Tips Seru Memaksimalkan Penggunaan BBM for Android

7 Jan 2014 08:00 5666 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tidak sedikit pengguna yang merasa kehadiran BBM hanya membuat RAM menjadi berat saja. Ada juga yang berkeluh kesah karena kehadiran aplikasi ini membuat kinerja ponsel pintarnya menjadi lebih berat. Banyak pula yang merasa bahwa penggunaan aplikasi ini terasa ribet dalam pengaturan kontak. Bahkan ada pengguna yang belum pernah mencoba aplikasi BBM merasa kesulitan dalam melakukan pengaturan lainnya.

BBM for Android merupakan fenomena menarik di dunia teknologi pertengahan tahun 2013 lalu. Aplikasi pesan terkenal dari BlackBerry  ini telah mencuri perhatian banyak orang ketika kehadirannya datang di smartphone berbasis Android dan iOS. Kini setelah tiga bulan kehadirannya, aplikasi ini tetap berjaya bahkan mengalahkan kepopuleran aplikasi pesan instan lainnya. Banyak pengguna yang mengunduh aplikasi ini dan memanfaatkannya untuk keperluan bersosialisasi dan berkomunikasi. 

Sayangnya, banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi BBM for Android tidak dibarengi dengan pengetahuan dalam memaksimalkan atau mengoptimalkan aplikasi ini sehingga banyak yang mengeluh setelah aplikasi terpasang.

Tidak sedikit pengguna yang merasa kehadiran BBM hanya membuat RAM menjadi berat saja. Ada juga yang berkeluh kesah karena kehadiran aplikasi ini membuat kinerja ponsel pintarnya menjadi lebih berat. Banyak pula yang merasa bahwa penggunaan aplikasi ini terasa ribet dalam pengaturan kontak. Bahkan ada pengguna yang belum pernah mencoba aplikasi BBM merasa kesulitan dalam melakukan pengaturan lainnya. Jika Anda termasuk salah satu orang yang juga merasakan hal-hal yang tadi disebutkan, tidak ada salahnya untuk mencoba tips seru memaksimalkan penggunaan BBM di Android berikut ini. 

  • Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Autoteks

Salah satu kekurangan BBM di Android adalah ketiadaan fitur autoteks. Padahal fitur ini terdapat di aplikasi BBM yang hadir di perangkat BlackBerry. Bagi pengguna yang dulunya pernah menggunakan autoteks di BlackBerry kemudian berpindah ke smartphone Android, tentunya akan sangat merasa kehilangan fitur yang satu ini.  Namun tidak perlu khawatir, bagi Anda yang merasa rindu dengan autoteks bisa memanfaatkan fitur ini melalui aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini banyak beredar di Google PlayStore. Anda bisa mencoba dua aplikasi  ini yang cukup aman digunakan. Kedua aplikasi tersebut adalah BBM Autotext yang bisa diunduh di sini

  • Menghapus Kontak yang Tidak Perlu 

Bagi pengguna awam, Broadcast Message seringkali dianggap sebagai salah salah fitur yang mengganggu dibandingkan informatif. Pengguna semacam ini merasa tidak perlu mengetahui hal-hal yang malas dia tahu. Jika Anda termasuk tipe ini, maka yang perlu Amda lakukan hanyalah menghapus kontak penyebar pesan tadi. Untuk melakukan hal ini, Anda cukup masuk ke daftar kontak BBM di Android. Setelah memasuki daftar kontak, Anda tinggal memilih kontak mana yang akan dihapus. Tahanlah sejenak setelah itu arahkan ke bagian tempat sampah. Ingatlah bagian tempat sampah berada di bawah bagian aplikasi. Setelah melakukan hal ini, dijamin Anda akan bebas dari penyebaran pesan tidak penting. 

 

Baca juga :

               Xiaomi Mi Max, Hadir Dengan Layar Ekstra Lega

               Foto dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 Terungkap

 

  • Pengaturan List Kontak 

Tips ini sebenanya tergolong sederhana. Jika Anda adalah pengguna yang ingin mengatur daftar kontak BBM di Android semau Anda, maka Anda bisa mengaturnya pada setting aplikasi. Anda bisa memilih pengaturan list yang akan membuat daftar kontak terlihat seperti daftar yang biasa dari atas ke bawah. Anda pun bisa memilih pilihan grid. Pilihan grid ini akan membuat tampilan daftar kontak seperti tampilan galeri foto atau gambar. Cukup mudah dan tergolong sederhana bukan? 

  • Pengaturan agar Tidak  Terganggu oleh Status Teman 

BBM di Android layaknya facebook dan aplikasi pesan lainnya memberikan layanan berbagi berbagai hal  yang dalam bahasa kerennya share atau update status. Semua orang bebas mengirim apapun. Namun jika Anda merasa terganggu dengan status dari daftar teman di BBM, Anda bisa menghapus kontak mereka. Jika hal ini tidak diinginkan, maka Anda bisa mennyembunyikan status yang dikirim oleh daftar kontak Anda. Caranya  pilih Update, lalu pilihlah kontak yang tidak ingin Anda lihat statusnya. Tahanlah sejenak dan pilihlah Hide Updates.

  • Meringankan Kinerja RAM 

BBM di Android ketika sudah terpasang maka akan memunculkan ikon BBM pada bagian atas tampilan. Ikon tersebut adalah tanda bahwa perangkat ponsel pintar Anda terhubung langsung dengan BBM. Sayangnya kehadiran ikon ini ternyata membuat beban kinerja RAM menjadi lebih berat. Anda aka terus diingatkan bahwa ada pemberitahuan yang muncul. Peringatan ini bisa muncul bahkan saat RAM sedang kinerja maksimal. Hal ini tentu akan membebani ponsel tersebut. Untuk mengantisipasi hal ini, bisa menggunakan cara menghilangkan tanda tersebut. Pengaturan penghilangan ikon tersebut ada pada bagian setting BBM. Cukup ubah disana. Setelah itu, Anda akan tetap terhubung dengan BBM namun ketika memori sedang melakukan kinerja lain. BBM tidak akan memaksakan diri untuk melakukan pemberitahuan. Tentunya berkat hal ini, RAM pun akan menjadi lebih lega. 

Demikianlah tips memaksimalkan penggunaan BBM di Android. Semoga informasi ini membantu Anda sebagai pengguna BBM di Android. Sampai jumpa di tips lainnya.  [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel