Bagaimana Cara Menggunakan Twitter Agar Tetap Aman dan Terhindar dari Phising

17 Jan 2014 11:30 4186 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Di tengah kepopuleran twitter saat ini, banyak akun pengguna yang tiba-tiba mengirim tweet tersendiri. Selain itu banyak pula akunnya tidak bisa diakses. Dengan masalah-masalah yang ada ini, tidak ada salahnya untuk mencoba tips-tips penggunaan twitter agar terhindar dari segala masalah yang ada. Tips ini tentu akan sangat berguna bagi banyak pengguna terutama pengguna pemula.

Twitter merupakan sebuah situs microbloging yang sedang populer dan naik daun. Situs yang menyediakan 140 karakter bagi penggunanya untuk berkicau ini menjadi tren tersendiri. Tidak hanya digunakan untuk keperluan ciut-ciut belaka namun Twitter telah menjelma menjadi salah satu alat marketing para perusahaan besar. Sayangnya aktivitas twitter saat ini sedang mengalami suatu dilema. Di tengah kepopulerannya saat ini, banyak akun pengguna yang tiba-tiba mengirim tweet tersendiri. Selain itu banyak pula akunnya tidak bisa diakses. Dengan masalah-masalah yang ada ini, tidak ada salahnya untuk mencoba tips bagaimana cara menggunakan Twitter agar terhindar dari segala masalah yang ada. Tips ini tentu akan sangat berguna bagi banyak pengguna terutama pengguna pemula.

Dengan memperhatikan tips bagaimana cara menggunakan Twitter berikut ini, diharapkan tidak ada lagi pengguna yang berkeluh kesah karena akunnya terganggu. Gangguan yang sering terjadi biasanya karena terkena phising. Phising merupakan kegiatan negatif karena memungkinkan informasi pribadi mudah dicuri. Jika sebuah akun dicuri, maka akun tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang melakukan phising. Salah satunya tentu dengan mengirimkan tweet yang mengganggu. Situasi seperti ini sudah banyak terjadi pada akun twitter akhir-akhir ini. Dan banyak pengguna mengeluh karena hal ini.

Untuk itulah, maka kini Plimbi mencoba memberikan tips bagi Anda yang terkena phising atau yang belum terkena agar berhati-hati menggunakan Twitter. Tanpa berlama-lama lagi, berikut dijelaskan tentang tips-tips penggunaan twitter agar terhindar dari  phising.

  • Berhati-hati Terhadap Segala Jenis Tautan

Tips penggunaan twitter agar terhindar dari phising yang pertama dan sangat penting adalah dengan menhindari segala jenis tautan. Tautan atau link yang muncul di linimasa (timeline) sebaiknya jangan asal klik. Kebiasaan klik tautan yang mencurigakan inilah yang membuat banyak akun twitter terkena phising. Banyaknya tautan meminta izin untuk mengakses data inilah yang menjadi penyebabnya. Selain itu, tautan pun biasanya muncul juga di DM (direct messages)Twitter. Isi pesan biasanya mengajak pengguna untuk mengkases situs tertentu. Jika ada pesan seperti ini, sebaiknya Anda abaikan karena tautan kemungkinan besar berisiko pada akun Twitter Anda.

  • Waspada Situs Palsu

Tips selanjutnya adalah mewaspadai berbagai situs palsu. Mau tidak mau Anda harus mempelajari dan membedakan mana situis yang terpercaya dan mana situs yang diragukan. Jangan biarkan pula sebuah situs, meskipun terpercaya jika situs tersebut meminta akses dengan cara authorize apps, maka sebaiknya pikir kembali. Apalagi jika situs meminta  Anda memasukan username dan password Twitter.

 

Baca juga :

               4 Fakta Ini yang Perlu Kamu Tahu, Kenapa Orang Suka Snapchat

               Top Author Mei 2016: Tunggu Program Baru dari Plimbi!

 

  • Hindari Akun Palsu dan Penyedia Followers Instan

Jika ada akun asing yang mencoba menawarkan sesuatu kepada Anda di Twitter, sebaiknya abaikan. Akun yang tidak dikenal tersebut ada kemungkinan adalah akun palsu yang mencoba mengakses akun Twitter Anda. Selain itu, Anda juga perlu mewaspadai baik situs maupun akun Twitter yang menyediakan followers secara instan. Sebaiknya memilih memiliki followers yang sedikit dibandingkan banyak tapi berbahaya.

  • Melakukan Revoke Aplikasi dan Atur Ulang Kata Sandi

Tips-tips penggunaan Twitter berikutnya berlaku bagi Anda yang sudah terlanjur terkena phising. Jika Anda ingin mencoba mengambalikan akun Twitter Anda agar tidak melakukan tweet otomatis, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan cara revoke aplikasi atau cabut akses aplikasi. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke pengaturan, kemudian pilih Apps dan pilihlah tulisan revoke acces pada aplikasi yang Anda curigai. Bila perlu revoke access semua aplikasi untuk berjaga-jaga. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengaturan ulang kata sandi. Mengganti kata sandi tentu juga sangat penting karena berkaitan dengan keamanan akun  Anda.

  • Kenali Phising dan Gunakan Penangkal

Salah satu cara lain dalam menangkal phising adalah mengenal segala bentuk phising. Bagi Anda yang pernah menjadi korban phising tentu harus belajar dari pengalaman agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. Salah satu cara agara phising tidak terjadi lagi adalah dengan cara melakukan langkah “pertahanan” pada akun Twitter Anda. Pelajari phising dan segala hal yang berkaitan untuk menangkalnya. Salah satu langkah penangkalan yang bisa dilakukan adalah dengan memasang ekstensi pada peramban atau browser Anda. Baik Chrome maupun Firefox umumnya memiliki ekstensi/add-on untuk penangkalan phising. Manfaatkalah hal ini untuk keamanan akun Anda.

Demikianlah penjelasan tips-tips penggunaan Twitter agar terhindar dari phising. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam menggunakan Twitter dengan aman dan terhindar dari berbagai gangguan. Mari berinternet dengan caa aman. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel