Jim Geovedi - Hacker Indonesia yang Mendunia yang Bisa Mengendalikan Satelit

29 Nov 2013 06:00 18922 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Hacker Indonesia ternama bernama Jim Geovedi terlahir ke dunia pada 28 Juni 1979. Tidak banyak yang istimewa dari kehidupan awalnya. Ia menjalani sekolah seperti biasa. Sama seperti orang-orang. Saat SMA, orang tuanya meninggal dunia.

Jim Geovedi merupakan hacker Indonesia yang namanya kini belakangan kini mencuat. Pria berkacamata ini dikenal sebagai seorang hacker “berbahaya”. Mengapa berbahaya? Karena ia mampu menerobos dan menjebol semua jaringan yang terhubung lewat komunikasi satelit. Namun tentu saja dia tidak melakukan itu. Dia tidak mau berbuat sesuatu yang merugikan banyak pihak. Karena sifat ini, dia dijuluki oleh BBC News dengan sebutan sosok yang "tidak mirip seperti penjahat Bond... tetapi memiliki sejumlah rahasia yang akan mereka kejar habis-habisan”. Seperti apa perjalanan hidup pria yang tidak pernah mengenyam bangku kuliah ini? Simak kisahnya berikut ini.

Awal Mula Menjadi Hacker

Hacker Indonesia ternama bernama Jim Geovedi terlahir ke dunia pada 28 Juni 1979. Tidak banyak yang istimewa dari kehidupan awalnya. Ia menjalani sekolah seperti biasa. Sama seperti orang-orang. Saat SMA, orang tuanya meninggal dunia. Hal ini tentunya membuat ia sedih. Setelah lulus SMA tahun 1999, ia menjadi seorang seniman grafis  dan hidup di jalanan yang keras di Bandar Lampung. Namun hidupnya mulai berubah ketika ia bertemu dengan seorang kawan yang memperkenalkannya pada dunia komputer dan internet.

Jim Geovedi belajar tentang komputer dan internet secara otodidak. Awalnya dia iseng mengotak-atik program. Namun ternyata hal ini membuatnya merasa tertarik untuk mendalami lebih lanjut. Ia pun mulai serius belajar tentang perkomputeran. Ia bisa belajar dari mana saja. Termasuk dari chatting. Dari dunia chatting inilah ia bisa tahu tentang masalah hacking. Dari obrolan inilah, ia belajar segalanya termasuk tentang dunia sekuritas.

Hacker Indonesia ini pun kemudian melakukan penelitian lebih lanjut tentang dunia hacking. Ia melakukan riset selama dua tahun lamanya.Usaha kerasnya ini pun tidak mengkhianati. Namanya mencuat di kalangan sekuritas underground. Bahkan ia pun mampu membangun sistem operasi bernama FreeBSD dan OpenBSD. Selain itu, ia juga turut berpartisipasi tentang segala hal yang berkaitan dengan aplikasi sekuriti lainnya.

 

Baca juga :

                    Bocah 10 Tahun ini Dapat 130 Juta Rupiah hanya Karena Menghapus Komentar di Instagram

                    Wisata Ke Situ Lengkong Panjalu, Danau yang Punya Pulau Kecil di Tengahnya

 

Mendirikan Perusahaan Sendiri

Namanya yang berkibar ini membuat Jim Geovedi akhirnya membuat perusahaan sendiri. Ia mendirikan C2PRO Consulting pada tahun 2001. Perusahaan tersebut bergerak di bidang konsultan TI umum untuk lembaga pemerintahan. Ia pun bahkan mendirikan perusahaan konsultan keamanan tahun 2004 bernama TI Bellua Asia Pacific  yang kemudian berubah nama menjadi Xynexis International. Ia pun berperan besar karena berhasil membantu Komisi Pemilihan Umum dalam menemukan pelaku penjebol pusat data penghitungan suara pemilu tahun 2004.

Semakin Mendunia

Tidak disangka, hacker Indonesia bernama Jim Geovedi semakin mendunia. Ia sering diundang sebagai pembicara dalam seminar teknologi informasi. Mulai dari kemunculan sistem jaringan nirkabel sampai tentang isu kemananan satelit yang membuat namanya makin berkibar. Tentang satelit ini, Jim Geovedi mengklaim bahwa dirinya mampu meretas satelit. Hal ini ia buktikan ketika Cina dan Indonesia meminta dia untuk menguji sekuritas satelit kedua negara tersebut.

Dengan keahlian yang super itu, tentu ia dianggap sebagai orang yang jenius dan berpengaruh. Apalagi ia berangkat tidak dari pendidikan resmi berlatar belakang teknologi informasi. Namun Jim Geovedi sendiri enggan menyebut dirinya ahli. Ia lebih suka dianggap sebagai seorang pengamat atau pengawas dalam masalah teknologi informasi.

Pengalaman yang luar biasa serta klien yang banyak dari luar negeri, mengharuskannya harus tinggal di luar negeri. Ia pun memilih  menetap di London sejak 2012. Di kota ini, bersama rekannya, ia mendirikan perusahaan jasa sistem keamanan teknologi informasi. Perusahaan ini sendiri telah menangani berbagai klien dari berbagai bidang yang membutuhkan jasa pengamanan dalam hal sistem satelit, perbankan dan telekomunikasi.

Demikianlah kisah perjalanan seorang hacker Indonesia yang datang dari jalanan. Dialah Jim Geovedi, seorang jenius muda berbakat dan berprestasi. Ia adalah hacker segala bisa. Tentunya ia memanfaatkan kemampuannya untuk tujuan baik. Banyak media menyebutnya sebagai jenius di industri IT yang berangkat tanpa gelar. Dialah Jim Geovedi, hacker asal Indonesia yang dikenal di dunia internasional. Jim Geovedi, hacker jenius  yang saat ini sedang tertarik dalam pengembangan  teknologi artificial intelligence. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel