Apakah Android Tablet Lebih Baik Dari iPad 2?

23 Jun 2011 17:17 7656 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Banyak perusahaan bertaraf internasional maupun lokal menciptakan Android tablet sebagai alternatif iPad 2, seperti Motorola Xoom, Samsung Galaxy Tab 10.1, HTC Flyer, dan lain-lain. Tetapi apakah Android tablet lebih baik dari iPad? Paseban memilih 6 poin untuk Anda jadikan bahan pertimbangan dalam menjawab pertanyaan ini, dan sebagai panduan dalam memilih tablet yang akan Anda beli.

Sudah lima belas bulan sejak iPad pertama rilis, hampir setiap perusahaan besar menciptakan tandingan produk terlaris Apple ini. Tandingan untuk iPad 2 sebagai keluaran terbarunya, banyak bermunculan di pasar. Dan produk-produk tandingan dari beberapa perusahaan besar tersebut memiliki satu benang merah, yaitu menggunakan Android sebagai OS.

PlayBook memang sengaja dikeluarkan RIM untuk menjadi tandingan iPad, tetapi sepertinya PlayBook masih belum layak menduduki posisi tersebut. Android tablet dipilih sebagai pesaing utama iPad 2 dalam pembahasan pada artikel ini.

Banyak perusahaan bertaraf internasional maupun lokal menciptakan Android tablet sebagai alternatif iPad 2, seperti Motorola Xoom, Samsung Galaxy Tab 10.1, HTC Flyer, dan lain-lain. Tetapi apakah Android tablet lebih baik dari iPad? Paseban memilih 6 poin untuk Anda jadikan bahan pertimbangan dalam menjawab pertanyaan ini, dan sebagai panduan dalam memilih tablet yang akan Anda beli.

1. Memiliki aplikasi lebih banyak dan/atau lebih baik

Hal terbaik tentang iPad adalah kuantitas dan kualitas menakjubkan dari aplikasi pihak ketiga yang tersedia untuk perangkat ini. Dan seringnya aplikasi-aplikasi ini hanya diciptakan untuk produk iPad dan tidak tersedia untuk tablet lain. Media banyak memberitakan bahwa para pengembang aplikasi mulai menciptakan aplikasi-aplikasi iOS dalam versi Android. Dan dari statistik perkembangan aplikasi, Android kedepannya dapat menyaingi dan bahkan mengalahkan iOS. Jadi, Android tablet dalam poin ini sangat memenuhi syarat menjadi alternatif dari iPad 2.

2. Hardware lebih baik

Besar kapasitas processor dan RAM, kamera dengan megapiksel besar, baterai yang tahan lama, dan desain yang tipis, sering dan selalu menjadi pertimbangan pengguna untuk membeli tablet. Setiap perusahaan produsen Android tablet memiliki spesifikasi yang berbeda dalam hal hardware yang mereka tanamkan pada perangkat mereka. Anda harus melakukan studi terlebih dahulu untuk melihat spesifikasi dari masing-masing Android tablet yang tersedia di pasaran.

3. Fitur hardware yang tidak dimiliki iPad

iPad 2 belum mendukung koneksi 4G, Slot SDcard, Port USB standar, tidak mendukung HDMI, atau baterai yang bisa diganti. Salah satu atau beberapa fitur hardware ini yang biasanya dibutuhkan oleh pengguna dan tidak dimiliki oleh iPad 2. Setiap Android tablet memiliki perbedaan dalam dukungan atas beberapa fitur hardware diatas. Anda bisa memilih beberapa produk Android tablet yang memiliki fitur hardware yang Anda butuhkan.

4. Memiliki ukuran yang berbeda

Beberapa pengguna pasti akan memiliki anggapan ukuran iPad masih terlalu besar dan tidak praktis untuk ukuran perangkat mobile. Alternatif yang ditawarkan produk Android tablet berukuran 7 inchi harus diakui sebagai alternatif yang cocok bagi pengguna yang memiliki anggapan tersebut.

5. Layanan hiburan yang bagus

Apple iTunnes Store masih menjadi pusat digital entertainment paling komprehensif untuk saat ini. Google belum bisa menyaingi Apple dalam hal ini, Google sedang dalam proses menuju kesana. Android tablet kedepannya memiliki kemungkinan untuk menyaingi iPad dalam poin ini, namun untuk saat ini iPad masih yang terbaik.

6. Harga yang lebih murah

Pada poin ini, semua bergantung pada hardware yang digunakan. Android tablet dengan spesifikasi hardware dibawah iPad 2 akan lebih murah, sementara Android tablet dengan hardware yang hampir sama dengan iPad 2 akan memiliki harga tidak jauh beda. Untuk saat ini, apabila dilihat dari poin harga, iPad 2 belum memiliki lawan yang signifikan. Kecuali kedepannya muncul produk Android tablet baru berspesifikasi sama, atau mungkin lebih, dengan harga yang jauh dibawah iPad 2.

Dengan berbekal 6 poin tersebut diatas. Sudahkah Anda menemukan Android tablet yang cocok untuk Anda? Atau Anda tetap lebih memilih iPad 2? RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel