Tak Sengaja Menghapus Chat History Aplikasi WhatsApp untuk Android? Berikut Cara Mengatasinya

19 Jan 2014 12:00 12439 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Aplikasi chatting tengah menjadi tren sekarang ini. Sebagai salah satu pelopor aplikasi chatting, WhatsApp telah menjadi pilihan banyak orang di seluruh dunia.


 

Aplikasi chatting tengah menjadi tren sekarang ini. Sebagai salah satu pelopor aplikasi chatting, WhatsApp telah menjadi pilihan banyak orang di seluruh dunia. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi chatting dengan jumlah terbanyak, dengan kemudahan penggunannya. Pada waktu sekarang ini, pengguna perangkat Android juga tidak luput dari yang namanya aplikasi WhatsApp. Melalui layar sentuh yang disematkan pada kebanyakan produk Android, pengguna akan lebih mudah dalam menavigasi aplikasi WhatsApp untuk Android. Namun, untuk beberapa orang, penggunaan layar sentuh juga dapat membuat frustasi apabila suatu waktu mereka salah memilih suatu tombol. Satu kali kesalahan saja bisa berakibat fatal, sebagai contoh, Anda tidak sengaja menghapus chat history WhatsApp. Bisa saja Anda bermaksud untuk memilih menu Add a conversation shortcut, namun yang tertekan justru Delete chat, dan kemudian Anda tap pada Yes tanpa berpikir panjang. Menyakitkan bukan? Catatan chating Anda hilang, meninggalkan Anda tanpa berbasa-basi terlebih dahulu. Bagaimana cara mendapatkannya kembali? Berikut Paseban sajikan untuk Anda.

1. Memperbaiki history chating yang baru dilakukan

Jangan terkejut, karena untuk mengembalikan apapun yang ada pada aplikasi WhatsApp untuk Android Anda dalam tujuh hari terakhir, caranya cukup sederhana. Cukup uninstall aplikasi, dan kemudian install kembali. WhatsApp secara otomatis akan membuat semacam backup data Anda setiap hari pada pukul 4, menurut waktu sistem,dan data ini akan disimpan pada SD card di ponsel Android Anda. Ketika Anda mneg-install kembali aplikasi, Anda akan diberi pemberitahuan untuk mengembalikan history chatting Anda. Cukup tap pada Restore dan semuanya yang ada pada apliaksi WhatsApp Anda selama tujuh hari terakhir akan kembali seperti semula.

2. Memperbaik history chatting lama

Untuk mengembalikan history chatting yang telah terhapus lebih dari tujuh hari akan sulit untuk dilakukan. Namun, ada  metode yang dapat Anda pertimbangkan untuk mengembalikan chat history aplikasi WhatsApp untuk Android Anda, dimana prosesnya sedikit rumit.

Untuk cara manual ini, Anda bisa memanfaatkan file manager. Cobalah Anda untuk menuju ke folder Database pada SD card. Navigasikan melalui pilihan menu sdcard, kemudian pilih WhatsApp, dan terakhir pilih Databases. Pada folder Database ini, Anda akan melihat beberapa file, dimana ini adalah file chat Anda. Anda akan melihat, jika file-file ini  memiliki nama seperti “msgstore-YYY-MM-DD.1.db.crypt”, dimana “YYY-MM-DD” melambangkan tahun, bulan, dan tanggal. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah klik rename pada “msgstore.db.crypt, masukkan“OLD”, atau lainnya pada nama file. Kemudian lihat daftar file di bagian bawah, maka Anda akan mndapatkan file yang ditandai dengan tanggal berbeda-beda. Pilih file yang ingin Anda kembalikan atau file yang tidak sengaja terhapus oleh Anda, dan beri nama “msgstore.db.crypt”.

Setelah semuanya Anda lakukan, kembali pada perangkat Android milk Anda. Langkah berikutnya yang Anda jalani adalah meng-uninstall, dan kemudian install kembali aplikasi WhatsApp untuk Android. Pilih Restore ketika Anda mendapat pemberitahuan. File chatting yang disimpan dengan nama “msgstore.db.crypt akan segera dikembalikan, dan kumpulan percakapan Anda juga akan ikut kembali. Sebagai catatan, apabila Anda me-restore file chat lama Anda, maka akan menghapus history chat Anda pada saat itu, dan akan sulit untuk memperbaiki history chat tersebut, karena Anda perlu mengulang proses-proses sebelumnya.

 

Baca juga :

                    WhatsApp Desktop, Versi Terbaru dari WhatsApp

                    Kembalinya Custom ROM Paranoid Android dengan Perilisan Terbarunya

 

3. Bagaimana dengan gambar, video, atau audio yang terhapus?

Selain tidak sengaja menghapus chat history, Anda juga bisa saja menghapus hal-hal lain seperti gambar dan video pada chat history. Adakah cara mengembalikannya? Jangan khawatir, file-file tersebut bisa dikembalikan, dan prosesnya juga mudah. Ketika Anda menghapus gambar atau video dari WhatsApp, mereka tidak benar-benar terhapus sampai Anda benar-benar menghapusnya. Mengembalikan gambar dan video tersebut adalah hal yang mudah, Anda cukup menuju ke File Manager, dan pada folder WhatsApp, bukalah folder Audio, Images. atau Video, tergantung file apa yang ingin Anda kembalikan. Kemudian pilih file yang Anda inginkan. Anda juga dapat melakukan langkah-langkah ini melalui komputer dengan mencolokkan ponsel via kabel USB.

Kesimpulan

Tidak sengaja menghapus chat history WhatsApp? Tidak usah terlalu khawatir, karena Anda dapat mengembalikannya lagi. Dengan cara-cara yang cukup mudah, Anda dapat mengembalikan chat history pada aplikasi WhatsApp untuk Android. Silakan ber-chatting ria kembali! [DEAS]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel