Tips dan Trik Cara Menggunakan Email , Jangan Sampai Email yang Menggunakan Anda

4 Jan 2014 15:00 3725 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Akun email pertama Anda kemungkinan besar menjadi email di situs-situs lainnya. Entah itu Paseban, Twitter, Facebook dana lain sebagainya. Ketika Anda masuk kedalam sebuah forum Anda masih menggunakan email tersebut untuk registrasi. Masuk ke situs yang mewajibkan mendaftar agar bisa melihat kontennya dan masih banyak lagi. Alhasil, email tersebut susah dikendalikan. Spam, informasi tidak penting, press release, news latter. Benar-benar seperti sebuah ruang yang sama sekali tidak teratur dan sangat menumpuk.

Akun email pertama Anda kemungkinan besar menjadi email di situs-situs lainnya. Entah itu Plimbi, Twitter, Facebook dana lain sebagainya. Ketika Anda masuk kedalam sebuah forum Anda masih menggunakan email tersebut untuk registrasi. Masuk ke situs yang mewajibkan mendaftar agar bisa melihat kontennya dan masih banyak lagi. Alhasil, email tersebut susah dikendalikan. Spam, informasi tidak penting, press release, news latter. Benar-benar seperti sebuah ruang yang sama sekali tidak teratur dan sangat menumpuk.

Bukan hanya di email saja sebenarnya. Segala sesuatu yang memiliki inbox atau notifikasi cenderung memiliki masalah yang sama. Bila sudah begini, banyak orang yang menyerah dan mengganti akun mereka, membuat yang baru. Padahal di akun tersebut ada beberapa kontak yang memang perlu. Kita harus mulai dari nol lagi. Apakah itu jalan satu-satunya untuk menghindari kasus seperti ini? Tidak! Anda masih bisa melakukan beberap hal. Mudah-mudahan saran cara menggunakan Email dari Plimbi bisa membantu.

Unscribe

Apa Anda kewalahan mengatur email masuk? Bingung memilah-milih apa sebenarnya yang penting untuk Anda. Mungkin banyak email dari keluarga, teman, kolega, teman satu pekerjaan dan lain-lain. Tapi, berapa banyak email dari orang yang penting bisa menarik perhatian Anda, atau Anda merelakan waktu memilah satu-demi satu email tersebut? Mudah-mudahan tidak.

Tanyakan pada diri sendiri, berapa banyak email Anda berhubungan dengan perusahaan komersil. Mereka cukup membuat penuh inbox Anda. Setiap mereka ada produk baru, event, acara, berita apapun yang menguntungkan mereka dikirim ke email Anda.

Untuk mempermudah Anda, Cara menggunakan email yang pertama adalah alat untuk meng-unscribe email tidak berguna, salah satunya yang bisa Anda gunakan adalah unroll.me

Unfollow

Karena mudahnya mem-follow orang lain jadi kita tidak memperhitungkan kepentingan kita selanjutnya. Kita tidak hanya berbicara Twitter, semua yang mempermudah following seperti Path, blog atau website pribadi. Setelah mem-follow. Jadi pesan ke email Anda akan terus dari yang Anda follow. Jadi, penting untuk mengatur ini agar tidak tak terkendali. Untuk mengatasinya, Anda harus meng-unfollow akun yang tidak Anda butuhkan satu persatu. Mulai dari Facebook, Twitter, Path dan lain-lain.

Twitter dan RSS hanya sebuah alat. Bila memang Anda membutuhkan ini semua untuk mencari topic sesuai kesenangan, hal yang menarik buat Anda atau teman yang memang Anda inginkan tetap beterus berhubungan dengan Anda, tidak akan terlalu besar berpengaruh pada inbok email atau bahkan membingungkan Twitter, Facebook, RSS Feed dan akun lainnya. Yang perlu di ingat, seberap penting untuk Anda aku mereka.

 

Baca juga :

                    Inilah Perintah Lengkap dari Google Now

                    5 Jenis Buku Islami yang Layak Dibaca Saat Bulan Ramadan

 

Uninstall

Itu mungkin yang Anda tidak sengaja. Ada juga instalasi yang memang Anda sengaja dengan tujuan untuk uji coba. Memang kita butuh menguji coba suatu software tetapi, bila ternyata tidak Anda butuhkan segeralah uninstall. Uninstall sebersih-bersihnya. Bila ada pilihan untuk menghapus keseluruhan file dari software tersebut, hapuslah.Ini salah satu yang banyak dilewatkan orang-orang. Apalagi, orang yang sering mendownload software tidak dari pengembangnya langsung. Memang kita membutuhkan software-software tersebut tetapi, yang perlu menjadi perhatian Anda adalah, apakah software yang Anda download itu membawa software lain atau tidak (bloatware). Sebenarnya ini cukup mudah untuk diperbaiki. Ketika Anda menginstal salah satu software, perhatikan pemberitahuan yang mereka berikan, jangan install secara recommended, install dan atur costumize-nya. Biasanya, software tambahan bisa tidak diikut sertakan dalam proses instalasi dari sini. Bila Anda hanya “next-next” saja, sudah bisa dipastikan, browser Anda akan memiliki toolbar aneh, software mempercepat computer, antivirus tidak terkenal, atau bahkan virus juga ada di bloatware tersebut.

Unnotifity

Mungkin tidak semua orang menggunakan ini, software yang berguna memberi Anda notifikasi bila ada email masuk. Plimbi sarankan untuk mematikan fitur ini. Akan ada email ke inbox Anda yang sulit Anda kendalikan nantinya. Uninstall program yang Anda gunakan terutama yang berbau notifikasi dan matikan notifikasi dari program-program yang terhubung ke software tersebut.

Jika Anda pengguna Mac Montain Lion atau lebih baru. Anda dapat mematikan notifikasi ini dan sumua notifikasi melalui Notification Centre.

Kesimpulan

Ini hanya sekedar saran agar kehidupan digital Anda tidak terlalu memberi tekanan. Bila Anda memang terlalu banyak menghabiskan waktu di depan computer dan mulai merasa jenuh dengan itu semua, Plimbi sarankan untuk mematikan computer kemudian berjalan-jalanlah ke taman, atau keliling komplek rumah dan menyapa orang-orang, atau bila memang punya waktu pergilah berwisata. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel