Jaringan 4G Verizon Akan Meninggalkan Operator Lain

6 Apr 2011 15:55 6295 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda mungkin bertanya-tanya apakah smartphone 4G baru yang Anda beli benar-benar mendapatkan kecepatan Jaringan 4G? Anda tidak perlu heran lagi. RootMetrics melakukan suatu studi untuk mengetahui kecepatan jaringan 4G setiap operator. Pengujian dilakukan di daerah Seattle.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah smartphone 4G baru yang Anda beli benar-benar mendapatkan kecepatan Jaringan 4G? Anda tidak perlu heran lagi.

RootMetrics melakukan suatu studi untuk mengetahui kecepatan jaringan 4G setiap operator. Pengujian dilakukan di daerah Seattle.

Temuan mereka menunjukkan bahwa keberhasilan jaringan LTE dari Verizon mencapai 100 persen. Kecepatan rata-rata datanya adalah antara 4 samapi 14,5 kali lebih cepat dibandingkan pesaing lainnya, dan rata-rata kecepatan uploadnya antara 4,7 dan 49,3 kali lebih cepat.

Beberapa model handphone diuji termasuk HTC Thunderbolt (Verizon), HTC Inspire (AT & T), HTC Evo (Sprint) dan Samsung Galaxy S (T-Mobile). CEO RootMetrics' Paul Griff mengatakan bahwa model smartphone dan perangkat kerasnya tidak berhubungan dengan kinerja 4G karena performa 4G hanya terkait pada jaringannya.

Wired 4G sebelumnya dipecah berdasarkan masing-masing operator dan berapa kecepatan yang bisa diharapkan dari setiap layanan. Jaringan LTE dari Verizon bisa mencapai kecepatan 5-12 Mbps untuk download dan 1-5 Mbps untuk upload; jaringan HSPA+ dari AT&T dapat mencapai kecepatan 6 Mbps download (dan mereka berencana untuk upgrade ke LTE tahun 2011); teknologi WiMax dari Sprint menunjukan kecepatan rata-rata 3-6 Mbps download dan 0,6-1,4 Mbps upload; dan jaringan HSPA+ dari T-Mobile seharusnya memberikan 5-10 Mbps download. AT&T dilaporkan telah membatasi kecepatan 4G pada handset Android, tetapi masih belum pasti diverifikasi.

Oakland-California, orang-orang di TechnoBuffalo memutuskan untuk melakukan tes kecepatan 4G oleh mereka sendiri dengan menggunakan Inspire HTC dan Thunderbolt.

Menggunakan layanan SpeedTest.net dan ponsel Wi-Fi, mereka menemukan kecepatan rata-rata 8,85 Mbps download dan 3,68 upload pada jaringan LTE Verizon, dan 2,16 Mbps download dan 0,16 upload pada layanan HSPA+ AT&T - setara dengan hasil RootMetrics.

RootMetrics berhati-hati untuk menunjukkan bahwa hanya mencapai kecepatan data yang tinggi tidak berarti banyak, kecuali hal itu terjadi secara teratur. Ditemukan bahwa 90% kecepatan download 4G Verizon lebih besar dari 10 Mbps, dan kecepatan upload mereka 100% antara 5 dan 10 Mbps.

Dan rata-rata kecepatan upload Verizon 37 persen lebih cepat dari kecepatan rata-rata download operator lain.


Diatas adalah grafik seberapa sering setiap layanan 4G dari masing-masing operator mencapai kecepatan download (0-500 Kbps sampai lebih dari 10 Mbps). Tabel ini menunjukkan bahwa Verizon mendominasi, AT&T menghabiskan sebagian besar waktu di bawah 50%, dan layanan Sprint dan T- Mobile lebih jauh lagi dengan kisaran dibawah 30%.

Banyak diberitakan bahwa AT&T dan T-Mobile akan merger, menarik untuk ditunggu, bagaimana hasil dari merger tersebut akan berdampak pada layanan 4G mereka?

"Hasil penelitian ini akan memberikan konteks yang menarik seputar data pengalaman konsumen untuk jaringan kedua operator di wilayah Seattle," kata seorang wakil dari RootMetrics.

Belum diketahui bagaimana jika kedua operator menggabungkan jaringan mereka, sulit diprediksi bagaimana merger tersebut dapat mempengaruhi masa depan layanan 4G mereka. Jika bukan jaringan LTE, maka akan sulit untuk menyaingi Verizon.

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel