Monsieur - Teknologi Robot Terbaru Sebagai Bartender Pembuat Minuman

21 Jan 2014 21:00 2712 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Monsieur adalah perangkat teknologi robot terbaru dalam bentuk meja persegi yang bekerja seperti mesin penjual otomatis untuk cocktail. Pilih pesanan Anda pada layar sentuh warna-warni yang disediakan atau pesan dari telefon Anda, dan mesin itu akan mencampur liquors dengan campuran-campuran lainnya lalu menuangkannya ke dalam gelas Anda. Ketika nanti sudah benar-benar lengkap, Monseiur dapat membuat hingga 300 jenis minuman.

Jika Anda pernah berada di sebuah bar yang ramai atau pesta yang diselenggarakan, Anda mungkin harus menunggu dalam waktu yang lama untuk minum. Satu jawaban untuk masalah itu adalah "sebuah" bartender baru dengan nama khas Prancis, Monsieur. Dia pendek, gemuk dan tidak banyak bicara, tetapi dia akan menyiapkan satu minuman untuk Anda dalam sekejap. Monsieur adalah perangkat teknologi robot terbaru dalam bentuk meja persegi yang bekerja seperti mesin penjual otomatis untuk cocktail. Pilih pesanan Anda pada layar sentuh warna-warni yang disediakan atau pesan dari telefon Anda, dan mesin itu akan mencampur liquors dengan campuran-campuran lainnya lalu menuangkannya ke dalam gelas Anda. Ketika nanti sudah benar-benar lengkap, Monseiur dapat membuat hingga 300 jenis minuman.

Perangkat teknologi robot terbaru ini merupakan gagasan dari Barry Givens, co-founder dan CEO dari Monsieur, dan merupakan langkah awal dari mesin tersebut. Ide untuk sebuah "robot bartender" seperti dia menyebutnya, datang saat dia berjuang untuk mendapatkan minuman pada sebuah bar yang ramai ketika musim semi selama final NBA. Dia dan rekannya Georgia Tech serta Eric Williams, kepala kantor teknologi Monsieur, merancang mesin itu setelah kampanye penggalangan dana di Kickstarter.

Desain Monsieur

Teknologi robot terbaru Monsieur berukuran tinggi 20 inci dan lebar 21 inci serta menggunakan layar sentuh berwarna Android yang memungkinkan para pelanggan untuk mencari dan memesan minuman-minuman mereka hingga delapan campuran dan liquors. Layar sentuh itu mengatur pendingin, pompa, sensor dan komponen mekanik lainnya yang digunakan untuk mencampur bahan-bahan dan memberikan minuman Anda. Di bawah layar sentuh itu terdapat tempat terbuka dimana Anda meletakkan gelas Anda. Sebuah sensor mencegah minuman untuk dituang sebelum gelas diletakkan.

Setiap Monsieur dilengkapi dengan 12 tema, seperti "bachelorette party", "Irish pub" atau "cigar bar", dan setiap tema memberikan 20 sampai 25 pilihan minuman. Mesin ini hanya menawarkan minuman yang bebasis liquor, tetapi pencipta-penciptanya ingin menambahkan bir, anggur dan champagne. Para pelanggan juga dapat membuat tema dan minuman untuk kemudian dibagi dengan orang lain melalui sosial media.

iTunes Cocktails

Givens berharap teknologi robot terbaru Monsieur akan menjadi iTunes untuk cocktails, memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia untuk bertukar tema dan cocktails sama seperti ketika mereka berbagi lagu atau album secara online. Williams mengatakan satu fitur spesial dari Monsieur adalah kecerdasan artifisialnya, mesin tersebut dapat merekomendasikan minuman-minuman berdasarkan apa yang sudah pernah dipesan sebelumnya, sesuai musim atau waktu dalam sehari. Dia juga dapat diprogram dari Smartphone Anda, katakanlah untuk menyiapkan Anda minuman ketika Anda tiba di rumah sehabis pulang kerja.

 

Baca juga :

                   Zenbo, Robot Buatan Asus Yang Dapat Bantu Manusia

                   5 Minuman dan Makanan Manis ini Paling Direkomendasikan untuk Buka Puasa

 

Fitur Lain

Givens bangga akan fitur lainnya yang terdapat pada Teknologi robot terbaru ini yaitu bagian "tanggung jawab" dari  aplikasi mobile Monsieur. Anda bisa memasukkan jenis kelamin dan berat badan Anda, kemudian aplikasinya akan melacak berapa banyak liquor yang sudah Anda konsumsi dan memperkirakan tingkat alkohol dalam darah Anda.

Givens juga mengatakan bahwa aplikasi tersebut dapat "memberhentikan peminum" dengan memonitor profil mereka dan menentukan kapan mereka sudah terlalu banyak minum. Givens dan Williams berharap untuk melihat Monsieur terpasang di bar-bar dan suites tempat-tempat olahraga. Mereka mengatakan bahwa mereka tidak ingin mengganti bartenders tetapi untuk meningkatkan pelayanan mereka. Untuk menghilangkan peminum di bawah umur, Williams menyarankan agar bar-bar tersebut membagikan gelang identifikasi dengan radio frekuensi ketika mereka mengecek ID pelanggan. Gelang-gelang tersebut memiliki RFID chips di dalamnya untuk menyatakan bahwa pemakainya telah berusia lebih dari 21 tahun. Sebelum pelanggan dapat membeli minuman dari mesin Monsieur, mereka harus memindai gelang RFID yang mereka pakai. Tim teknologi robot terbaru Monsieur berharap untuk dapat mengimplementasi teknologi ini ke dalam mesin itu pada bulan April.

Sistem Pembayaran

Monsieur untuk saat ini tidak memiliki sistem untuk menerima pembayaran, tetapi Givens dan Williams ingin menambahkan fitur yang dapat membiarkan para pelanggan untuk membayar minuman mereka secara online atau dengan menggesekkan kartu pada mesin. Teknologi robot terbaru Monsieur bukannya robot bartender satu-satunya yang ada di pasar. Perusahaan California mengkalim bahwa Bartendro, sebuah sistem liquid-dispensing yang terdiri dari pompa tabung-tabung terbuka, dapat membuat cocktail dalam 10 detik. Aplikasi Makr Shakr memungkinkan partygoers untuk mengontrol robot bartender tiga tangan dengan menggunakan telefon-telefon selular mereka.

Harga Monsieur

Di event Atlanta, Panke dan rekan peminumnya Ken Ferguson mengatakan bahwa mereka dapat melihat diri mereka sendiri menggunakan Monsieur untuk pesta-pesta, events and pertandingan sepak bola. Jika kalian ingin mempunyai Monsieur sendiri untuk membuatkan kalian minuman, itu akan dikenakan biaya. Harga ecerannya adalah $ 5.000, tidak termasuk biaya pengiriman. Pelanggan komersial akan membayar biaya setup satu kali sebesar $ 1.000 ditambah $299 setiap bulannya untuk biaya langganan yang mencakup dukungan teknis dan akses ke aplikasi Web yang memungkinkan mereka untuk memantau status Monsieur mereka secara real time.

Kesimpulan

Givens membayangkan masa depan dari teknologi robot terbaru Monsieur seperti Starbucks. Dia ingin robot bartendernya menjadi identik dengan minuman sosial, seperti Starbucks dengan caranya yaitu kopi. Di masa depan "di manapun Anda berada, akan ada sistem Monsieur yang berada di dekat Anda dan Anda akan melalui proses yang mudah untuk mendapatkan cocktail", katanya. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel