Tips Membeli Kamera Baru dan Menghindari Penipuan Seller

2 Jan 2014 10:00 7677 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sering kali pada forum-forum fotografi para pemula bertanya-tanya kamera model apakah yang paling bagus. Membandingkan merk satu dengan yang lainnya. Ketika pergi ke toko kamera tentu mereka menjadi santapan ‘empuk’ para seller yang tidak bertanggung jawab. Plimbi memiliki berbagai tips membeli kamera baru dan cara menghindari penipuan.

Sering kali pada forum-forum fotografi para pemula bertanya-tanya kamera model apakah yang paling bagus. Membandingkan merk satu dengan yang lainnya. Ketika pergi ke toko kamera tentu mereka menjadi santapan ‘empuk’ para seller yang tidak bertanggung jawab. Plimbi memiliki berbagai tips membeli kamera baru dan cara menghindari penipuan.

Bagaimana mungkin ada penipuan dari para penjual barang baru? Permasalahan ini sering kali dibahas pada forum-forum internet maupun blog. Umumnya mereka adalah korban dari penipuan, namun lebih tepatnya kebohongan dan kurang fair-nya seller dalam memberi harga barang. Korban tentu adalah orang-orang yang kurang begitu banyak wawasan dalam dunia fotografi. Jika Plimbi sebelumnya pernah membahas tips membeli kamera bekas, berikut ini tips membeli kamera baru dan menghindari penipuan seller ‘nakal’:

  • Tentukan Merk dan Jenis Kamera

Pastikan Anda sudah menentukan merk dan jenis kamera yang hendak Anda beli. Minimal Anda harus menentukan 2 sampai 3 merk kamera dari satu jenis atau model sebagai perbandingan mana yang terbaik. Jangan sampai Anda kebingungan setelah sampai di toko.

  • Cari Referensi

Sekali lagi ini adalah cara jitu dari Anda sebelum membeli kamera. Pahami dan cari tahun segala fitur dan performa yang ada pada kamera yang hendak Anda beli. Referensi dapat Anda peroleh dari rekan-rekan yang berpengalaman atau membacanya pada majalah, internet dan berbagai brosur promosi. Beberapa fitur dan spesifikasi utama yang ada dalam kamera diantaranya adalah ukuran sensor, mode yang tersedia, built in flash, AutoFocus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Cari Referensi Harga

Disinilah yang perlu Anda hati-hati, yakni masalah harga. Penting untuk mengetahui referensi harga sebuah produk kamera yang sesuai dengan pasaran. Anda bisa browsing di internet atau melihat di daftar produk pada situs toko kamera. Ketika Anda berada dalam sebuah toko kamera dan melihat harga sebuah produk yang terlalu mahal maka Anda patut curiga atau bahkan harga yang terlalu murah Anda juga tetap patut curiga.

 

Baca juga :

               Foto dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S3 Terungkap

               Ponsel Android Tanpa Perhiasan Ini Malah Dijual Rp 190 Juta, Kok Bisa?

 

  • Cari Tahu Apa Saja Aksesoris Bawaan

Hampir sebagian besar barang elektronik baru pasti memiliki bonus aksesoris bawaan. Seperti ketika membeli ponsel, Anda akan mendapatkan charger, headset dan lain-lain. Begitu juga kamera, yang biasanya memiliki aksesoris atau perangkat bawaan seperti charger, lensa, tas, maupun perangkat pelindung lain. Penting untuk mengetahui apa saja aksesoris atau perangkat bawaan dalam produk tersebut atau Anda akan tertipu seller yang mengatakan bahwa aksesoris tambahan tidak termasuk dan Anda harus menambahkan dana lagi untuk mendapatkannya.

  • Jangan Percaya 100% Ucapan Seller

Sering kali dibahas bahwa ada banyak seller nakal yang mencoba membanding-bandingkan produk satu dengan produk yang lain. Sebagai contoh, ketika Anda hendak membeli kamera A, seller mencoba mengalihkan Anda untuk membeli kamera B. Ia mencoba memberitahukan spesifikasi kamera B sambil memuji-muji bahwa produk tersebut harganya sama namun kualitasnya lebih bagus. Kasus yang sering terjadi adalah kamera B ternyata harganya jauh dibawah kamera A, dan spesifikasinya juga lebih rendah. Pembeli baru menyadari ketika ia mengecek harga pasaran kamera B beserta spesifikasinya. Inilah mengapa kami menghimbau Anda harus benar-benar mengetahui harga pasaran dan spesifikasi kamera.

  • Hati-Hati Kebohongan Seller Mengenai Spesifikasi

Ada kasus dimana seller yang mencoba menjelaskan spesifikasi kamera yang kurang begitu masuk akal. Sebagai contoh, seller membandingkan sebuah kamera dengan sepsifikasi 16 Megapiksel dengan kamera 24 Megapiksel. Mereka sering mengatakan bahwa angka Megapiksel besar lebih berkualitas. Padahal ini adalah salah kaprah. Megapixel adalah satuan resolusi sensor atau bisa dibilang merupakan kumpulan satu juta titik elemen gambar. Resolusi Megapiksel besar sebenarnya lebih cocok untuk fotografer yang sering mencetak fotonya dengan ukuran besar seperti untuk baliho, spanduk, banner dan lain-lain. Kualitas gambar bagus justru terletak pada ukuran serta kualitas sensor fisik sesungguhnya. Bandingkan antara Nikon D4 Full Frame seharga lebih dari 50 juta dengan 16 Megapiksel melawan Nikon D7100 seharga dibawah 20 jutaan dengan 24 Megapiksel. Tentu 24 Megapiksel terkesan mewah.  Namun patutkah Anda menganggap bahwa Nikon D4 lebih jelek dibandingkan D7100?

  • Cari Seller Terpercaya

Untuk mengetahui seller atau toko kamera yang memiliki reputasi buruk, banyak yang telah menuliskannya pada forum dan blog internet. Untuk itulah Anda harus cari seller kamera terpercaya dan umumnya adalah toko kamera yang memiliki reputasi tinggi serta memiliki nama besar. Toko tersebut sangat menjaga layanan dan mematok harga yang sesuai pasaran. Atau mereka tidak akan menjelek-jelekan satu produk dengan produk yang lain. Atau alternatifnya Anda bisa melakukan transaksi secara online, namun juga harus diperhatikan mana seller yang bukan penipu. Anda bisa mengetahui ciri-ciri toko online penipu di sini. Demikian beberapa tips membeli kamera baru dan cara menghindari dari trik dagang yang kurang sehat dari seller. Semoga bermanfaat.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel