Tips dan Trik Android Mengatasi Ponsel Android yang Tidak Mau Hidup

23 Jan 2014 14:00 61255 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengapa banyak orang menggunakan ponsel Android? Jawabannya adalah karena kemudahan penggunannya. Anda hanya memerlukan sedikit tombol untuk dapat berselancar melalui ponsel Anda. Dari tombol-tombol tersebut, Anda akan menemukan satu tombol fisik yang fungsinya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan ponsel Android Anda. Tombol power ini sangat krusial penggunannya, dimana akan sering digunakan oleh para pemakai ponsel berplatform Android.
 

Mengapa banyak orang menggunakan ponsel Android? Jawabannya adalah karena kemudahan penggunannya. Anda hanya memerlukan sedikit tombol untuk dapat berselancar melalui ponsel Anda. Dari tombol-tombol tersebut, Anda akan menemukan satu tombol fisik yang fungsinya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan ponsel Android Anda. Tombol power ini sangat krusial penggunannya, di mana akan sering digunakan oleh para pemakai ponsel berplatform Android. Lalu, bagaimana jika tiba-tiba tombol tersebut tidak bekerja dengan baik? Jangan panik. Perangkat Android memang terkadang tidak merespon dengan baik pada aktifitas yang Anda lakukan di dalamnya. Ketika Anda tidak dapat mengakses tombol power, bukan berarti ponsel Anda rusak, karena hal seperti ini bisa disebabkan oleh gangguan-gangguan lainnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika Anda mengalami kejadian seperti itu. Berikut Plimbi sajikan tips dan trik Android tersebut untuk Anda.

  • Tekan dan Tahan Tombol Power atau Cabut Baterai

Adalah hal yang mungkin bagi perangkat elektronik saat ini yang menggunakan tenaga baterai seperti smartphone, tablet, dan laptop, tidak merespon dengan baik navigasi tombol Anda, termasuk pada saat ingin mematikannya. Dalam kata singkat, tombol power tidak selamanya bekerja seperti seharusnya.

Biasanya, solusi untuk masalah seperti ini adalah dengan mencabut baterai, tunggu beberapa saat, kemudian masukkan baterai kembali pada tempatnya dan setelah itu tekan tombol power untuk menghidupkannya. Jika device Anda memiliki baterai yang terpisah dari baterai, maka itu bukan merupakan hal yang sulit dan tidak menjadi masalah bagi Anda. Tentu saja, ada juga device dengan baterai yang menyatu dengan bodinya. Untungnya, untuk device seperti ini Anda masih dapat mengatasinya secara efektif.

Tips dan trik Android yang bisa Anda jalankan adalah dengan menekan dan tahan tombol power selama paling tidak sepuluh detik. Jika tidak terjadi apa-apa, tahan tombol lebih lama lagi. Sekarang , ponsel Android Anda seharusnya sedang melakukan reboot.

  • Charge Perangkat Anda

Jika perangkat Anda masih tidak bisa melakuakn reboot, dan tidak terjadi hal apapun ketika Anda sudah lama menahan tombol power, mungkin bisa saja perangkat Android Anda kehabisan tenaga. Untuk mengatasinya, isi ulang baterai perangkat Android Anda.

Tinggalkan perangkat selama beberapa saat, mungkin beberapa menit, dan kemudian cobalah untuk menghidupkannya kembali dengan menekan tombol power. Diharapkan setelah itu perangkat Anda dapat bekerja seperti semestinya. Dalam beberapa kasus, Anda juga perlu mengisi ulang baterai dalam waktu yang cukup lama, diikuti dengan menekan tombol power.

 

Baca Juga :

                    Ponsel Android Tanpa Perhiasan Ini Malah Dijual Rp 190 Juta, Kok Bisa?

                    Wisata Ke Situ Lengkong Panjalu, Danau yang Punya Pulau Kecil di Tengahnya

 

  • Factory Reset

Jika ponsel Android Anda bisa hidup, namun memeiliki problem seperti proses booting yang gagal, perangkat lunak tidak bisa bergerak, atau kemudian tiba-tiba restart kembali, mungkin problemnya ada pada software di dalam perangkat Anda. Dalam kasus seperti ini, menahan lama-lama tombol power ataupun isi ulang baterai tidak akan banyak membantu.

Untuk itu, Anda memerlukan langkah besar selanjutnya dengan melakukan factory reset. Metode ini dapat memperbaiki masalah respon pada perangkat Android Anda tersebut. Ada beberapa cara untuk melakukan factory reset pada device Anda. Sebagai catatan, metode ini dapat menghapus file-file pada perangkat Android Anda, karena perangkat Anda akan diubah seperti pertama kali Anda menggunakannya. Metode ini hanya bisa digunakan sebagai alternatif dari skenario terburuk yang terjadi pada device Anda.

Untuk melaksanakan tips dan trik Android ini, Anda perlu mengakses recovery mode pada device. Ketika device dalam keadaan mati, tekan kombinasi seperti tekan dan tahan volume up + volume down + power, tekan dan tahan volume up + home + power, atau, tekan dan tahan home + power. Berhasil atau tidaknya kombinasi tersebut tergantung pada model dan merk perangkat Android Anda. Android akan membuka suatu panel, tekan volume up atau down untuk menuju ke opsi Recovery mode. Tekan tombol power pada perangkat Anda, dan Anda akan menuju ke recovery mode.

Kemudian, tekan dan tahan power tiikuti dengan menekan tombol volume up. Pilih opsi wipe data. Factory reset dengan menekan power. Pilih Yes dan tekan Power, setelah itu pekerjaaan Anda selesai.

Kesimpulan

Jika tips dan trik Android untuk menghidupkan kembali ponsel Anda tersebut sudah dilakukan dan ponsel Anda tetap tidak mau hidup, maka bisa saja ponsel Anda memang mengalami kerusakan. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengklaim garansi atau memperbaikinya pada toko resmi yang terpercaya. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel