Cara Download File Komputer Lewat Perintah dari Android

8 Jan 2014 10:00 4398 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebenarnya cara download file aplikasi ini bukan sesuatu yang baru. Anda bisa membuka Google Play di komputer, memilih aplikasi atau apapun yang dijual di Google Play kemudian menginstalnya. Bila perangkat Anda dalam keadaan menyala maka aplikasi tersebut mulai di unggah ke perangkat Anda atau nanti ketika startup. Tetapi, apakah fitur ini juga bisa untuk file yang lain, yang bukan dari Google Play? 

Sebenarnya cara download file aplikasi ini bukan sesuatu yang baru. Anda bisa membuka Google Play di komputer, memilih aplikasi atau apapun yang dijual di Google Play kemudian menginstalnya. Bila perangkat Anda dalam keadaan menyala maka aplikasi tersebut mulai di unggah ke perangkat Anda atau nanti ketika startup. Tetapi, apakah fitur ini juga bisa untuk file yang lain, yang bukan dari Google Play? Tentu tidak. Bila selama ini Anda mengetikkan URL unggahan ke perangkat atau mengirimnya melalui email, cara tersebut sudah bisa disingkirkan. Fitur yang ada pada Google Play ini bisa kita nikmati untuk semua file yang bisa didownload dengan menggunakan Downiton.mobi.

Cara Kerjanya

Misalnya Anda sedang browsing melalui komputer dan menemukan bahan kuliah atau ebook yang bagus dan ingin mengirimnya ke Android. Sebenarnya bisa mudah bila perangkat Anda ada di dekat Anda, cara download file-nya tinggal mendownload file tersebut, sambungkan Android Anda ke komputer dan pindahkan ke Android Anda. Tetapi bagaimana bila Android Anda tertinggal di rumah, atau malas mengeluarkannya dari saku, di sinilah aplikasi ini akan bekerja untuk Anda. Klik kanan tautan file, kemudian klik copy. Kemudian arahkan ke DownItOn.mobi. Paste tautan yang Anda copy tadi di sini. File yang akan segera diunggah ke perangkat Android Anda walau dia sedanga berada di dalam saku.

Anda bisa mengirim file sebanyak yang Anda mau. File-file tersebut akan mengantri secara teratur untuk di unggah. Sederhana tetapi sangat berguna, file terunggah ke ponsel tidak peduli ponsel Anda berada di mana.

 

Baca juga :

               Startup ini Bantu Anda yang Ingin Cari Ruangan Rapat dengan Mudah dan Murah

               Punya Aplikasi Berbahaya, Pemilik Laptop Lenovo Wajib Baca ini!

 

Pengaturan di DownItOn.Mobi

Dalam pengaturan ini juga tidak ada yang sulit. Untuk memulai menggunakan DownItOn.Mobi di komputer Anda, harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah selesai membuat akuninstal aplikasi gratis ini ke perangkat Android Anda. Kemudian bukalah aplikasi DownItOn.Mobi di Android Anda dan login menggunakan akun yang telah And buat. Setelah itu, kembali ke komputer dan refresh, Anda akan melihat perangkat Android Anda sudah terdaftar.

Jika perangkat Anda terdaftar, berarti aplikasi ini dengan baik bekerja. Kirimlah link. Jika tidak terdaftar maka kemungkinana besar perangkat Anda tidak mendukung aplikasi ini. Tidak banyak pengaturan yang terdapat apada aplikasi ini tetapi, Anda dapat mengatur unggahan berjalan ketika perangkat Anda menggunakan Wi-Fi atau tidak dan tempat penyimpanan filenya.

Anda tidak usah takut masalah data, bila memang dalam pengaturan mengunduh pada saat terhubung ke WiFi, aplikasi tidak akan akan mengunduh saat di jaringan mobile data, walau mobile data Anda masih memiliki kuota untuk mengunduh.

Layanan ini gratis, aplikasi untuk Androidnya pun gratis dan tidak ada iklan yang menyertainya. Userbase Team membuatnya memang dengan tujuan mempermudah pekerjaan Anda. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan meng-e-mail diri sendiri. Anda bisa mengirim tautan download ke email Anda sendiri. Jadi tidak ribet lagi harus ganti akun untuk mengirim tautan download.

Sayangnya, masalah yang dihadapi saat ini adalah layanan ini belum mendukung ke beberapa perangakat Android. Di Google Play, untuk menikmati layanan ponsel Anda paling rendah menjalankan Android 2.2 dan ukurannya hanya 450kb. Tetapi, mungkin dibeberapa perangkat aplikasi ini tidak bisa jalan dengan baik.

Alternatif

Selain DownItOn.Mobi, alternative lainnya yang cukup bagus adalah PushBullet. PushBullet memiliki kemampuan yang dimiliki DownItOn.Mobi, bahkan lebih namun pengaturannya tidak sesederhana DownItOn.Mobi. Bila Anda lebih senang dengan layanan yang banyak fitur tetapi pengaturannya lebih rumit, ini bisa menjadi pilihan.

Alternatif lainnya yang bisa kita manfaatkan adalah awan. Dengan Dropbox Anda bisa menyimpan file saat berselancar di desktop dan buka di aplikasi Dropbox Android Anda karena Dropbox akan sinkronisasi kea kun Anda. Tetapi berarti Anda mengunduh dua kali file tersebut. Dan juga, tidak semua file bisa terbuka di perangkat Android Anda karena keterbatasan penyimpanan. DownItOn.Mobi masih lebih sederhana dan lebih efesien.

Aplikasi lain yang bisa Anda manfaatkan adalah AirDroid. Aplikasi ini malah menawarkan lebih dari yang bisa dilakukan DownItOn.Mobi. Anda bisa memerintah Android Anda untuk mengunduh, mengunci, memindahkan file dan masih banyak lagi. Tetapi karena fiturnya itu maka, pengaturannya juga lebih rumit. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel