah satu fitur pada kamera smartphone yang sedang tren belakangan ini adalah foto panorama. Melalui fitur ini, gambar panorama yang  kita dapatkan akan menampilkan  pemandangan keseluruhan dari objek yang kita inginkan. Memang, jika pertama kali baru mencobanya, kita akan merasa kesulitan.Namun kita dapat mempelajarinya sedikit demi sedikit. Dengan memanfaatkan kamera pada smartphone, ada berbagai macam variasi teknik, tips dan trik fotografi yang bisa Anda terapkan untuk hasil terbaik.

Berikut adalah tips dan trik fotografi untuk mengambil foto panorama melalui smartphone Anda.

  • Pencahayaan dan Bentuk

Dalam foto standar, Anda perlu mengerti posisi dalam mengambil berbagai kesempatan untuk mendapatkan hasil foto terbaik, termasuk dalam masalah pencahayaan. Dan pada foto panorama, pencahayaan akan berganti mengikuti urutan foto yang Anda ambil, terutama bila Anda berada di dalam ruangan. Bentuk objek pada foto panorama juga memainkan peranan penting, Cahaya akan mudah terpantul pada ruangan tertutup, entah pada tembok atau lantai, yang menyebabkan masalah dalam pengambilan gambar. Pada ruangan terbuka, kita juga bisa merasa kesulitan. Bisa saja gambar yang kita ambil akan semakin gelap.

Untuk tips dan trik fotografi untuk foto panorama pada ruangan indoor, hindari mengambil foto panorama melalui smartphone jika Anda tidak memiliki kontrol pencahyaan. Selain itu, Anda harus selalu membidik dengan tepat ketik pengambilan foto sedang berlangsung.

  • Hindari Benda Bergerak

Adalah hal yang sulit jika Anda mengambil foto panorama pada benda-benda bergerak, seperti misalnya mobil. Anda akan mendapatkan hasil gambar yang aneh. Oleh karena itu, hindari pengambilan foto panorama pada benda yang bergerak cepat. Jadi, jika Anda ingin mengambil foto panorama di ruangan terbuka, Anda perlu memperhatikan lingkungan di sekitar Anda.

Anda juga bisa mengetes terlebih dahulu beberapa pengambilan gambar, agar Anda bisa mendapatkan ide yang pas, jadi akan meminimalisir gagalnya pengambilan foto.

 

Baca juga :

                    Xiaomi Mi Max, Hadir Dengan Layar Ekstra Lega

                   5 Jenis Buku Islami yang Layak Dibaca Saat Bulan Ramadan

 

  • Posisi dan Stabilitas

Foto panorama memerlukan pergerakan dari kiri ke kanan, yang berarti Anda juga perlu bergerak mengikuti objek yang Anda inginkan. Ini tentu saja akan sedikit sulit, karena pergerakan kita akan berpengaruh pada hasil foto.

Oleh karena itu, pada saat mengambil foto panorama, Anda dapat menggerakkan badan sedikit demi sedikit, dan jaga kaki Anda agar tidak banyak bergerak serta pada posisi yang stabil.

  • Aplikasi yang Tepat

Pengguna smartphone Android dan iPhone mungkin tidak memerlukan aplikasi lain dalam membuat foto panorama. Kamera pada kedua jenis platform tersebut memiliki perangkat lunak dengan fitur panorama didalamnya. Dengan memanfaatkan apliaksi kamera built-in ini, Anda dapat membuat foto panorama dimanapun Anda berada. Aplikasi ini menawarkan tampilan yang mudah diakses penggunanya, untuk membantu Anda dalam mengambil foto satu per satu. Anda akan diberi panduan pengambilan foto panorama, sebelum Anda mengambil foto secara otomatis. Fungsi ini sangat membantu para penggunanya.

Apabila smartphone Anda tidak memiliki fungsi panorama pada kameranya, Anda bisa mengunduh aplikasi yang memberikan fungsi ini di toko aplikasi yang disediakan oleh platform pada smartphone Anda. Pilihlah yang memiliki fungsi terbaik, ditambah dengan fitur-fitur yang membantu. Jika Anda memilih apliaksi yang tepat, maka Anda akan bisa mendapatkan hasil foto panorama yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Mengambil foto panorama adalah hal yang menyenangkan, dan bisa Anda jadikan sebagai hobi. Smartphone merupakan salah satu media yang tepat untuk mengambil foto panorama, dengan fungsi yang menakjubkan.

Namun, harap diingat jika mengambil foto panorama tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu melihat kedaan disekitar Anda. Tidak hanya itu saja, pengambilan foto juga harus dalam posisi yang terbaik dan tepat. Dengan tips dan trik fotografi untuk mengambil foto panorama tersebut, sekarang Anda dapat melatih kemampuan Anda, dan hasil yang Anda dapatkan bisa Anda pamerkan kepada teman-teman. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel